Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji memfoto piala penghargaan Penghargaan Penerbit dan Produsen Karya Rekam Tahun 2022 Jenis Koleksi Media Cetak Terbitan Berkala dalam acara pekan penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCK | Republika/Prayogi

Nasional

Republika Terima Penghargaan Perpusnas

Tujuan lain dalam penghargaan itu diharapkan bisa mempromosikan karya berkualitas.

JAKARTA — Pemerintah Indonesia melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan apresiasi kepada berbagai pihak dalam Pekan Penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, Senin (14/11). PT Republika Media Mandiri menjadi salah satu penerima Anugrah Tertib Serah dalam kategori surat kabar.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Olffy mengatakan, Perpusnas secara rutin memberikan penghargaan pada para penerbit, produsen karya rekan dan penulis buku. Menurutnya, penghargaan itu diberikan kepada karya terbaik dari berbagai pihak yang rutin memberikan terbitannya kepada Perpusnas.

“Ini apresiasi oleh Pemerintah melalui Perpusnas dan bukan berbentuk lomba, tapi ini karya yang diberikan secara rutin kepada Perpusnas dan dipilih yang terbaik,” kata Olffy kepada Republika, Senin (14/11).

Direktur Deposit dan Koleksi Perpustakaan Nasional Emyati Tangke Lembang, pemberian penghargaan ini mencakup enam tujuan. “Untuk menumbuhkembangkan literasi masyarakat, memberikan apresiasi kepada penerbit dalam melaksanakan UU Tahun 2018, memberikan apresiasi kepada penulis untuk karya berkualitas dan mendorong penerbit untuk menerbitkan karya berkualitas,” kata Emyati.

 

Dia melanjutkan, tujuan lain dalam penghargaan itu diharapkan bisa mempromosikan karya berkualitas serta meningkatkan minat dan kegemaran membaca masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya mengucapkan terima kasih atas berbagai karya yang kerap diserahkan secara rutin kepada Perpusnas.

Dalam pekan penghargaan ini, Perpusnas juga menyerahkan anugerah kepada beberapa pihak di luar tiga subjek utama yang mencakup Sains Data, Fotografi, dan Hukum Tenaga Kerja, serta Anugrah Tertib Serah di berbagai kategori.

photo
Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Ofy Sofiana (kanan) didampingi Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando (kiri) memberikan Penghargaan Penerbit dan Produsen Karya Rekam Tahun 2022 Jenis Koleksi Media Cetak Terbitan Berkala kepada Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji (tengah) dalam acara pekan penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) hasil pelaksanaan UU Nomor 13 Tahun 2018 di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (14/11/2022). Republika/Prayogi. - (Republika/Prayogi)

Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji, menuturkan, penghargaan dari Perpusnas ini merupakan bentuk apresiasi atas proses jurnalistik yang dilakukan Republika selama ini. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas yang telah mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik Republika," kata Hasan.

Penghargaan kepada Republika dalam jenis koleksi media cetak terbitan berkala ini diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan bagi masyarakat Indonesia yang disimpan di Perpusnas. Dengan tersimpan secara baik diharapkan juga menjadi 'saksi sejarah' atas peristiwa yang diberitakan Republika. "Menjadi kekayaan intelektual dalam bentuk informasi berita yang diterbitkan Republika," lanjutnya. 

photo
Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando (7 kanan) berfoto bersama dengan para penerima penghargaan dalam acara pekan penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (14/11/2022). - (Republika/Prayogi)

Penerima Anugrah Tertib Serah Perpusnas:

PT Republika Media Mandiri kategori surat kabar.

PT Kompas Media Nusantara kategori surat kabar.

Universitas Katolik Soegijapranata kategori buku elektronik.

Universitas Islam Indonesia kategori buku elektronik.

Among Karta kategori buku elektronik.

Deepublish kategori buku elektronik.

IPB Press kategori buku.

Gadjah Mada University press kategori buku.

Azkiya publishing kategori buku.

Biru Atma Jaya kategori buku.

Wakanda Forever Membingkai Kesedihan dengan Jujur

Kerajaan Wakanda waswas dengan serangan kerajaan bawah laut tersembunyi bernama Talokan.

SELENGKAPNYA

Musik Tradisi Riwayatmu Kini

Banyak yang perlu diperkenalkan dari kedahsyatan musik tradisional Indonesia.

SELENGKAPNYA

Keluarga Tewas di Kalideres, Struk Hingga Buku Ditemukan

Ketika pintu utama dibuka, petugas mendapati empat mayat di tiga ruangan berbeda

SELENGKAPNYA