Honda WR-V | Dok HPM

Otomotif

Honda Tambah Keluarga SUV Lewat Peluncuran WR-V

Keamanan mobil ditingkatkan untuk varian tertinggi karena telah menerapkan fitur Honda Sensing.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH Z

Di Indonesia, pasar mobil sport utility vehicle (SUV) terus mengalami pertumbuhan. Hal ini pun mendorong Honda untuk menambah anggota keluarga di segmen mobil berbagai medan tersebut.

President Director PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu mengatakan, hal itu diwujudkan lewat peluncuran WR-V. "Produk baru ini dirancang dan dikembangkan melalui riset dan pengujian yang langsung dilakukan di Indonesia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia," kata Kotaro Shimizu dalam peluncuran Honda WR-V di Jakarta, Rabu (2/11).

photo
Honda WR-V - (Dok HPM)

Dia pun meyakini, produk ini bisa memberikan perlawanan yang berarti mengingat WR-V hadir dengan berbagai keunggulan. Mulai dari aspek desain yang sporty, performa mesin, ground clearance, hingga teknologi keselamatan.

Produk small SUV ini dikembangkan dari Honda SUV RS Concept yang merupakan sebuah SUV kompak dengan karakter sporty khas varian RS Honda. Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan, Honda kemudian merancang sebuah mobil yang menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia.

Khususnya, di segmen anak muda dan keluarga muda yang menginginkan sebuah SUV berukuran kompak yang cocok untuk perkotaan maupun sub-urban. Kemudian memiliki desain stylish dan sporty, performa bertenaga, dan fitur yang canggih.

Secara desain, front end produk ini hadir dengan grille depan yang mengusung desain tessellated bernuansa futuristik. Dilengkapi juga dengan lampu depan modern dan aksen krom berwarna gelap yang sporty.

 
 
Produk baru ini dirancang melalui riset dan pengujian langsung di Indonesia untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan. 
 
 

WR-V juga hadir dengan lampu depan LED tipis, tajam, dan panjang. Sehingga, terlihat premium serta memberikan visibilitas bagi pengemudi secara jelas. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu sein sequential yang modern dan membuat tampilan depan SUV ini terlihat menarik.

Sementara itu, tampilan desain belakang mobil terlihat canggih dan unik dengan penggunaan LED bars. Tampilan samping mobil terlihat ramping dan sporty dengan garis bodi mobil dibuat memanjang mulai dari lampu depan memanjang ke samping, bodi, dan berakhir di lampu belakang. Pintu belakang WR-V dibuat unik dengan menggunakan konsep layaknya sebuah mobil coupe dengan door handle terletak di bagian samping bingkai jendela.

Dari segi performa, produk yang hadir dalam varian E, RS, dan RS with Honda Sensing ini ditunjang oleh mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup yang memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

WR-V hadir menggunakan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift yang menghasilkan performa akselerasi yang bertenaga serta memiliki efisien bakar yang meningkat sebesar empat persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Honda Indonesia (@hondaisme)

Menurutnya, mobil yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 271,9 juta hingga Rp 309,9 juta ini juga bisa menawarkan keamanan dan kenyaman yang optimal. Ini karena dibekali dengan fitur vehicle stability assist, hill start assist, dan brake override system.

Keamanannya pun ditingkatkan secara signifikan untuk varian tertinggi karena telah menerapkan fitur Honda Sensing. Fitur ini mencakup collision mitigation brake system, auto-high beam, lane keeping assist system, lead car departure notification system, road departure mitigation, dan adaptive cruise control.

Yang Muda Yang Jaga Iklim

Muara Gembong tidak sendirian. Yolanda meyakini, masih banyak daerah yang mengalami kerusakan lingkungan

SELENGKAPNYA

Presiden Dijadwalkan Buka Forum R-20

R-20 diharapkan bisa menjadi agenda tahunan dalam forum G-20

SELENGKAPNYA

Siap Gelar Muktamar, ‘Aisyiyah Susun Isu Strategis

‘Aisyiyah, menurut dia, akan mendorong agar isu-isu strategis ini menjadi isu proritas yang harus segera ditindaklanjuti

SELENGKAPNYA