Waketum DPP PPP Arsul Sani (tengah) menyampaikan keterangan pers di depan ruang media center DPR, Jakarta, Senin (5/9/2022). | ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Nasional

PPP Dukung Erick Jadi Cawapres

Erick juga menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

JAKARTA -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan sinyal untuk mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Waketum PPP Arsul Sani dalam acara Seminar Nasional dan Temu Tokoh Perempuan Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10).

Arsul menyebut, usulan terhadap Erick datang dari sejumlah pengurus PPP di daerah, mulai dari Jawa Timur, Sulawesi Tengah, hingga Riau. "Pak Erick merupakan salah satu nama yang kami di DPP terima aspirasi dari sejumlah daerah. Proses penjaringan PPP terhadap sosok yang akan diusulkan itu memang melalui proses dari bawah," kata Arsul, Senin (31/10).

Arsul menyampaikan, paslon yang diusung PPP akan diajukan kepada partai koalisi. PPP, kata dia, bisa saja mengeluarkan beberapa nama agar ruang musyawarah terbuka lebar.

Saat menjadi narasumber acara, Arsul berulangkali melempar kode untuk mengusung Erick dan para kader partai yang hadir menyambut positif. Menurut Arsul, kinerja Erick dalam membenahi BUMN menjadi bukti nyata kepemimpinan yang baik untuk Indonesia ke depan.

"Yang terhormat, Mas Menteri BUMN, Mas Erick Thohir. Kalau dari apa yang tadi disampaikan, singkat padat, ini saya kira cocok jadi capres atau cawapres ini," ucap Arsul disambut dukungan para kader di lokasi. Bahkan, Arsul juga menanyakan kesiapan Erick apabila benar diusung PPP jadi capres yang disambut teriakan setuju para kader partai.

Arsul mengungkapkan, Erick juga menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Bahkan, Partai Amanat Nasional (PAN) memasukkan namanya sebagai rekomendasi yang akan diusulkan ke koalisi bersama PPP dan Partai Golkar.

"Jadi kalau pak Erick satulah (salah satu calon), saya tidak mau bilang eksklusif, nanti tidak baik. Satu di antara nama yang ada di KIB, kita ajukan sebagai capres atau cawapres,"   ujar Arsul.

Kendati demikian, KIB disebutnya belum membahas pasangan capres dan cawapres yang akan diusung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. PPP juga menghormati mekanisme pengusungan dari Partai Golkar dan PAN.

"Pada saatnya, paslon presiden dan wapres, tentu PPP juga akan melibatkan dan mendengarkan suara perempuan. Karena memang itu bagian dari mekanisme yang kita tekankan dalam Mukernas," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Kehadiran Erick Thohir dalam sejumlah agenda kegiatan partai anggota KIB memberikan sinyal kuat dukungan untuk kandidasi Pilpres 2024. Erick disebut akan menjadi cawapres yang akan diusung KIB untuk dipasangkan dengan capres pilihan. Sinyal politik semakin kuat ketika KIB meminta saran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari sosok potensial untuk diusung di Pilpres 2024. Kemesraan Erick  dengan para ketua partai juga meningkatkan kode tersebut.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) bersama Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi (ketiga kiri) melihat transaksi penjualan agen perjalanan saat meninjau ruang pameran usai membuka perhelatan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 yang didukung oleh Livin by Mandiri di Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (28/10/2022). - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Kehadiran Jokowi pada HUT ke-58 Partai Golkar memberikan pesan khusus untuk KIB. Kemudian, kehadiran Erick Thohir memenuhi undangan Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam kegiatan kader PAN semakin memberikan sinyalemen kemesraan politik.

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Ahmad Hidayah menilai, sinyal politik tersebut memberikan pesan bahwa KIB akan memberikan dukungan untuk Erick m. Termasuk pesan yang Jokowi bawa saat menghadiri HUT ke-58 Golkar yang dihadiri partai-partai koalisi saat ini dan KIB.

"Pak Erick Thohir sebagai menteri yang sering dipercaya Presiden Jokowi memiliki peluang besar untuk diusung KIB. Menjadi menteri yang dekat dengan presiden ini juga merupakan kekuatan dari Erick Thohir di Pilpres nanti,” ujar Ahmad.

Erick enggan bersikap berlebihan terkait namanya yang disebut-sebut bakal diusung PPP maupun Koalisi Indonesia Bersatu. Erick menilai hal tersebut merupakan hal lumrah dalam demokrasi.

"Kalau capres dan cawapres yang menentukan Allah SWT. Kalau dari partai-partai itu kan terbuka, siapa saya. Jangan geer,  jumlahnya banyak," ujar Erick.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara (kiri) saat Pemantapan Visi dan Misi Koalisi Indonesia Bersatu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022). Kegiatan yang berlangsung dalam serangkaian HUT ke-58 Golkar tersebut untuk memantapkan Koalisi Indonesia Bersatu menghadapi Pemilu 2024. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Erick mengatakan, kehadirannya di acara Seminar Nasional dan Temu Tokoh Perempuan Wanita Persatuan Pembangunan erat kaitannya dengan ekonomi dan BUMN. Erick menyampaikan, BUMN memiliki kewajiban penuh dalam menjaga perekonomian Indonesia di tengah prediksi situasi yang penuh ketidakpastian pada tahun depan.

"Suasana ekonomi tahun depan akan lebih gelap, jangan sampai kita lengah. Kita selalu bicara politik, tapi ekonomi kita tergerus. Ingat tidak mungkin politik kita stabil, kalau ekonomi kita sangat turun," ucap dia.

Erick mengatakan, beberapa negara sudah mengalami resesi. Indonesia, lanjut Erick, harus mewaspadai dampak resesi Eropa kepada perekonomian bangsa.

Dukungan nelayan 

Erick Thohir saat ini menjadi salah satu sosok yang namanya selalu muncul di berbagai survei terkait pilpres 2024. Berbagai kalangan juga telah menyuarakan dukungannya terhadap Erick. Dukungan itu salah satunya terlihat saat Erick melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah pada akhir pekan lalu.

Warga kampung nelayan Tambak Lorok, Semarang, menyambut Erick dengan hangat dan memberikan dukungan kepadanya untuk menjadi cawapres. Saat Erick tiba di kampung nelayan tersebut, sekelompok ibu-ibu meneriakkan kata 'wapres RI'. Teriakan dukungan itu terdengar nyaring lantang. “Erick Thohir wapres, yes,” teriak mereka. 

“Capresnya Pak Ganjar,” ungkap emak-emak yang hadir kompak.

 Tokoh masyarakat setempat, Ali Imron mengatakan, teriakan Erick Thohir sebagai wakil presiden murni keinginan masyarakat. Buktinya, kata dia, masyarakat datang menghadiri acara pertemuan warga bersama Erick Thohir. Meski di tengah kencangnya angin laut dan terik mantahari, warga tampak tetap semangat mendengarkan Erick menyampaikan gagasan.

"Masyarakat melihat Pak Erick Thohir cocok untuk menjadi wapres. Terbukti peduli kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan karena itu masyarakat di sini mendukung beliau,” imbuhnya.

Ali meniai Erick peduli kepada para nelayan dengan merealisasikan program Solusi Nelayan yakni Solar untuk Koperasi Nelayan. Dengan program ini, nelayan bisa mendapatkan solar lebih murah daripada yang ada di pasaran dan telah disubsidi oleh pemerintah.

Tambak Lorok merupakan kampung nelayan yang berada di Kota Semarang. Di kampung ini, Presiden Jokowi sudah beberapa kali datang untuk mendengarkan langsung aspirasi nelayan.  Terhitung sudah tiga kali Jokowi datang ke Tambak Lorok yakni pada 2014, 2019, dan 2022.

Karenanya, masyarakat memberikan dukungan kepada Erick Thohir yang merupakan tangan kanan Presiden Jokowi.

“Pak Erick Thohir kan menteri kepercayaan Pakde Jokowi karenanya banyak masyarakat yang mendukung beliau untuk jadi wapres," kata Ali.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Panggung Penuh Emosional Jay B

Jay B berterima kasih selama 10 tahun ini penggemarnya selalu setia mendengarkan karya GOT7

SELENGKAPNYA

Sendunya Malam Bersama Calum Scott

Dia menceritakan makna terdalam dari lirik yang sebagian besar terinspirasi orang-orang terdekatnya

SELENGKAPNYA

Mencari Penyebab Gagal Ginjal

Kita sedih dengan terus bertambahnya kasus dan kematian akibat gangguan ginjal akut pada anak.

SELENGKAPNYA