Tersangka Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro berjalan meninggalkan ruangan usai menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (11/8/2020). | ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT

Nasional

Benny Tjokro Dituntut Hukuman Mati

Tingkat kepercayaan terhadap kegiatan investasi di bidang asuransi dan pasar modal turun.

JAKARTA -- Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro dituntut hukuman mati karena dinilai terbukti melakukan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 22,788 triliun dari pengelolaan dana PT Asabri (Persero) serta pencucian uang.

Ia juga diminta membayar uang pengganti sebesar Rp 5,733 triliun. "Menuntut agar majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta pusat yang memeriksa perkara ini memutuskan agar terdakwa Benny Tjokrosaputro dinyatakan secara sah dan meyakinkan menurut hukum melakukan tindak pidana korupsi dengan pemberatan dan tindak pidana pencucian uang. Menghukum terdakwa Benny Tjokrosaputro dengan pidana mati," kata jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung Wagiyo, di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (26/10).

Benny Tjokro dinilai terbukti melakukan perbuatan sesuai dengan dakwaan ke satu primer pasal 2 ayat (1) Jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan kedua primer Pasal 3 UU RI No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

"Membebankan terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 5,733 triliun dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu satu bulan sesudah putusan berkekuatan hukum tetap maka harta bendanya akan disita oleh jaksa. Dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan jika terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk menutupi uang pengganti tersebut," tambah jaksa.

Tuntutan maksimal tersebut dijatuhkan karena dinilai ada sejumlah hal yang memberatkan Benny. Yaitu dia dianggap tidak menunjukkan rasa bersalah atau menyesali perbuatannya. Lalu perbuatannya masuk kategori extraordinary crime dengan modus investasi pasar modal serta menyalahgunakan bisnis yang sah.

Perbuatan Benny Tjokro mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan terhadap kegiatan investasi di bidang asuransi dan pasar modal. "Perbuatan terdakwa bersama-sama terdakwa lain menyebabkan kerugian negara Rp 22,788 triliun dengan atribusi perincian khusus akibat perbuatan terdakwa mengakibatkan kerugian sebesar Rp 6,481 triliun. Nilai tersebut termasuk saham yang dikendalikan terdakwa menggunakan nomine Jimmy Sutopo sebesar Rp 314,8 miliar dan atribusi kerugian oleh terdakwa Benny Tjokro sebesar Rp 5,733 triliun," ungkap jaksa.

Hal memberatkan lainnya, Benny Tjokro merupakan terpidana seumur hidup dalam perkara tindak pidana korupsi pengelolaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya Persero. Tindakannya merugikan keuangan negara sebesar Rp 16,87 triliun seperti dalam putusan Mahkamah Agung. Benny Tjokro akan mengajukan nota pembelaan pada 16 November 2022.

PT  Asabri mendapatkan pendanaan yang berasal dari dana program THT (Tabungan Hari Tua) dan dana Program AIP (Akumulasi Iuran Pensiun) yang bersumber dari iuran peserta ASABRI setiap bulannya yang dipotong dari gaji pokok TNI, Polri dan ASN/PNS di Kemenhan sebesar delapan persen. Dalam perkara ini dari sembilan terdakwa, delapan sudah divonis. 

Sumpah Pemuda Bukan Sekadar Mitos

Peristiwa Sumpah Pemuda jadi serius karena keberadaan idenya yang sudah sangat lama.

SELENGKAPNYA

Jurus Dakwah Masa Kini Ala LD PBNU

NU harus bisa memanfaatkan media sosial dan internet untuk platform dakwah

SELENGKAPNYA

Recruiting Fee dan Keagenan

Fee yang menjadi haknya itu jelas disebutkan, baik berbentuk nominal, persentase, maupun rumus.

SELENGKAPNYA