Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Wisnu (kiri) melakukan selebrasi bersama pendukung setelah timnya berhasil menjuarai pertandingan melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada final gim 2 IBL Tokopedia 2022 di Gor C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, A | ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Arena

Satria Muda Bidik Juara Indonesia Cup 2022

Penyelenggaraan Indonesia Cup 2022 mendapatkan apresiasi dari Perbasi.

JAKARTA -- Satria Muda Pertamina Jakarta membidik gelar juara di turnamen pramusim bertajuk Indonesia Cup 2022. Ajang yang diikuti 15 tim peserta Indonesian Basketball League (IBL) dan hanya diikuti pemain lokal ini akan digelar pada 4 hingga 13 November 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah.

"Bagi Satria Muda, target kami selalu meraih gelar juara. Kegagalan di ajang 3 x 3 beberapa waktu lalu melecut kami, khususnya saya pribadi, untuk bisa menjadi juara di ajang pramusim IBL ini," ujar pemain Satria Muda, Avan Seputra, dalam jumpa pers dan undian grup yang digelar pada Rabu (26/10).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satria Muda Pertamina (@smpertamina)

Menurut Avan, ada sedikit kendala bagi timnya dalam melakukan persiapan kali ini, yakni kekurangan pemain untuk latihan. "Paling hanya tujuh pemain karena kami baru saja ditinggal tiga pemain yang tidak lagi memperkuat Satria Muda serta ada tiga pemain yang sedang training camp di Amerika Serikat," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama IBL Junas Miradiarysah mengatakan, ajang ini merupakan pemanasan sebelum para kontestan terjun di kompetisi IBL 2023. IBL, lanjut dia, menghadirkan turnamen pramusim dengan sedikit konsep berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

"Dengan pertandingan penuh pemain lokal, nantinya tidak hanya pertandingan antartim IBL, panitia juga mengadakan beberapa acara, seperti perlombaan menari, pemandu sorak, lomba dance antarsekolah, serta beberapa lainnya yang melibatkan masyarakat Solo," ungkap Junas.

Solo menjadi kota yang dipilih karena antusiasme masyarakat setempat yang tinggi terhadap bola basket. Maka, tidak mengherankan jika kota yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka itu terpilih untuk menyelenggarakan turnamen akbar tersebut.

Untuk materi pemain, Junas menyatakan, IBL tidak membuat aturan yang mewajibkan semua pemain utama maupun rookie untuk tampil. "Ajang ini untuk uji coba klub, saya rasa klub akan kirimkan yang terbaik. Di sisi lain juga akan mencoba pemain rookie."

 
 
Ke depannya Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 yang diharapkan bisa menyedot banyak animo masyarakat penggemar basket.
 
 

Penyelenggaraan Indonesia Cup 2022 mendapatkan apresiasi dari induk organisasi basket Indonesia (Perbasi). Sekjen Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, ajang tersebut sangat selaras dengan visi-misi Perbasi yang ingin memasyarakatkan bola basket. 

"Saya senang dengan acara ini, mengingat turnamen ini selaras dengan Perbasi. Terlebih, ke depannya Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 yang diharapkan bisa menyedot banyak animo masyarakat penggemar basket," kata Nirmala.

 

Hasil drawing Indonesia Cup 2022: *)

Grup A

  1. NSH Mountain Gold Timika
  2. Dewa United Surabaya
  3. Elang Pacific Surabaya  
  4. Satya Wacana Salatiga

Grup B

  1. Evos Thunder Bogor
  2. Satria Muda Pertamina Jakarta
  3. Amartha Hangtuah Jakarta

Grup C

  1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta
  2. Bima Perkasa Jogja
  3. Bali United Basketball
  4. RANS PIK Basketball

Grup D

  1. Bumi Borneo Pontianak
  2. West Bandits Combiphar Solo
  3. Prawira Bandung
  4. Tangerang Hawks

*) Dua tim terbaik masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Shin Tae-yong Soroti Dua Kekurangan Timnas Indonesia U-20 

Dua calon pemain naturalisasi telah berkunjung ke kantor PSSI untuk bertemu Ketua Umum PSSI.

SELENGKAPNYA

Liverpool Versus Ajax, Pantang Terpeleset

Di kubu tim tuan rumah, kemenangan menjadi harga mati.

SELENGKAPNYA

Menghapus 'Hantu' Die Bayern

Barcelona punya catatan buruk kontra Muenchen dalam lima laga terakhir.

SELENGKAPNYA