Gabungan suporter berdoa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Selasa (4/10/2022). | Republika/Wihdan Hidayat

Nasional

Jika Belum Kompak, Rembuk Nasional Jangan Dilaksanakan

Korban meninggal tragedi Kanjuruhan bertambah menjadi 134 orang.

 

 

JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai, acara rembuk nasional suporter sepak bola se-Indonesia yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 23-24 Oktober perlu ditunda. Hal ini jika memang belum ada kekompakan di antara para suporter.  

“Ya sementara itu kalau memang masih dipandang belum kompak di antara mereka jangan dilaksanakanlah nanti malah jadi,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/10).

Suporter sepak bola seluruh Indonesia akan berkumpul di Malang untuk melakukan Rembuk Nasional, 23-24 Oktober 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka akan membahas sekitar reposisi dan empowering (pemberdayaan) eksistensi suporter dalam kerangka transformasi persepakbolaan nasional.

Muhadjir mengatakan rembuk nasional suporter sepak bola ini merupakan inisiatif pemerintah untuk mewadahi para suporter seluruh Indonesia dalam mencurahkan ide atau gagasan masing-masing. Sehingga, dari situ diharapkan dapat melahirkan banyak hal, di antaranya perumusan terkait pola manajemen suporter atau pertandingan olahraga yang lebih baik.

photo
Sejumlah suporter sepak bola menyalakan lilin dan red flare saat mengikuti doa bersama di kawasan Stadion Wilis Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022). Ribuan suporter sepak bola dari Madiun dan sekitarnya menggelar doa bersama untuk para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. - (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selain itu, lanjutnya, bila ada masukan-masukan lain dari suporter yang dinilai perlu disampaikan kepada pemerintah akan ditampung dan dicarikan solusinya. “Tapi, kembali lagi kalau itu memang dianggap penting atau perlu untuk mereka (suporter), prinsipnya pemerintah siap memfasilitasi,” kata Muhadjir.

Mengenai korban meninggal dari tragedi Kanjuruhan, Muhadjir mengaku belum mendapatkan laporan terkait hal itu. “Saya belum dapat, yang dua baru mau kita urus santunannya,” kata Muhadjir.

Bertambahnya korban meninggal akibat tragedi Kanjuruhan diinformasikan Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, I Wayan Agung, Jumat. Menurut Wayan, korban meninggal atas nama Revano tersebut telah dirawat di ruang ICU RSSA selama 18 hari. Korban merupakan pasien rujukan dari RS Hasta Husada, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Berdasarkan laporan medis, pasien mengalami cedera di kepala. Kemudian juga mengalami luka di tulang dada dan tulang navicular. Dengan adanya laporan kematian ini, Wayan bersama tim medis RSSA pun menyampaikan rasa dukanya kepada keluarga korban.

Saat ini, masih ada empat korban tragedi Kanjuruhan yang dirawat di RSSA. Jumlah ini terdiri atas masing-masing satu orang dirawat di ruang ICU dan ruang High Care Unit (HCU). Kemudian dua pasien lainnya dirawat di ruang regular.

Laporan kematian Revano menyebabkan jumlah kematian akibat tragedi Kanjuruhan bertambah menjadi 134 orang. Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang melaporkan data kematian terakhir pada 18 Oktober lalu dengan jumlah 133 orang.

Sementara, kondisi psikologis para pemain usai tragedi Kanjuruhan mendapat perhatian besar dari manajemen Arema FC. Sebagai upaya pemulihan, seluruh awak tim Singo Edan mendapatkan pendampingan dari psikolog.

Menurut manajemen, pendampingan tersebut penting sebelum kembali memulai proses latihan dan aktivitas sehari-hari. Psikolog yang mendampingi pemain Arema FC dibagi beberapa tim yang berasal dari Universitas Indonesia.

photo
Sejumlah pemain, pengurus dan suporter Semen Padang FC melaksanakan shalat gaib di kawasan GOR H Agus Salim Padang, Sumatra Barat, Rabu (5/10/2022). Tim Semen Padang FC bersama suporter dan pecinta sepak bola di kota itu melakukan sejumlah aksi diantaranya shalat gaib dan berdoa bersama sebagai bentuk solidaritas atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang yang merenggut banyak korban. - (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

"Tim kami memberikan stabilisasi emosi dengan tujuan agar mereka tetap bisa dapat beraktivitas dan melakukan aktivitas rutin dan menjalani latihan," ungkap Dian Wisnuwardhani, salah satu psikolog yang mendampingi tim Arema FC, dikutip dari laman resmi klub, Jumat.

Pendampingan tersebut telah mulai dilakukan pada (20/10/2022), dengan melakukan konseling baik secara kelompok maupun personal kepada masing-masing pemain. Pendekatan secara individual dinilai menjadi hal yang sangat penting, karena dampak psikologis  yang dirasakan masing-masing pemain akan berbeda-beda.

Tidak peka

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih mengkritik fun football yang digelar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan FIFA. Pasalnya, kegiatan tersebut dilakukan di hari yang sama ketika korban jiwa dari tragedi Stadion Kanjuruhan bertambah satu orang.

"Alih-alih bersimpati, tapi malah seolah fun terhadap musibah yang baru saja terjadi, inikan tidak masuk dalam logika publik," ujar Fikri, Jumat.

photo
Foto selebaran yang disediakan oleh Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) menunjukkan Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino (kiri) menyapa Ketua Persatuan Sepak Bola Indonesia Mochamad Iriawan (tengah) saat pertandingan sepak bola di Jakarta, Indonesia. - (EPA-EFE/INDONESIA FOOTBALL ASSOCIATION (PSSI))

Dia menilai, wajar jika publik menilai kegiatan yang dilakukan PSSI dan FIFA tersebut sebagai sebuah ironi. Padahal kedua lembaga tersebut seharusnya bisa menggelar kegiatan sosial yang lebih baik, ketimbang fun football.

"Lebih simpatik, bila acara digelar dengan mengunjungi TKP stadion kanjuruhan, ziarah ke makam korban, atau membesuk para korban luka berat yang hingga detik ini masih dirawat di RS," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto berdalih, kegiatan tersebut adalah permintaan dari FIFA. "Kan sebenarnya message Presiden FIFA adalah akan ada banyak kejadian di sepak bola dunia, tapi sepak bola harus tetap jalan," kata Iwan, Kamis (20/10) lalu. 

Kiai Abbas Abdul Djamil Tokoh Pergerakan Cirebon

Kontribusinya dalam mengusir penjajah sangat besar melalui gerilya Laskar Hizbullah.

SELENGKAPNYA

Vaksinasi di Jabar Terhenti

Sejumlah daerah menunggu kepastian pengiriman kembali vaksin Covid-19

SELENGKAPNYA

Mundur, Liz Truss Jadi Perdana Menteri Inggris Tersingkat

Liz Truss hanya menjabat tak genap 45 hari.

SELENGKAPNYA