Erling Haaland setelah mencetak gol ke gawang Manchester United di Etihad Stadium di Manchester, Inggris, 2 Oktober 2022. | EPA-EFE/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY.

Sepak Bola

Striker Paket Lengkap Itu Bernama Erling Haaland

Haaland kini telah mencetak tiga hat-trick hanya dalam delapan pertandingan.

OLEH EKO SUPRIYADI

Pertandingan di Stadion Etihad, Ahad (2/10), mungkin merupakan laga besar bertajuk derbi Manchester. Namun, bagi Erling Haaland, itu seperti pertandingan biasa. Tiga golnya dalam kemenangan 6-3 Manchester City atas Manchester United (MU) membuatnya menjadi pemain pertama yang mencetak tiga hat-trick berturut-turut di kandang sendiri dalam ajang Liga Primer Inggris.

Pemain berusia 22 tahun itu terlihat begitu terbiasa mencetak gol, bahkan saat hat-trick. Dia pun dengan santai merangkul rekan setimnya, Phil Foden, dalam wawancara pascapertandingan. Keduanya bercanda bahwa mereka bisa mendapatkan bola pertandingan masing-masing setelah pemain kelahiran Stockport itu juga mencetak tiga gol melawan United.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erling Braut Haaland (@erling.haaland)

Mantan kiper United dan City Peter Schmeichel melihat Haaland sebagai sosok pemain berbeda. Mantan pemain Borussia Dortmund itu merupakan striker paket lengkap. Hal tersebut bisa Schmeichel katakan karena pernah berhadapan dengan striker-striker kelas dunia saat masih aktif. Menurut dia, bagian terbesar dari seorang striker yang baik adalah kesabaran.

"Cristiano Ronaldo, Filippo Inzaghi, di dunia ini—mereka menghilang, lalu tiba-tiba mereka mendapat kesempatan. Ketika Anda melihat Haaland, Anda melihat pemain yang berbeda. Gol seperti Zlatan dan Ronaldo juga ada di sana. Anda melihat beberapa striker top dalam satu pemain," kata Schmeichel, dikutip dari BBC, Senin (3/10).

Karena itulah, Schmeichel menilai Haaland sangat berbahaya di depan gawang. Sementara itu, Haaland tidak merasa terlalu senang meski mencetak hat-trick dalam derbi Manchester. City tampil dominan sepanjang pertandingan, bahkan unggul 4-0 di babak pertama.

"Menang di kandang, mencetak enam gol, itu bagus. Pada akhirnya, luar biasa. Tidak ada lagi yang bisa dikatakan," ucap Haaland.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (@mancity)

Haaland sering mengungkapkan kebahagiaannya sejak bergabung dengan City. Hat-trick terbaru Haaland membuat koleksi golnya menjadi 17, di samping tiga assist dalam 11 pertandingan terakhirnya. Dia telah mencetak tiga gol lebih banyak dalam delapan pertandingan pertamanya di Liga Inggris, memecahkan rekor sebelumnya dari Mick Quinn, Papiss Cisse, dan Diego Costa setelah 10 pertandingan.

Sembilan gol dalam lima pertandingan pertamanya membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak pada bulan Agustus di setiap musim Liga Inggris. Penyerang Norwegia itu juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam empat pertandingan tandang pertamanya di Liga Inggris dan dia adalah pemain termuda yang mencetak 25 gol di Liga Champions. "Saya belum pernah mencetak tiga hat-trick dalam tiga pertandingan kandang sebelumnya. Ini luar biasa," kata Haaland.

Haaland mengatakan, dirinya telah mendapatkan kepercayaan diri. Bahkan, setelah Community Shield, ketika City dikalahkan Liverpool, kepercayaan dirinya juga masih bagus. Dirinya mengungkapkan, beberapa hari sebelum derbi Manchester ia sudah merasakan sesuatu yang istimewa akan terjadi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited)

Haaland kini telah mencetak tiga hat-trick hanya dalam delapan pertandingan. Padahal, Michael Owen membutuhkan 48 pertandingan, Ruud van Nistelrooy 59, Fernando Torres 64, dan Andy Cole 65 pertandingan.

Keberingasan Haaland membuat mantan striker Chelsea Chris Sutton, menyebut striker jangkung itu sebagai pemain yang “aneh”. Dia juga membandingkannya dengan mantan rekan setimnya dari Blackburn Rovers, Alan Shearer, yang masih memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di Liga Inggris dengan 260 gol. “Dia luar biasa," ujarnya.

Jangan Salahkan Suporter

FIFA melarang polisi menggunakan senjata api atau gas air mata dalam mengendalikan masa.

SELENGKAPNYA

Arsenal Perkasa, Liverpool tak Kuasa 

Satu jam laga berjalan, Tottenham dipaksa bermain dengan 10 pemain.

SELENGKAPNYA

Kompetisi Liga 1 Dihentikan Sepekan

PSSI akan terus berkomunikasi dengan FIFA untuk menjelaskan situasi tersebut

SELENGKAPNYA