Piala untuk pemenang Anugerah CSR Republika di Jakarta, Selasa (27/9/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Utama

Anugerah CSR 2022, Tebar Kebaikan untuk Sekitar

Penerima Anugerah CSR 2022 diharapkan dapat terus meningkatkan konsistensinya.

JAKARTA -- Program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan negara. Menyadari hal tersebut, Republika.co.id memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang secara serius menjalankan program CSR untuk menebar kebaikan kepada sekitar.

Penghargaan tersebut diberikan dalam ajang Republika.co.id Anugerah CSR 2022 yang digelar di Jakarta pada Senin (27/9). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari HUT ke-27 Republika.co.id. "Anugerah CSR 2022 merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih Republika kepada dunia usaha milik pemerintah maupun swasta yang telah secara sungguh-sungguh menjalankan program pendampingan kepada masyarakat," kata Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi dalam sambutannya.

Acara Anugerah CSR 2022 turut dihadiri para menteri dan sejumlah tokoh publik. Beberapa menteri yang hadir adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menkop UKM Teten Masduki.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut positif  Anugerah CSR 2022. Erick menyampaikan perbaikan CSR juga menjadi salah satu prioritas di lingkungan BUMN. "Presiden Joko Widodo sudah mengingatkan dan mendorong bahwa keberlanjutan masyarakat bagian dari kontribusi kami, yang salah satunya melalui CSR," kata Erick.

photo
Perwakilan peraih Republika.co.id Anugerah CSR 2022 berfoto bersama  Direktur Utama PT Republika Media Mandiri Mira Djarot dan Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi berfoto bersama di Jakarta, Selasa (27/9/2022). - (Republika/Prayogi)

Erick mengatakan program CSR di BUMN harus efektif dan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat. Oleh karena itu, Erick meminta CSR BUMN difokuskan pada tiga sektor utama,  yakni pendidikan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan UMKM.

Erick berharap para penerima penghargaan dapat terus meningkatkan konsistensinya. Kemudian, para penerima CSR harus memanfaatkan dengan baik bantuan yang didapatkan untuk meningkatkan skala usaha, peningkatan kualitas pendidikan, dan pemberdayaan terhadap lingkungan.

Ada lima perusahaan yang terpilih sebagai penerima Anugerah CSR 2022. Kelima perusahaan itu adalah Bank BRI (bidang pendidikan), Pertamina (bidang ekonomi), Adaro Energy (bidang lingkungan), Universitas BSI (bidang sosial), dan Huawei Indonesia (bidang infrastruktur).

BRI melalui program Beasiswa BRI Peduli, merancang sejumlah program CSR di bidang pendidikan. BRI memberikan dana pendidikan untuk anak-anak tenaga pendukung medis di masa pandemi Covid-19, anak pelaku usaha mikro di Desa BRIlian, dan beasiswa pascasarjana bagi jurnalis media terpilih setiap tahunnya.

Selain itu, BRI memberikan bantuan renovasi atau pembangunan sekolah pedalaman atau perbatasan. Bantuan khusus bagi sekolah yang jauh dari perkotaan ini telah terlaksana di delapan sekolah pada 2021 dan 14 sekolah sedang dalam proses pada tahun ini.

VP CSR & Community Development BRI Dinne Shovia Tresna mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada BRI. "Kami semangat untuk terus mengembangkan CSR di bidang pendidikan," ujarnya.

Di bidang infrastruktur, Anugerah CSR 2022 diberikan kepada Huawei Indonesia. Huawei membangun konektivitas jaringan yang menghubungkan warga Papua. Huawei Indonesia tercatat berhasil membangun instalasi jaringan yang mencakup areal seluas 319.036 kilometer persergi, dengan ketinggian mencapai 4.884 meter, di wilayah Papua Barat.

CEO Huawei of Indonesia Jacky Chen mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus membantu membangun konektivitas di Indonesia, termasuk 5G.

Penghargaan turut diberikan kepada Adaro Energy sebagai salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar yang menerapkan ESG (environment, social, governance) dan good mining practices (praktik pertambangan yang baik dan benar).

Dalam bidang lingkungan, salah satu program yang dilakukan Adaro adalah mengembangkan Pulau Bakut untuk bekantan. Hasilnya, populasi satwa bekantan atau kera hidung panjang di Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, bertambah. Hingga Juli 2022, terdapat 122 ekor bekantan yang menempati pulau seluas 15,58 hektare tersebut. Jumlah itu meningkat dari yang semula hanya 67 ekor pada 2018.

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, penerapan ESP merupakan komitmen Adaro. Adapun terkait program di Pulau Bakut, Garibaldi menyebut program itu diinisiasi oleh putrinya yang kemudian dilanjutkan oleh Adaro. "Terimas kasih dan selamat kepada Republika.co.id. Ini suatu amanah dan akan saya teruskan untuk kemajuan Indonesia," katanya.

Perusahaan lain yang menerima penghargaan adalah Universitas BSI untuk bidang sosial. Selain menyediakan pendidikan tinggi dengan biaya terjangkau dan menyebar ke pelosok daerah, Yayasan BSI menyediakan beasiswa khusus yatim dan dhuafa untuk kuliah di Universitas BSI. Rata-rata jumlah penerima beasiswa tersebut sekitar 500 orang per tahun.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan trophy pemenang CSR Kategori Pendidikan kepada VP CSR & Community Development PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Dinne Shovia Tresna A dalam acara Anugerah CSR 2022 Republika.co.id di Jakarta, Selasa (27/9/2022). Republika/Prayogi - (Prayogi/Republika.)

Co-founder BSI Naba Aji Notoseputro mengatakan, melalui 35 kampus yang tersebar di seluruh daerah, program beasiswa BSI telah berjalan secara konsisten.

"Tujuannya sebenarnya sederhana, supaya para anak-anak yang ingin menikmati kuliah, bisa kuliah di sebuah perguruan tinggi. Tentunya ini akan mengangkat harkat dan juga insya Allah nasibnya juga berubah," katanya,

Adapun Pertamina terpilih sebagai penerima Anugerah CSR 2022 di bidang ekonomi karena memfasilitasi upaya pemberdayaan UMKM yang sejalan dengan bisnis dan operasi perusahaan. Pertamina pun menjalankan program Pinky Movement sejak 2020 dan direncanakan berjalan selama tiga tahun.

Ini merupakan program yang menyasar UMKM yang menjadi bagian rantai distribusi LPG untuk dapat naik kelas melalui pembiayaan modal usaha dan pembinaan.

"CSR ini pada dasarnya bagaimana kita melakukan pelibatan dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat, yang akhirnya itu kita harapkan dapat berdampak bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Indonesia," kata VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman. 

Indonesia Siapkan Pabrik Gelatin Halal

Pemerintah akan mempersiapkan proyek manufaktur gelatin halal untuk masuk rantai pasok global.

SELENGKAPNYA

Rumput Tetangga tak Selalu Hijau Sungguhan

Pamer di media sosial adalah jalan instan untuk mendapat pengakuan di aspek kehidupan sosial.

SELENGKAPNYA

Jejak Keturunan Nabi di Tanah Air

Panggilan habib bukan kebanggaan. Jika tak memberikan manfaat, dia mendapat dosa dua kali lipat

SELENGKAPNYA