Sejumlah musisi hiphop dan musisi rock kenamaan Indonesia berkolaborasi di sesi | Republika/Thoudy Badai

Geni

Pentas Eksplorasi tanpa Batas

Penonton diajak mengeksplorasi lebih jauh tiga genre musik utama yang diusung

Suguhan keragaman musik nan berkelas ditampilkan di Flavs Festival 2022. Pesta musik itu membuktikan betapa kayanya genre hiphop, soul, dan RnB di Tanah Air. 

Flavs digelar selama dua hari pada 10 dan 11 September di Istora Senayan, Jakarta. Terdapat empat panggung yang semuanya menyuguhkan sajian musik menarik. Tiga panggung pertunjukan, yakni Rhyme & Grind Stage, Bounce Stage, dan Downtown Cypher Stage berada di luar ruang. Sementara, Boombox Stage berlokasi di dalam ruangan.

Dalam hajatan musik besutan Visicita Network bertema “Revival” itu, penonton diajak mengeksplorasi lebih jauh tiga genre musik utama yang diusung serta berbagai irisannya. Festival ini memberi panggung bagi musisi lintas daerah sekaligus membebaskan mereka membawa unsur budaya lokalnya masing-masing.

Kebanggaan daerah ditampilkan dengan sempurna oleh Keilandboi, rapper muda asal Kepulauan Kei, Maluku. Dia tampil di Bounce Stage pada hari pertama Flavs sekitar pukul 18.15 WIB. Mereka menghangatkan suasana dengan lagu-lagu yang menggabungkan lirik bahasa Indonesia, bahasa Kei, dan bahasa Inggris.

Krazy Brazy Crew mengiringi Keilandboi membawakan lagu-lagunya, sebut saja "No Doubt", "West Melanesia", dan "So Many". Dia juga berkolaborasi dengan rapper Muria dan penyanyi Abraham Kevin.

Penampilan Keilandboi dan rekan-rekannya sangat santai, bergerak bebas di atas panggung. Itu membuat penonton terbawa rileks sepanjang ikut melagukan lirik rap dari sang musisi. Lirik sarat makna, terkadang menggelitik dan menyentil, menjadi kekuatan lagu-lagu Keilandboi. 

Salah satu lagunya menyuarakan penentangan atas kekerasan. Dia juga menuangkan keresahan hidup, keriaan, kesedihan, juga ajakan mendobrak stigma pada lagu lainnya. Akan tetapi, Keilandboi tidak mau musiknya dinikmati dengan kaku. "Jangan serius-serius lagi, santai saja," ujarnya dengan logat daerah yang kental.

Beranjak ke panggung Rhyme & Grind Stage, rapper Iwa K memberi kejutan perilisan karya baru pada hari pertama festival. Pemilik nama lengkap Iwa Kusuma itu membawakan karya kolaborasi dengan seniman Sudjiwo Tejo berjudul “Mampir Ngombe”. 

Lirik lagu tersebut mengombinasikan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Makna dari tembang tersebut yakni hidup hanya sementara, tidak lebih dari sekadar mampir minum. Saat pandemi Covid-19, dia mengibaratkan dunia seolah terhenti. Satu hal yang dia percaya, kreativitas tidak pernah berhenti. 

"Beruntung pada waktu itu gue bertemu budayawan Indonesia yang sangat gue kagumi dan sayangi. Kami bikin satu lagu bersama," kata Iwa.

 

 

Beruntung pada waktu itu gue bertemu budayawan Indonesia yang sangat gue kagumi dan sayangi. Kami bikin satu lagu bersama

 

Iwa K
 

Saat Iwa tampil, ada rekaman video sosok Sudjiwo Tejo sedang melukis, merapal doa, minum, dan berbagai aktivitas lain. Aksi Iwa di panggung dan visual di layar berpadu sesuai lirik lagu yang disimak penonton dengan saksama.

Penampilan lain yang menghebohkan penonton pada hari pertama festival adalah "Time Machine: The RnB Divas" di Boombox Stage. Seperti tajuknya, penonton seolah masuk ke mesin waktu, lalu terlempar ke masa silam, ketika para diva RnB yang tampil sedang ada di masa keemasan. 

Sesi tersebut menampilkan Imaniar, Denada, Reza Artamevia, Sania, dan Shanty. Kolaborasi digawangi oleh Nikita Dompas yang bertindak sebagai penata musik.  Reza dengan vokal khasnya memikat melantunkan "Keajaiban" dan "Pertama". Sementara, Sania membawakan "Santai" yang berkolaborasi dengan seorang rapper, berlanjut dengan "Cintai Aku Lagi" (2007). 

photo
Sejumlah musisi hiphop dan musisi rock kenamaan Indonesia berkolaborasi di sesi Rap Rock United pada hari kedua Flavs Festival 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (11/9/2022). Sesi Rap Rock United diisi sejumlah artis diantaranya Iwa K, St Loco, 7 Kurcaci, Kripikpedeus, Master WU feat Andy Rif, Eka Annash, John Doe, Laze dan Yacko. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Shanty gantian menggebrak dengan lagu "Hanya Memuji" dan "Oh Kasih". Dia tak lupa menyapa hadirin. "Hei, aku rindu. I'm back," kata Shanty. 

Momen nostalgia itu terasa seru. Setiap diva RnB yang tampil memancarkan pesona masing-masing. Suara dan performa mereka pun cukup untuk membuat penonton bersorak girang, meski sebagian tidak lagi seprima era kejayaannya.

Hari kedua festival tidak kalah meriah dengan kehadiran Saykoji di Rhyme & Grind Stage. Saykoji yang memiliki nama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami alias Igor senang melihat antusiasme penonton. 

"Sepanjang pandemi dua tahun enggak pernah kumpul rame-rame kayak gini. Malam hari ini kita goyang sama-sama buat kalian semua yang survive ngelewatin ini semua," kata Igor.

Eksplorasi lain di Flavs, yakni perkawinan dua genre musik dalam proyek kolaborasi "Rap Rock United". Sejumlah musisi yang tampil di antaranya St Loco, 7 Kurcaci, Kripikpedeus, Ragajimesin, Master Wu, Andy /rif, Eka Annash, Iwa K, John Doe, Laze, dan Yacko. 

Beberapa lagu rap rock kenamaan dibawakan di atas panggung, di antaranya, "Who’s The King" milik Dog Eat Dog, "Sabotage" dari Beastie Boys, "Jump Around" dari House of Pain, hingga "Nookie" dari Limp Bizkit.

photo
Sejumlah musisi hiphop dan musisi rock kenamaan Indonesia berkolaborasi di sesi Rap Rock United pada hari kedua Flavs Festival 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (11/9/2022). Sesi Rap Rock United diisi sejumlah artis diantaranya Iwa K, St Loco, 7 Kurcaci, Kripikpedeus, Master WU feat Andy Rif, Eka Annash, John Doe, Laze dan Yacko. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

HR Rasuna Said, Singa Betina di Podium

Sejak kecil tertarik di dunia pendidikan Islam.

SELENGKAPNYA

Palu Arit di Takeran

“Pondok Bobrok, Langgar Bubar, Santri Mati!” Itulah yel yel PKI untuk melumpuhkan sejumlah pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kaum Muslim menjadi sasaran utama keganasan PKI.

SELENGKAPNYA

Sedia Saputangan Sebelum Hujan

Marsha mencoba menyelami bagaimana cara komunikasi pasangan suami istri yang sudah 11 tahun berjalan

SELENGKAPNYA