Irina Virganskaya, putri Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev mencium ayahnya dalam pemakaman di Novodevichy Cemetery di Moskow, Russia, Sabtu (3/9/2022). | AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Kisah Mancanegara

Jalan Cinta dan Politik Mikhail Gorbachev

Pengabdian Gorbachev kepada keluarga mematahkan stigma kaku pemimpin Soviet sebelumnya.

OLEH FERGI NADIRA

Di samping makam sang istri Raisa, mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dimakamkan. Pada Sabtu (3/9) waktu setempat, Gorbachev dimakamkan di Pemakaman Novodevichy, Moskow.

Kesetiaan terhadap sang istri dan keluarga, menjadi salah satu kenangan terkuat dari mantan Presiden Uni Soviet ini. Hal ini, selaras pula dengan keterbukaannya terhadap reformasi politik Soviet.

"Mereka adalah pasangan sejati. Raisa adalah bagian dari diri Gorbachev, hampir selalu di sisinya," kata Kanselir Jerman Helmut Kohl saat pemakaman Raisa pada 1999. Saat kematian Raisa, Gorbachev menangis secara terbuka. "Banyak dari apa yang ia capai, tidak terbayangkan tanpa dukungan istrinya," tambah Kanselir Jerman saat itu.

Pengabdian Gorbachev yang sangat terbuka kepada keluarganya, sekaligus mematahkan stigma kaku dari para pemimpin Soviet sebelumnya. "Dia mencintai seorang wanita lebih dari pekerjaannya," tulis pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Dmitry Muratov.

photo
Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev bersama istrinya Raisa saat mengunjungi Tembok Besar Cina di Beijing pada 1989. - (AP/Mark Avery)

Menurut Muratov yang juga editor surat kabar independen terkemuka Rusia, Novaya Gazeta, selama ini Gorbachev juga dikenal sebagai pemimpin yang menempatkan hak asasi manusia di atas negara. “Dia lebih menghargai langit yang damai daripada kekuatan pribadi," lanjutnya.

Keterikatan Gorbachev dengan keluarganya, yang juga kerap disaksikan mata publik,  sangat kontras dengan kerahasiaan yang menyelimuti kehidupan pribadi pemimpin Rusia saat ini, Presiden Vladimir Putin.

Dahulu, Raisa Gorbachev dikenal sebagai sosok yang berani. Bahkan, untuk ukuran seorang ibu negara Soviet. Ia melakukan pendekatan yang "anggun" dari caranya berbicara langsung secara halus dan mengenakan pakaian yang modis kala itu.

Dikenal sebagai seorang sosiolog, Raisa pertama kali bertemu Mikhail di Universitas Moskow, tempat mereka berdua belajar. "Suatu hari kami bergandengan tangan dan berjalan-jalan di malam hari. Dan kami berjalan seperti itu sepanjang hidup kami," kata Gorbachev kepada majalah Vogue pada 2013.

Raisa pun menemaninya dalam perjalanan karier politiknya. Tak sebatas membahas warna-warni urusan domestik, keduanya juga dikenal sebagai pasangan yang kerap membahas kebijakan dan politik bersama.

Pasangan Gorbachev sempat berada dalam turbulensi politik, ketika banyak pihak yang menyalahkan sang suami akan pecahnya Uni Soviet. Namun, keduanya kembali mendapat simpati publik ketika pada 1999, terungkap bahwa Raisa sedang berjuang keras melawan leukemia.

Berhari-hari setelah masa kritis dan kematian Raisa, Gorbachev banyak merenung dan sangat berduka. Kemudian, selama lebih dari dua dekade setelah kepergian istrinya, Gorbachev tetap menjaga ingatan tentang Raisa agar tetap hidup.

Berbagai cara pun ia lakukan, mulai dari menciptakan lagu hingga menyusun buku. Sang pemimpin yang meninggal di usia 91 tahun ini, merilis CD berisi tujuh lagu romantis, "Songs for Raisa," pada 2009.

photo
Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev dan Presiden AS Ronald Reagan menandatangani kesepakatan pelucutan senjata nuklir pada Desember 1987. - (White House Photographic Office)

Ia bernyanyi bersama dengan musisi dan gitaris Rusia terkenal, Andrei Makarevich. Penjualan CD saat itu disumbangkan ke badan amal yang didirikan Raisa.

Beberapa tahun kemudian, dia menerbitkan sebuah buku yang didedikasikan untuk sang mendiang istrinya, "Alone with Myself." Pernikahan mereka juga bahkan menjadi tema drama populer di Moskow pada 2021 berjudul "Gorbachev."

Salah satu pesan yang ingin disampaikan dalam pertunjukkan tersebut, adalah bahwa pemimpin Rusia, adalah juga manusia yang memprioritaskan keluarga, teman, dan kewajiban pribadi. Dalam salah satu adegan, diceritakan momen kunci dalam karier Gorbachev ketika dia kembali ke Moskow.

Tepatnya, setelah kudeta komunis yang gagal terhadapnya pada 1991. Kala itu, ternyata Raisa juga tengah terserang stroke.

photo
Warga menaruh bunga di makam Mikhail Gorbachev selepas pemakamannya di Novodevichy Cemetery, Moscow, Rusia, Sabtu (3/9/2022). - (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Gorbachev yang seharusnya segera melangkah kembali ke panggung politik yang genting, namun dia pergi ke rumah sakit untuk menemani sang istri. "Saya tidak menikah dengan negara – Rusia atau Uni Soviet," tulis Gorbachev dalam memoarnya. "Saya menikah dengan istri saya, dan malam itu saya pergi bersamanya ke rumah sakit."

Di pemakaman Moskow, patung Raisa kini berada di atas kuburan yang ditujukan untuk mereka berdua. Keluarga Gorbachev memiliki seorang putri, Irina, dua cucu perempuan dan seorang cicit.

Mikhail Khodorkovsky, seorang pengusaha di masa-masa awal pasca-Soviet yang sekarang tinggal di pengasingan di London, dalam cuitan di akun pribadinya menyampaikan, bahwa salah satu kekuatan besar Gorbachev adalah kemampuannya untuk menghilangkan kekaguman orang di atas takhta.

Ia juga menunjukkan pada publik, bahwa keluarga adalah bagian dari itu. “Kini Gorbachev telah pergi padanya. Beristirahat dalam damai." 

Pudarnya Ristek Soviet di Bawah Gorbachev

Runtuhnya Soviet di bawah kepemimpinan Gorbachev membawa malapetaka bagi dinamika riset iptek.

SELENGKAPNYA

Gorbachev, Pemungkas Perang Dingin yang Dipuji dan Dibenci

Sosok Gorbachev, presiden Uni Soviet terakhir, membawa banyak kesan bagi para tokoh publik.

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya