Penyidik memperlihatkan barang bukti hasil kegiatan tangkap tangan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Ahad (21/8/2022). | ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Nasional

Plt Rektor Janji Kasus Suap tak Ganggu Program Unila

Seluruh pejabat yang terlibat suap Rektor Unila dapat mengambil inisiatif mengundurkan diri.

BANDAR LAMPUNG--Pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Lampung (Unila) Dr Mohammad Sofwan Effendi, memastikan program-program Tri Dharma Perguruan Tinggi di kampus ini tetap berjalan. Ia menjanjikan program Unila tidak terpengaruh kasus yang menjerat Rektor Unila nonaktif Karomani.

"Yang paling penting sekarang itu memastikan bahwa program-program pendidikan itu harus jalan dan tidak terganggu atau terpengaruh dengan kasus suap penerimaan mahasiswa baru yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Mohammad Sofwan Effendi, Jumat (26/8).

Ia mengatakan akan terus mengawal semua program-program yang telah ditetapkan Unila sejak awal. Kampus ini juga harus mengejar Indeks Kerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. "IKU itu 'kan dilihat dari bagaimana lulusan, pembelajaran mahasiswa jalan, kemudian bagaimana proses pembelajaran kurikulum itu bagus, bagaimana penguatan dosen tetap jalan," kata dia.

photo
Para tersangka Rektor Universitas Lampung Karomani (tenah), Wakil Rektor I Bidang Akademik Heryandi (kanan) dan pihak swasta Andi Desfian berjalan seusai dihadirkan dalam konferensi pers hasil kegiatan tangkap tangan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Ahad (21/8/2022). - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.)

Terkait tanda tangan di ijazah lulusan, Direktur Sumber Daya pada Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu mengatakan masih belum tahu apakah diizinkan untuk menandatangani atau tidak. "Nanti saya akan berkoordinasi dengan Ketua Senat. Kalau Plt diizinkan untuk menandatangani ijazah akan dilakukan tapi kalau nanti ada aturan lain maka akan ditandatangani oleh rektor terpilih," kata dia.

Ia juga mengatakan Unila telah melakukan pemilihan Ketua Senat Unila Pengganti Antar Waktu 2022-2023 dengan demokratis yang akan mengemban amanah hingga April 2023. "Guru Besar Matematika FMIPA Universitas Lampung, Prof Dr La Zakaria, sekarang adalah Ketua Senat, dia dipilih secara demokrasi dengan kehadiran 34 anggota dan itu sudah kuorum," ujar Sofwan.

Keluarga Besar (KB) Unila berharap Plt Rektor Dr Mohammad Sofwan dapat mengembalikan marwah atau wibawa senat Unila dengan revitalisasi serta reformasi pimpinan dan anggota senat.

"Berdasarkan hasil dialog warga Unila beberapa waktu lalu ada beberapa poin yang didapatkan, salah satunya kami berharap Plt Rektor dapat mengganti para pejabat yang patut diduga dipilih karena kepentingan pribadi atau golongan," kata perwakilan Keluarga Besar Unila, Prof Muhajir Utomo, Jumat.

Rektor Unila Periode 1998-2008 itu mengimbau kepada seluruh para pejabat yang terlibat suap Rektor Unila dapat mengambil inisiatif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral. Keluarga besar yang terdiri dari purnabakti, alumni, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di Unila tersebut juga meminta Dr Mohammad Sofwan Effendi, mengevaluasi jalur Seleksi Masuk Mahasiswa Unila (Simanila) secara komprehensif agar lebih transparan, akuntabel, dan partisipatif.

"Kemudian juga melaksanakan audit kinerja oleh satuan pengendali internal (SPI) dan eksternal secara menyeluruh," kata dia.

Diketahui Prof La Zakaria menjadi Ketua Senat menggantikan Ketua Senat terdahulu Dr (CAN) Muhammad Basri yang telah berstatus tersangka korupsi bersama Rektor Unila nonaktif Karomani dan Wakil Rektor I Heryandi. KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus penerimaan mahasiswa baru itu. 

Gagal Lindungi Abe, Kepala Polisi Jepang Mundur

Shinzo Abe gugur ditembak saat berpidato di acara kampanye di kota Nara pada 8 Juli 2022.

SELENGKAPNYA

KPK Minta Jalur Mandiri Dibuat Bersih

Desakan agar penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dievaluasi datang dari mahasiswa hingga legislator.

SELENGKAPNYA

Dosa dan Rezeki

Jika masih sulit hidup, seret rezeki, dan susah segala sesuatunya, segeralah bertobat.

SELENGKAPNYA