Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Elijah Johad Foster (kanan) berusaha melepaskan tembakan saat pertandingan Playoff IBL Tokopedia 2022 di Gor C-Tra Arena Bandung, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022). Dalam pertandingan tersebut, Satria Muda Pertamina Ja | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Arena

Satria Muda Amankan Tiket Semifinal IBL 2022

Meski kalah, kapten Hangtuah Gunawan menilai ada perkembangan signifikan di timnya dari musim lalu.

JAKARTA -- Satria Muda Pertamina menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal IBL Tokopedia 2022. Satria Muda tak perlu menjalani gim ketiga setelah mengalahkan Amartha Hangtuah 82-75 pada gim kedua play-off IBL berformat the best of three di GOR C'Tra Arena Bandung, Ahad (14/8) sore. Pada pertemuan pertama sehari sebelumnya, Satria Muda unggul tipis 88-86.

Kapten tim Satria Muda Arki Dikania Wisnu lega timnya bisa melewati adangan Hangtuah. Ia mengakui, Satria Muda dipaksa bekerja keras untuk bisa mengamankan poin. Arki senang Hangtuah menunjukkan kepada Satria Muda bahwa mereka masih memiliki sejumlah masalah yang perlu dibenahi jika ingin mempertahankan gelar juara.

"Kami harus bermain lebih baik dan lebih konsisten. Kami belum dapat menemukan permainan terbaik di Bandung ini, tetapi mental juara kita luar biasa," kata Arki.

photo
Pebasket Amartha Hangtuah Jakarta Fisyaiful Amir (kiri) berusaha melewati hadangan pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta saat pertandingan Playoff IBL Tokopedia 2022 di Gor C-Tra Arena Bandung, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022). Dalam pertandingan tersebut, Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil mengalahkan Amartha Hangtuah Jakarta dengan skor 88-86. Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Pelatih kepala Satria Muda Youbel Sondakh mensyukuri kemenangan timnya pada gim kedua setelah laga ketat pada pertemuan pertama. Ia menilai 15 menit terakhir menjadi kunci kemenangan timnya. Arki dkk dinilai bermain luar biasa mengejar ketertinggalan dan berbalik unggul.

"Energi seperti ini yang harus kita pertahankan. Kami juga mengembalikan lagi feeling bola basket setelah empat bulan tidak bermain bersama di depan penonton," ujar Youbel.

Setelah melakoni dua laga ketat, Youbel akan memberikan kesempatan kepada para pemainnya untuk menjalani pemulihan. Pemain yang belum tampil dalam dua gim ini juga dimintanya tetap siap. Menurut Youbel, ia akan memfokuskan perbaikan pada penjagaan sambil berharap grafik permainan timnya terus menanjak.

Pada gim ini, Hangtuah memimpin 18-14 pada kuarter pertama. Satria Muda tancap gas pada kuarter kedua sehingga berbalik memimpin 37-32. Namun, Hangtuah bermain spartan pada kuarter ketiga. Penjagaan man to man dan jebakan pada pergerakan pemain dan alur bola Satria Muda berjalan hampir sempurna. 

Hangtuah sempat memimpin 11 poin, 50-39, pada pertengahan kuarter ketiga. Namun, Satria Muda yang membuat penyesuaian bisa mengejar hingga hanya tertinggal tipis 54-56 pada akhir perempat ketiga. 

Pada kuarter pamungkas, giliran Satria Muda yang mendikte Hangtuah. Kegagalan mencetak poin penting harus dibayar Hangtuah dengan kekalahan pada laga ini.

Pelatih Hangtuah AF Rinaldo menyatakan, Satria Muda mendapatkan momentum untuk bangkit pada pertengahan kuarter ketiga saat ia merotasi pemain. Inal, sapaannya, tak punya pilihan karena para pemain di lapangan mulai lelah. Rupanya, pemain yang masuk tidak bisa menyamai ritme yang sudah dikembangkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satria Muda Pertamina (@smpertamina)

"Kami juga melakukan turnover pada momen penting terutama di kuarter terakhir. Kali ini, Satria Muda dominan dalam rebound, poin dari kesempatan kedua mereka sampai 25," kata Inal menyesali.

Meski kalah, kapten Hangtuah Gunawan menilai ada perkembangan signifikan pada timnya daripada musim lalu. Tim yang sebelumnya terpuruk di papan bawah, kini dapat bekerja keras melaju ke play-off

"Melawan Satria Muda memang melelahkan. Namun, kami sekarang lebih percaya diri dibandingkan sebelumnya," kata shooter yang pernah membela Satria Muda tersebut.

Di laga lain, Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan West Bandits Solo harus tertahan untuk menapak ke semifinal. Kedua tim yang memetik kemenangan perdana atas lawan-lawannya justru tumbang pada gim kedua. Pelita Jaya harus mengakui keunggulan RANS PIK Basketball 65-58. Sementara itu, West Bandits Solo kesulitan menyamai agresivitas NSH Mountain Gold dan takluk dengan selisih cukup jauh 47-70.

Dengan format best of three, keempat tim ini harus memainkan satu gim lagi untuk menentukan tim yang akan lolos ke semifinal. Gim ketiga babak play-off akan digelar pada Selasa (16/8) di tempat yang sama.

Dukungan Ibunda Bawa Iqbal Angkat Piala AFF U-16

Iqbal sudah punya mimpi berikutnya untuk tembus ke timnas senior.

SELENGKAPNYA

Juventus Buru Kemenangan Perdana

Juventus meraih 11 kemenangan dalam 12 partai pembuka terakhir di pentas Seri A.

SELENGKAPNYA

Liverpool tak Ingin Seperti MU

Liverpool tetap lebih diunggulkan melawan Palace di kandang.

SELENGKAPNYA