Ustaz Dr Amir Faishol Fath | Republika

Khazanah

Panduan Hidup Komprehensif

Di dalam surah al-Baqarah ada panduan hidup yang lengkap.

DIASUH OLEH USTAZ DR AMIR FAISHOL FATH; Pakar Tafsir Alquran, Dai Nasional, CEO Fath Institute

Surah al-Baqarah tidak saja membahas urgensi kepemimpinan, tetapi lebih dari itu di dalamnya ada panduan hidup yang lengkap. Pada ayat 177, digambarkan bahwa berbuat baik (albirru) itu bukan hanya urusan ibadah ritual, tetapi juga membantu kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, musafir, hamba sahaya, termasuk menegakkan shalat, membayar zakat, dan menepati janji.

Lalu pada ayat 178, ada pembahasan mengenai hukum pidana: “Wa lakum fil qishashi hayaatun yaa ulil albaab laalakum tattaquun” (Dalam qishash ada kehidupan bagimu, wahai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa).

Setelah itu, pada ayat 180, pembahasan tentang hukum waris: “Kutiba alaikum idzaa hadhara ahadakumul mautu in taraka khairaanil washiyyatu lilwaalidaini wal aqrabiin bilma’ruufi haqqan alal muttaqiin” (Diwajibkan atasmu jika di antara kamu kedatangan tanda-tanda kematian, dan meninggalkan harta hendaklah berwasiat untuk ibu-bapak dan kerabatnya secara maruf sebagai kewajiban bagi orang-orang yang bertakwa). 

Berikutnya ayat 183, pembahasan mengenai ibadah puasa: “Kutiba alaikumush shiyaamu kamaa kuitiba alalladziina minqablikum laallkum tattaquun” (Diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa).  

Semua ayat tersebut disandingkan secara berurutan, untuk menunjukkan bahwa kewajiban menaati Allah tidak boleh dibeda-bedakan, melainkan semuanya sama derajatnya, baik ibadah ritual maupun ibadah sosial. Menariknya semua pembahasan tersebut dihubungkan dengan takwa laallakum tattaquun. Bahwa makna takwa harus dipahami secara lengkap meliputi amal salih dalam seluruh aspeknya. 

Aturan keluarga terkait talak, juga dijelaskan dalam surah ini: “Wa lil muthallaqaati mataaun bil maruuf” (QS al-Baqarah: 241), demikian juga sistem perekonomian, ditegaskan bahwa riba adalah perusak utama roda perekonomian: “Yamhaqullahur ribaa wa yurbish shadaqaat”.

Bila diteliti dalam surah ini ada rukun Islam: Iman kepada yang ghaib, “Alladziina yuminuuna bil ghaib” (ayat 3). Menegakkan shalat dan membayar zakat: “Aqiimush shalaata wa atuz zakaata” (ayat 43). Puasa: “Kutiba alaikumush shiyaama” (ayat 183). Dan haji: “Wa atimmul hajjar wal umrata lillahi” (ayat 196).

Inilah rahasianya mengapa surah al-Baqarah diturunkan untuk memandu terbentuknya masyarakat Madinah. Sebab, aturan hidup bermasyarakat dalam surah ini benar-benar lengkap dan meliputi semua aspek.

Para sahabat yang paling baik hubungannya dengan surah al-Baqarah mendapatkan kedudukan khusus. Untuk menyatukan barisan, misalnya, dalam peperangan Rasulullah SAW hanya memanggil dengan: “Yaa ashaabal Baqarah” (Wahai sahabat surah al-Baqarah). Seketika para sahabat berpadu kembali setelah kocar kacil karena diserang musuh.

Untuk memilih panglima perang juga demikian, Nabi mengutamakan sahabat yang paling luas pemahamannya tentang kandungan surah al-Baqarah. Begitu juga dalam penguburan para syuhada, Nabi menguburkan pertama-tama sahabat yang paling kuat hafalannya terhadap surah al-Baqarah.

"Buku Memiliki Keliling 50 cm", Soal 8 Agustus 2022

SELENGKAPNYA

Panik Sebelum Serangan Jepang

Oleh Jepang, orang-orang Belanda yang berusia 18 tahun ke atas dimasukkan ke kamp.

SELENGKAPNYA

Bom Atom dan Kemerdekaan Indonesia

Bertekuk lututnya balatentara Jepang tak banyak diketahui bangsa Indonesia karena semua radio disegel.

SELENGKAPNYA