Penyandang disabilitas tuli membuat batik tulis bermotif ASEAN Para Games 2022 di Batik Toeli Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). Selain untuk mengenalkan hasil karya dari komunitas perajin batik disabilitas tuli setempat, produk batik tulis t | ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.

Arena

14 Arena ASEAN Para Games XI Dipastikan Siap

Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menggantikan Vietnam pada Februari.

SOLO -- Sebanyak 14 arena cabang olahraga yang dipertandingkan pada pesta olahraga multievent disabilitas ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo semua sudah siap. 

"Semua arena yang digunakan pertandingan APG 2022 lima hari jelang pembukaan ini, sudah siap," kata Ketua National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, dilansir dari Antara, Selasa (26/7).

Dari 14 arena olahraga, hanya delapan yang direnovasi dalam rangka APG 2022. Semua dikerjakan dengan cepat dan sudah selesai, yakni GOR UTP untuk cabang voli duduk, GOR UNS (goalball), Stadion Sriwedari (torch relay), Lapangan Kota Barat (panahan), Manahan Lapangan Tenis (tenis kursi roda), GOR FKOR (boccia), Tirtonadi Convention Hall (judo), dan Stadion UNS (sepak bola CP) dengan anggaran sekira Rp 36,22 miliar.

photo
Sejumlah atlet ASEAN Para Games 2022 dari Filipina didampingi petugas PT Angkasa Pura II bersiap pindah pesawat untuk melanjutkan penerbangan ke Solo di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/7/2022). Ajang ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah pada 30 Juli-6 Agustus 2022 mendatang. - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.)

Menurut Senny, arena pertandingan dari 14 cabang olahraga telah siap semuanya, baik untuk tempat pertandingan maupun akses penonton. "Bahkan, fasilitas pertandingan, misalnya lampu penerangan, toilet, dan fasilitas lain yang ramah disabilitas sudah ada semua. Jadi, fasilitas arena sudah siap seluruhnya," kata dia.

Senny menambahkan, penonton yang akan melihat pertandingan multievent olahraga disabilitas dari negara Asia Tenggara, dipersilakan hadir ke arena secara gratis. Syaratnya, kata dia, masyarakat hanya dapat menunjukkan sudah divaksinasi penguat (booster).

"Nanti ada petugas di setiap arena pertandingan dan penonton menunjukkan sudah vaksin penguat, silakan bisa masuk mendukung atlet kita bertanding," kata Senny.

Dia menjelaskan, atlet kontingen Indonesia setelah dikukuhan oleh Menpora di Pendopo Gede Balai Kota Surakarta, Senin ini, langsung masuk ke hotel masing-masing sesuai cabang olahraga. Jadi, setiap cabang olahraga satu hotel. Kontingen dari luar negeri datang hari ini, Selasa (26/7), kemudian akan bergabung dengan atlet Indonesia sesuai cabang masing-masing.

APG 2022 mempertandingkan 14 cabang olahraga, yakni atletik di Stadion Manahan Solo, boccia (GOR FKOR UNS), panahan (Lapangan Kota Barat), judo (Tirtonadi Convention Hall), tenis meja (Solo Techno Park), angkat berat (Hotel Solo Paragon), renang (GOR Jati Diri Semarang), tenis lapangan (Manahan Solo), catur (Hotel Lor In Dwangsa Solo), goalball (GOR UNS), bulu tangkis (Edutorium UMS), sepak bola CP (Stadion UNS), basket (GOR Sritex), dan voli duduk (GOR UTP).

photo
Petugas membantu atlet dan kontingen Myanmar yaitu peserta ASEAN Para Games 2022 setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). Sejumlah atlet dan kontingen negara peserta mulai tiba di Solo menjelang berlangsungnya ASEAN Para Games pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/nym.)

Dia mengatakan, untuk penginapan, Inaspoc telah menyiapkan sebanyak 19 hotel yang terdiri atas 17 hotel di kawasan Solo Raya dan dua hotel di Kota Semarang. Kontingen Indonesia setelah acara pengukuhan oleh Menpora langsung menuju hotel masing-masing sesuai cabang olahraganya.

ASEAN Para Sports Federation (APSF) mengapresiasi kesigapan pemerintah Indonesia dalam menggelar pesta olahraga tingkat Asia Tenggara untuk penyandang disabilitas, ASEAN Para Games XI 2022, dengan persiapan sekitar lima bulan sebelum pelaksanaan.

Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games menggantikan Vietnam pada Februari. Sejak itu, Sekjen APSF Senior Colonel Wandee Tosuwan mengatakan bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan ajang multievent yang terakhir digelar pada 2017 di Malaysia itu.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Gibran untuk kerja kerasnya," kata Tosuwan.

APG 2022 di Solo diikuti 11 negara, yakni Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, Brunei, Laos, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 Tuai Pujian 

Perbasi akan mempersiapkan tim terbaik untuk bisa kembali berprestasi di SEA Games.

SELENGKAPNYA

Helat Piala Presiden, PBSI Cari Talenta Muda

Panitia juga telah menggelar sayembara desain Piala Presiden yang diikuti 130 karya peserta.

SELENGKAPNYA