Pengunjung mencoba kopi dalam acara Festival Kopi Tanah Air di Lapangan Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). | Prayogi/Republika.

Kuliner

30 Jul 2022, 03:45 WIB

Cara Sehat Menikmati Kopi

Takaran kopi yang tepat menentukan berapa banyak asupan kafein ke dalam tubuh.

OLEH DESY SUSILAWATI, GUMANTI AWALIYAH

Kopi kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Perkembangan minuman kopi yang semakin inovatif serta banyaknya kedai kopi unik  membuat masyarakat makin betah menghabiskan waktunya ditemani dengan segelas kopi favorit. 

Selain menjadi bagian dari gaya hidup, minum kopi memang bisa mendongkrak suasana hati dan membantu Anda lebih bersemangat menjalani hari.  Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dari rutinitas meminum kopi agar tidak membahayakan kesehatan. 

General Manager Anomali Coffee Abdul Azis mengatakan, minum kopi sudah menjadi tren dan bukan sekadar kebutuhan. Tren ini umumnya melanda kalangan anak muda. Mereka umumnya menggemari kopi karena khasiatnya yang dapat membuat para pencintanya tetap produktif di tengah sibuknya pekerjaan.

"Melihat kecintaan masyarakat terhadap kopi, Anomali Coffee hadir memberikan berbagai pilihan kopi premium yang berkualitas," ujar Aziz dalam pernyataannya, tiga pekan lalu. 

Meminum kopi pada dasarnya sehat, asalkan mengetahui trik-triknya. Menurut Abdul Azis, minum kopi itu sehat, tapi hindari meminumnya setelah bangun tidur. Biasanya, mereka yang mengonsumsinya di saat tersebut adalah agar tubuh cepat terjaga untuk beraktivitas.

Namun, nyatanya, meminum kopi setelah bangun tidur tidak disarankan karena dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Akibatnya, dapat terjadi peningkatan stres dan kecemasan. 

photo
Petugas mengaduk racikan kopi yang digunakan untuk uji cita rasa kopi pada Festival Kopi Tanah Air di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

"Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi," sarannya. Dengan begitu, peran kafein dalam tubuh akan bekerja optimal untuk dapat menjalankan aktivitas dengan tetap terjaga. 

Hal yang penting lainnya adalah memilih biji kopi berkualitas agar menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Sekarang, akses untuk mendapatkan kopi yang berkualitas sangatlah mudah, termasuk yang disediakan Anomali Coffee dengan beragam biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing biji kopi memiliki cita rasanya tersendiri yang bisa Anda pilih sesuai selera. 

Takaran kopi yang tepat juga menentukan berapa banyak asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh saat mengonsumsinya. Kalau berlebihan, tentu akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat kafein, sebaiknya tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya. 

Satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah penggunaan gula pada kopi. Kopi merupakan minuman yang sehat jika tidak ditambahkan gula berlebih. Gula identik dengan penyakit serius, seperti obesitas dan diabetes, maka mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan. 

photo
Peserta meracik kopi saat mengikuti Robusta Fun Brewing Bottle v60 dalam rangka syukuran wiwitan panen kopi di Kebun Kopi Cross Laboratorium Batang Coffee, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). - (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

"Bagi yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, Anda tetap bisa menikmati rasa kopi autentik dengan mengurangi kadar gulanya secara bertahap," tambah Azis. Namun, jika tetap membutuhkan rasa manis, alternatif yang lebih sehat adalah menggantinya dengan pemanis alami stevia. 

Suguhan Alternatif Pencinta Kopi

Sudah lama bisnis kopi berkembang pesat di Indonesia, terlebih dengan banyaknya kualitas kopi terbaik yang dihasilkan bumi nusantara. Tren meminum kopi di kedai-kedai kekinian pun makin meningkat, termasuk salah satunya Kopi Kenangan yang memulai bisnisnya pada tahun 2017. 

Kebutuhan pasar dan konsumen anak muda khususnya terus berkembang dan membutuhkan inovasi-inovasi terkini agar menarik perhatian mereka. Setelah meluncurkan Cerita Roti pada tahun 2020 dan Chigo tahun lalu, Kenangan Brands semakin berkembang lagi dengan Kenangan Heritage. Jenama terakhir ini merupakan kedai premium di Senayan City untuk menjaring mereka yang ingin mendapatkan galeri kopi yang berkelas.  

photo
Barista menyeduh kopi Semendo dari Sumatera Selatan pada gelaran Karya Kreatif Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (26/5/2022). - ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

CEO & co-founder Kenangan Brands Edward Tirtanata mengatakan, Kenangan Heritage menawarkan pengalaman menikmati kopi yang berkelas dengan menghadirkan berbagai pilihan biji kopi dari berbagai daerah. "Kenangan Heritage mencoba memadukan keberagaman biji kopi dan kekayaan budaya di Indonesia. Bukan hanya kopi, tapi interiornya juga yang sangat khas Indonesia," kata Edward awal tahun ini. 

Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin mengatakan, konsep perpaduan budaya lokal disajikan lewat aneka menu premium dan suguhan olahan biji kopi pilihan. “Biji kopi yang digunakan di Kenangan Heritage memang betul-betul dipilih. Apalagi, salah satu biji kopinya, yaitu Flores Manggarai, adalah biji kopi yang saya pakai untuk World Championship tahun ini, jadi pastinya enggak asal-asalan,” kata Mikael.

Tidak hanya menghadirkan berbagai pilihan meminum kopi yang unik dan khas, Kenangan Heritage juga menawarkan pengalaman menikmati 26 varian rasa dengan tiga jenis teh, yaitu black tea, white tea, dan green tea. Untuk suguhan lainnya, mereka bekerja sama dengan tim baker Cerita Roti untuk sajian yang segar setiap harinya. 

“Berbagai inovasi kami lakukan sehingga masyarakat bisa menikmati minuman dan makanan berkualitas dari Kenangan Brands. Kami berharap Kenangan Brands dapat terus membawa kesan kuliner tidak terlupakan lewat pengalaman baru dalam setiap pilihan menu yang kami tawarkan lewat Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis,” tutup Edward.

Kenangan Heritage mulai beroperasi pada 23 Oktober 2021. Selain Kenangan Heritage dan Rumah Kenangan sebagai tempat dine-in, saat ini Kenangan Brands mengoperasikan lebih dari 600 gerai di Indonesia dengan 565 gerai Kopi Kenangan, 469 gerai Cerita Roti, serta 38 gerai Chigo. Jenama ini juga menjangkau pelanggannya lewat aplikasi seluler untuk bisnis makanan dan minuman di Indonesia.


Prancis: 1.700 Kasus Monkeypox, Mayoritas Pelaku Homoseksual

Cacar monyet pada manusia pertama kali diidentifikasi pada 1970 di Republik Demokratik Kongo.

SELENGKAPNYA

Persatuan Kunci Satu Abad Indonesia Emas

Ragam suku, agama, bahasa menjadi modal berharga untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

SELENGKAPNYA
×