Robert Lewandowski | Twitter FC Barcelona

Olahraga

21 Jul 2022, 06:20 WIB

Optimisme Barcelona Lewat Lewandowski

Blaugrana mencoba bangkit setelah hanya meraih satu trofi dalam tiga musim terakhir.

BARCELONA -- Robert Lewandowski akhirnya resmi menjadi milik Barcelona. Setelah berbagai upaya yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir, termasuk terus membujuk Bayern Muenchen untuk melepas Lewandowski, Blaugrana sukses mendatangkan penyerang asal Polandia tersebut.

Dalam pernyataan resminya, Barcelona bakal menggelontorkan total biaya transfer sebesar 50 juta euro (Rp 766 miliar) untuk menebus Lewandowski dari Die Bayern. Biaya transfer tersebut berupa 45 juta euro untuk nilai transfer ditambah berbagai variabel bonus yang mencapai 5 juta euro.

"Pemain tersebut akan menandatangani kontrak bersama klub ini untuk empat tahun mendatang. Nilai klausul pelepasan pun telah ditetapkan sebesar 500 juta euro," tulis pernyataan resmi Barcelona, Rabu (20/7). Pernyataan itu sekaligus menjadi akhir dari rumor panjang kepergian penyerang asal Polandia itu dari Die Bayern, yang telah berkembang sejak akhir Mei silam.

Rumor tersebut mulai muncul setelah pernyataan terbuka Lewandowski yang mengaku ingin mengakhiri kiprahnya bersama Muenchen setelah berjalan selama delapan musim.

Meski masih menyisakan kontrak selama satu tahun bersama Muenchen, penyerang berusia 33 tahun itu berharap sudah bisa meninggalkan klub asal Bavaria pada musim panas kali ini. Rumor itu pun diikuti dengan kabar ketertarikan sejumlah klub besar. Namun, penyerang timnas Polandia itu akhirnya lebih memilih menerima pinangan Barcelona.

 

"Saya selalu ingin merumput di La Liga dan bergabung bersama salah satu klub terbesar. Ini merupakan langkah sekaligus menjadi tantangan baru dalam karier," kata Lewandowski, seperti dikutip Sky Sports, Rabu (20/7).

Momen kepergian Lewandowski dari Muenchen ini sebenarnya terasa mengejutkan. Sebab, Lewandowski justru tengah berada dalam tren performa terbaiknya. Dua dari tiga musim terakhir, ia selalu mampu mencetak lebih dari 50 gol dalam satu musim.

Dalam tiga musim terakhir, Lewandowski tercatat telah mencetak 153 gol di semua ajang. Akhirnya, gelar pemain terbaik FIFA dalam dua tahun terakhir menjadi milik Lewandowski. Total, sejak mengenakan seragam Die Bayern pada 2014, Lewandowski telah mengemas 344 gol dari 375 penampilan di semua ajang. Hanya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di lima liga top Eropa yang mampu mencetak lebih banyak dari Lewandowski sejak eks penyerang Lech Poznan itu membuat debut di Bundesliga pada 2010.

Di sisi lain, Blaugrana memang mencoba untuk untuk bisa bangkit setelah hanya meraih satu trofi dalam tiga musim terakhir. Karut-marut pengelolaan klub saat masih dipimpin Joseph Maria Bartomeu mengantarkan Blaugrana ke dalam krisis keuangan. Terlepas dari kondisi tersebut, perekrutan Lewandowski dinilai bisa memberikan kontribusi besar untuk performa Blaugrana di atas lapangan.

Asisten pelatih Barcelona, Oscar Hernandez, mengakui, kedatangan Lewandowski merupakan lompatan besar dalam upaya mendongkrak kualitas lini serang Barcelona. ''Dia dapat menjadi titik referensi bagi pemain lain dalam skema serangan kami. Klub telah melakukan usaha yang luar biasa keras untuk bisa mendatangkannya,'' ujar Hernandez seusai memimpin Barcelona di laga pramusim kontra Inter Miami, seperti dikutip Barca Universal, Rabu (20/7).

Sebelumnya, optimisme serupa juga digaungkan oleh gelandang bertahan Barcelona Sergio Busquets. ''Pemain kelas dunia telah datang, terutama di barisan lini serang,'' ujar gelandang asal Spanyol itu seperti dilansir laman resmi Barcelona.

 

Dengan kehadiran Lewandowski, pelatih Barcelona Xavi Hernandez memiliki opsi pemain yang cukup beragam. Lewandowski akan bergabung bersama Pierre-Emerick Aubameyang, Ferran Torres, dan Ansu Fati. Begitu pula dengan kehadiran Raphinha yang baru diboyong dari Leeds United serta Ousmane Dembele yang sepakat menandatangani kontrak anyar bersama Barcelona.  ';

Pramusim MU yang Menjanjikan

MU dan Barcelona sepakat dengan biaya Rp 1,29 triliun untuk De Jong.

SELENGKAPNYA

Timnas Basket Apresiasi Dukungan di FIBA Asia Cup

Selandia Baru pastikan tiket perempat final FIBA Asia Cup.

SELENGKAPNYA

Liga 1 Kembali Diramaikan Penonton

Jumlah maksimal penonton pertandingan ke stadion tergantung dari level PPKM daerah.

SELENGKAPNYA
×