Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan keterangan pers usai rapat koordinasi penyelenggaraan Turnamen Sepakbola Liga 1 Indonesia di Gedung Kemepora, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Hasil rakor tersebut memutuskan akan memulai Liga 1 Indonesia | ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Olahraga

20 Jul 2022, 05:05 WIB

Liga 1 Kembali Diramaikan Penonton

Jumlah maksimal penonton pertandingan ke stadion tergantung dari level PPKM daerah.

JAKARTA -- Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2022/2023, dipastikan akan bergulir pada 23 Juli 2022. Kepastian itu didapatkan setelah Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Liga 1 yang digelar di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (19/7).

Adapun perayaan pembukaan akan dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (23/7). Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan, BRI akan kembali menjadi sponsor utama kompetisi musim ini.

Penonton juga dipastikan bisa hadir ke stadion dengan syarat sudah melakukan vaksinasi dosis kedua. Adapun jumlah maksimal penonton pertandingan ke stadion tergantung dari level PPKM di daerah tersebut.

"Kick off tanggal 23, tidak ada perubahan. Nanti tanggal segitu juga akan ada peluncuran sponsor. Tadinya mau peluncuran sponsor hari ini, tapi kan ramai rakor, jadi nanti akan sekalian langsung di Bali saja," kata Akhmad pada Selasa (19/7).

 

Ia mengatakan, jumlah penonton di level satu sebanyak 100 persen dari kapasitas stadion. Sementara itu, daerah yang berstatus level dua sebanyak 75 persen.

Untuk kompetisi musim ini, LIB tidak lagi menggunakan aturan tes PCR bagi para pemain dan ofisial klub sehari sebelum pertandingan karena semuanya dipastikan sudah melakukan vaksin booster. Adapun catatan dari rakor tersebut adalah perhatian untuk tetap menjaga penyebaran virus Covid-19.

"Catatan ya soal Covid saja, jadi Covid ini tetap jadi fokus kita bersama, kan seperti Piala Presiden juga tak ada klaster, ya nanti di Liga 1 tinggal menjaga saja," ujar Akhmad.

Pihak klub, kata dia, sudah menyaring sejak awal sebelum tim berangkat ke stadion. Mereka harus memberikan laporan ke LIB soal itu.

Di sisi lain, dia mengatakan, untuk saat ini LIB belum mengantongi izin resmi dari pihak kepolisian. Kendati demikian, Akhmad memastikan pihak kepolisian telah memberikan lampu hijau kepada LIB untuk menggelar kompetisi sesuai jadwal. Hal itu dipastikan oleh Kabag Jianling Biro Jiansrtra Sops Polri, Kombes Umar Surya Fana, yang hadir mewakili kepolisian pada Rakor Penyelenggaraan Liga 1.

"Nanti Polri akan urus soal perizinan dan pengamanan. Tadi pagi kami sudah rapat secara daring untuk semua kapolres yang tempatnya akan melaksanakan kegiatan tersebut. Kami siap mengamankan acara sesuai dengan ketentuan," kata Umar mewakili Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Senada dengan itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan, dari hasil rapat tersebut telah diputuskan bahwa Liga 1 2022/2023 dapat bergulir sesuai jadwal. Selain itu, pada kompetisi kali ini, PSSI dan LIB akan kembali menggunakan regulasi normal di mana tidak ada aturan untuk melakukan tes PCR sebelum pertandingan dan penonton juga dibolehkan hadir ke stadion.

 

"Kami merumuskan bahwa Liga 1 akan bergulir 23 Juli sampai April. Rekomendasi ini nantinya Polri akan mengeluarkan izin keramaian secara umum. Adapun penonton akan disesuaikan dengan level PPKM seperti Piala Presiden," ujar Iriawan di Jakarta, Selasa (19/7).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mendukung gelaran Liga 1 digelar dengan penonton, tetapi harus tetap mengedepankan kesehatan para penonton. "PT LIB menyampaikan paparan dan mendapat respons dari Kemenkes dan Satgas," kata Zainuddin di Jakarta, Selasa (19/7).

"Tentu, harapan kita lebih baik ke depan. Kalaupun ada hal-hal yang harus dibenahi, kami punya komitmen, apalagi kita sudah menghadirkan penonton. Pada intinya dalam rapat tadi kompetisi 2022/2023 sudah bisa dimulai sesuai dengan perencanaan PSSI dan LIB," ujarnya menjelaskan.

 

Jadwal Pekan 1 Liga 1 2022/2023

Sabtu, 23 Juli 2022

  • 15.00 WIB PSIS Semarang vs RANS Nusantara
  • 18.15 WIB PSS Sleman vs PSM Makassar
  • 18.15 WIB Madura United vs Barito Putera
  • 20.00 WIB Bali United vs Persija Jakarta

Ahad, 24 Juli 2022

  • 15.30 WIB Borneo FC vs Arema FC
  • 20.45 WIB Bhayangkara FC vs Persib Bandung

Senin, 25 Juli 2022

  • 15.30 WIB Persis Solo vs Dewa United
  • 18.15 WIB Persita Tangerang vs Persik Kediri
  • 20.30 WIB Tira Persikabo vs Persebaya

  ';

Modal Arema Tatap Liga 1

Pemain terbaik Piala Presiden 2022 jatuh ke tangan kiper Arema FC Adilson Maringa.

SELENGKAPNYA

Presiden Minta Jamaah Pulang Di-booster

Sebanyak 9.873 jamaah haji telah tiba di Indonesia hingga Senin (18/7).

SELENGKAPNYA

Menkominfo Siap Tegakkan Sanksi PSE

Selain Google, PSE asing lain yang merupakan raksasa teknologi di Indonesia juga belum mendaftar.

SELENGKAPNYA
×