Pelatih Arema FC Eduardo Almeida mengangkat piala saat berselebrasi usai mengalahkan Borneo FC dalam leg kedua final Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (17/7/2022). Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2022 setelah | ANTARA FOTO/ Sahid Setiawan

Olahraga

Modal Arema Tatap Liga 1

Pemain terbaik Piala Presiden 2022 jatuh ke tangan kiper Arema FC Adilson Maringa.

JAKARTA -- Gelaran turnamen pramusim Piala Presiden 2022 telah berakhir. Arema FC sukses membawa pulang trofi setelah menahan imbang Borneo FC, 0-0, pada final leg kedua di Stadion Segiri, Samarinda, Ahad (17/7) malam.

Hasil itu cukup bagi Arema untuk menjuarai turnamen setelah sebelumnya menang 1-0 atas Borneo FC pada leg pertama di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dengan ini, Arema menjadi tim peraih gelar juara Piala Presiden terbanyak dengan tiga trofi.

Sebelumnya, tim berjuluk Singo Edan itu telah meraih gelar juara pada dua edisi, yakni 2017 dan 2019. Menurut pelatih Arema FC Eduardo Almeida, trofi ini menjadi modal berharga untuk menatap kompetisi Liga 1 2022/2023.

Pelatih asal Portugal itu mengapresiasi perjuangan keras tim. "Hal yang paling penting adalah performa para pemain yang bermain, juga staf. Ada juga dukungan suporter, keluarga, dan semua pihak yang terlibat," kata Eduardo seusai pertandingan penentu melawan Borneo.

 

Manajer Arema FC Ali Rifki sangat bangga atas gelar juara Piala Presiden 2022 yang berhasil diraih Singo Edan. Menurut dia, ini hasil dari kerja keras seluruh komponen tim yang selama ini terlibat, ditambah dukungan suporter. "Semua menyatukan langkah untuk menjadi juara," kata Ali, Senin (18/7).

Ali menegaskan, kesuksesan ini berkat kerja keras bersama yang dilakukan oleh semua komponen, tidak ada peran tunggal dari satu pihak mana pun. Hal itu, kata dia, terlihat ketika Arema menjuarai tiga edisi Piala Presiden. Singo Edan dilatih oleh tiga pelatih yang berbeda dan diisi oleh komposisi pemain yang berbeda pula.

Ia menegaskan, tidak ada yang lebih besar dari lambang Arema di dada. "Yang jelas, ini akan menjadi modal bagi Arema FC untuk menapaki kompetisi. Paling penting adalah kekurangan dan potensi yang ada dari tim ini sudah diinventarisasi oleh tim pelatih," ujar Ali.

Sebaliknya, meskipun gagal mengamankan trofi juara, pemain Borneo FC mendominasi penghargaan individu di Piala Presiden 2022. Penghargaan itu diputuskan oleh pihak Technical Study Group (TSG) yang dipilih oleh panitia Piala Presiden 2022.

Kategori pemain terbaik Piala Presiden 2022 jatuh ke tangan kiper Arema FC Adilson Maringa. Selanjutnya, pencetak gol terbanyak diraih oleh striker Borneo FC Matheus Pato. Ia berhasil mencatatkan enam gol sepanjang turnamen. Penghargaan kategori pemain muda terbaik jatuh ke pemain andalan Borneo FC, Fajar Faturahman. Kemudian, selain sebagai runner-up, Borneo juga meraih penghargaan sebagai tim paling fair play.

Pelatih Borneo FC Milomir Seslija menyayangkan hasil akhir dari pertandingan leg kedua melawan Arema. Menurut dia, permainan timnya sangat bagus dan layak untuk menang. Borneo tampil menekan hampir di sepanjang pertandingan dan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol.

"Namun, kami kurang beruntung karena Arema juga cukup sukses dalam mengawal lini pertahanan dari kebobolan," kata Milo.

 

Selain itu, kata dia, jika menggunakan sistem kompetisi, Borneo lebih layak untuk keluar sebagai juara pada turnamen ini. Pasalnya, secara keseluruhan, pada pertandingan pramusim ini timnya telah mencatatkan enam kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kali kalah. "Kalau berhitung dari sistem kompetisi, mungkin kami yang menjadi juara pada turnamen ini," ujarnya. n ed: Israr Itah

 

Perjalanan Arema FC Juara Piala Presiden 2022

Fase Grup

Arema 0 - 1 PSM Makassar

Arema 1 - 0 Persik Kediri

Arema 1 - 0 Persikabo 1973

 

Perempat final

Arema 0 (5) - 0 (4) Barito Putera

 

Semifinal

PSIS Semarang 0 - 2 Arema

Arema 2 - 1 PSIS Semarang

 

Final

Arema 1 - 0 Borneo

Borneo 0 - 0 Arema

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kepingan Pelengkap Skuad Chelsea

Hengkangnya Rudiger dan Christensen pun terasa begitu menyakitkan.

SELENGKAPNYA

Misi Sejarah Timnas Basket Indonesia

Cina akan mendapatkan tekanan pendukung Indonesia yang akan memenuhi Istora Senayan.

SELENGKAPNYA

Indonesia Dominasi Singapore Open 2022

Ini menjadi gelar ketiga dari final kelima yang dicapai Apriyani/Fadia setelah dipasangkan pada awal 2022.

SELENGKAPNYA