Presiden Joko Widodo (kanan) melantik pejabat Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). | ANTARA FOTO/Setpres Lukas

Nasional

Renovasi Ruangan Dewan Pengarah BRIN Rp 6,1 Miliar

Anggaran renovasi ruangan untuk Ketua Dewan Pengarah dan 10 anggota BRIN.

JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan kabar tentang renovasi ruang kerja Dewan Pengarah BRIN senilai Rp 1,6 miliar. BRIN menyatakan, besaran anggaran tersebut bukan hanya untuk renovasi ruangan Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri, melainkan 10 anggota BRIN.

“Perlu saya informasikan, biaya Rp 6,1 miliar adalah biaya renovasi seluruh lantai 2 yang sebelumnya merupakan ruang kerja eks kepala BPPT. Lantai 2 tersebut akan kami renovasi menjadi ruang kerja-ruang kerja untuk semua Dewan Pengarah yang berjumlah 10 orang, bukan hanya untuk ketua Dewan Pengarah,” kata Plt Kepala Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan (BKPUK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Driszal Fryantoni dalam keterangan tertulisnya, Ahad (17/7). 

Driszal menjelaskan, sebelumnya di lantai 2 sudah tersedia kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu, ruang rapat, dan ruang kerja eks kepala BPPT. Ia mengatakan, biaya yang dibutuhkan merupakan rekomendasi dari Direktorat Bina Penataan Bangunan Kementrian PUPR.

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) memberi ucapan selamat kepada Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (kanan) usai dilantik menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). - (ANTARA FOTO/Setpres Lukas)

Saat ini Dewan Pengarah BRIN masih menggunakan ruangan sementara di lantai 23. “Jadi nanti semua anggota Dewan Pengarah dapat menempati ruangan-ruangan yang kami siapkan di lantai 2 setelah renovasi selesai,” ucapnya. 

Plt Sekretaris Utama BRIN Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan, semua proses renovasi sudah dengan koridor regulasi. Proses renovasi juga sejalan dengan pembenahan sarana prasarana untuk para periset, baik infrastruktur laboratorium maupun ruangan kerja, secara bertahap.

“Manajemen BRIN masih terus berbenah. Secara bertahap sarana prasarana untuk periset diperbaiki, termasuk juga fasilitas co-working space untuk kenyamanan kerja sivitas, khususnya para periset,” kata dia. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, BRIN merupakan pihak yang kompeten menjelaskan renovasi itu. "Ibu Mega dalam kapasitas beliau sebagai ketua Dewan Pengarah lebih pada memberikan kebijakan pokok atau suatu direction agar seluruh kegiatan riset dan inovasi dapat mendorong peningkatan kedaulatan politik negara dan juga mempercepat Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi," kata dia kepada Republika.

photo
Kendaraan melintas di depan Kantor Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman di Jakarta, Rabu (5/1). LBM Eijkman dinyatakan resmi melebur bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kini, Nama LBM Eijkman telah berubah menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman. - (Prayogi/Republika.)

Hasto juga membagikan pengalamannya bekerja bersama Megawati. Ia mengatakan, Megawati yang juga ketua umum PDIP merupakan sosok yang lebih mengedepankan berjalannya fungsi organisasi. 

"Ketika saya ditugaskan beliau mendesain Sekolah Partai di Lenteng Agung, termasuk ruangan Ibu Mega, didesain dengan nyaman dan sederhana. Demikian halnya di kantor DPP PDI Perjuangan," kata Hasto. 

Hasto menuturkan, Megawati lebih mengedepankan fungsi terkait ruang kerja. Di Sekolah Partai, kursi tamu untuk ruangan Mega didesain oleh Tri Rismaharini menggunakan pembungkus kain tenun dari NTT. "Dengan desain tersebut, ternyata Ibu Megawati sangat nyaman," ucapnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Percik Gagasan Ibnu Khaldun Sang Bapak Sosiologi

Ibnu Khaldun menulis karya monumental yang masih dikaji hingga kini, Muqaddimah.

SELENGKAPNYA

Rihlah dan Pemikiran Ibnu Khaldun

Usia Ibnu Khladun belum genap 20 tahun, tetapi reputasinya sudah dikenal di mana-mana.

SELENGKAPNYA

Sektor Wisata Mulai Berdenyut

Menurunnya kasus pandemi Covid-19 membuka peluang untuk perbaikan industri pariwisata.

SELENGKAPNYA