Foto udara aktivitas bongkar muat di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Bungkutoko Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (6/10/2021). Pelabuhan Bungkutoko merupakan pelabuhan pengumpul yang memiliki kapasitas kapal kargo sebesar 6.000 DWT dan dapat m | ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Ekonomi

05 Jul 2022, 05:20 WIB

Pelni Bidik 12 Ribu TEUs Angkutan Kontainer 

Pelni telah menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia dan Perum Damri.

JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional (Persero) atau Pelni membidik sebanyak 12.521 TEUs angkutan kontainer pada tahun ini. Dalam operasional tol laut, Pelni mengangkut angkutan barang dan ternak. 

“Dari target 2022 sebanyak 12.521 TEUs produksi kontainer, sudah terealisasi mencapai 45 persen atau sudah 5.782 TEUs produksi kontainer,” kata Direktur Utama Pelni Tri Andayani dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Senin (4/7).

Anda, sapaan akrabnya, menjelaskan, hingga Mei 2022, Pelni sudah melayani 57 voyage dari total target 170 voyage pada 2022. Anda mengatakan, realisasi voyage tersebut sudah mencapai 48,72 persen. 

Anda menambahkan, saat ini tol laut secara keseluruhan sudah menyinggahi 130 pelabuhan dengan 33 trayek. Anda mengatakan, Pelni berkontribusi sebanyak 33 persen atau 11 trayek dari total keseluruhan tol laut pada tahun ini. 

 

“Untuk 130 pelabuhan singgah, Pelni menyingahi 48 pelabuhan. Dari 32 kapal beroperasi, untuk tol laut kami operasikan 10 kapal yang terdiri atas enam kapal milik sendiri dan empat kapal milik Kemenhub,” kata Anda. 

Anda menegaskan, total muatan yang dikontribusikan Pelni untuk tol laut pada 2019 sebanyak 27 persen. Lalu, pada 2020 meningkat 48 persen dan 2021 menjadi 54 persen total tol laut nasional. 

"Kinerja total produksi peti kemas penugasan tol laut sejak 2015 sampai 2022 sebanyak 45.634 TEUs peti kemas kami angkut dan sudah sebanyak 680 voyage terealisasi sejak 2015 sampai Mei 2022," kata Anda. 

Selain itu, Pelni juga mengoperasikan kapal ternak sebagai penugasan dari Kemenhub. Anda menargetkan, pada 2022 Pelni bisa mengangkut 9.000 ekor produksi ternak dengan target 18 voyage serta nilai kontrak subsidi Rp 9,62 miliar dari Kemenhub. 

“Realisasi kapal ternak hingga Mei 2022 ini sebesar 36 persen dan secara voyage 40 persen. Capaian voyage kapal ternak ini sebanyak tujuh voyage dan target kontrak 40 persen,” kata Anda. 

Anda menjelaskan, manfaat dengan dioperasikannya kapal ternak bisa mendukung ketersediaan kebutuhan daging. Selain itu, juga menjamin kelancaran distribusi pangan, khususnya hewan ternak serta tersedianya angkutan ternak yang layak. 

Sebelumnya, Pelni telah menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Perum Damri melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Antarmoda. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, wujud kerja sama ini, antara lain, menyediakan moda transportasi dari dan menuju terminal penumpang di sejumlah kota pelabuhan yang dilalui oleh kapal Pelni dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pelayaran Nasional Indonesia (@pelni162)

 

"Dengan menyediakan moda transportasi yang mudah dijangkau dan reguler, kami berharap pelayanan ini dapat meningkatkan kepuasan para pengguna jasa kapal Pelni. Tentu, kerja sama ini juga akan menguntungkan seluruh pihak terlibat," ujar Yahya.

Yahya mengharapkan, melalui kerja sama ini, calon penumpang kapal Pelni akan semakin mudah menuju dan meninggalkan wilayah terminal penumpang pelabuhan. Ia mengungkapkan, selain faktor kenyamanan, seluruh pihak yang terlibat juga sangat memperhatikan faktor keamanan bagi para pelanggan yang akan menuju dan meninggalkan pelabuhan.

Pelni sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang transportasi laut saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini Pelni mengoperasikan 10 trayek tol laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

Sumber : Antara


Fokus Istirahat Sebelum Wukuf

Enam kloter terakhir pemberangkatan jamaah haji Indonesia telah tiba di Saudi.

SELENGKAPNYA

Muslim Terbaik

Mari berikhtiar menjadi Muslim terbaik.

SELENGKAPNYA

Pemerintah Tetapkan Status Darurat PMK

Laju vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak masih berjalan relatif lambat.

SELENGKAPNYA
×