Para tersangka kawanan perampok kendaraan bermotor dijaga petugas saat ekspos di Mapolda Banten, di Serang, Kamis (6/1/2022). Jajaran Polda Banten berhasil membekuk lima anggota kawanan perampok kendaraan bermotor yang kerap beraksi di sejumlah kota di Ja | ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Bodetabek

Polisi Buru Perampok Bersenpi Gasak Minimarket di Cipayung

Aksi perampokan minimarket di Cipayung itu terekam kamera pengawas (CCTV) dan tersebar di media sosial.

 

JAKARTA — Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur (Satreskrim Polrestro Jaktim) terus memburu komplotan perampok yang beraksi menggunakan senjata api (senpi) di salah satu minimarket di Cipayung. Kepala Satreskrim Polrestro Jaktim AKBP Ahsanul Muqaffi membenarkan adanya peristiwa perampokan yang menggasak isi minimarket.

"Sudah dalam penyelidikan," kata Ahsanul saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (13/6).

Dia menerangkan, aksi perampokan itu terjadi di minimarket Jalan Raya Mabes Hankam, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jaktim, pada Selasa (7/6) sekitar pukul 12.00 WIB. Para perampok berani beraksi pada siang hari di tengah aktivitas masyarakat. Meski demikian, Ahsanul menyampaikan, belum dapat membeberkan lebih detail aksi perampokan maupun identitas pelaku. Dia menegaskan, jajarannya masih mendalami peristiwa tersebut.

Aksi perampokan minimarket di Cipayung itu terekam kamera pengawas (CCTV) hingga tersebar di media sosial. Dalam rekaman terlihat dua orang pelaku awalnya berpura-pura membeli air mineral. Seorang pelaku masuk terlebih dahulu mendatangi minimarket, kemudian menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran. Setelah memastikan situasi di dalam minimarket sepi, dia melanjutkan, satu pelaku langsung menodongkan pistol ke arah kasir.

Pegawai minimarket yang menjadi korban, Arkam, menuturkan, seorang pelaku lain sempat menyiramkan bensin kepada atasannya yang kala itu juga sedang bertugas. Beruntung, pelaku tidak sampai menyulut api hingga tidak sampai jatuh korban. "Kepala toko saya disiram (bensin) pas dia masuk ke sini (meja kasir)," ujar Arkam.

Arkam mengaku tidak berkutik kala pelaku menodongkan senjata. Dia pun merelakan pelaku menggasak uang tunai dari laci kasir berisi uang sekitar Rp 4,1 juta.

Aksi perampokan minimarket menggunakan senpi bukan pertama kali terjadi di Jaktim pada bulan ini. Aksi serupa dilaporkan menimpa minimarket di Jalan Otista Raya, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jaktim, pada Jumat (3/6) siang WIB. Polisi hingga kini juga belum merilis perkembangan kasus tersebut.

Ringkus debt collector

Polsek Cengkareng menciduk tujuh penagih utang (debt collector) dari perusahaan pembiayaan swasta karena meresahkan warga pada Senin pagi WIB. Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo menyebut, mereka ditangkap berdasarkan laporan dari warga sekitar karena kerap melakukan penagihan cicilan sepeda motor secara intimidatif. "Kita amankan empat penagih utang di kawasan Sumur Bor dan tiga lagi diamankan di kawasan Jalan Kamal Raya dan Rawa Bengkel sekitar pukul 08.30 WIB," kata Ardhie.

Ardhie belum memerinci nama perusahaan pembiayaan tujuh penagih utang tersebut. Dia mengimbau seluruh elemen masyarakat jika ada yang menjadi korban pencurian sepeda motor dengan modus penagih utang bertindak kasar di wilayah Cengkareng, warga bisa langsung melapor kepada aparat.

Menurut dia, kepolisian bergerak sebagai respons atas maraknya kasus pencurian sepeda motor oleh penagih utang gadungan. Modus mereka, yaitu berpura-pura menjadi penagih utang dan memberhentikan pengendara motor di pinggir jalan. Mereka lalu berpura-pura menagih uang cicilan kepada pengendara hingga akhirnya mengambil sepeda motor dengan cara paksa.

Berdasarkan laporan tersebut, dia melanjutkan, Polsek Cengkareng langsung melakukan penelusuran dan menangkap para pelaku di dua lokasi. "Mereka kami bina dan pelaksanaan operasi ini akan dilakukan setiap hari," kata Ardhie. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat