Warga menuliskan dan menepelkan ucapan belasungkawa di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan Kota Bandung Ahad (12/6). Diperkirakan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz atau Eril akan tiba di Gedung Pakuan, | Edi Yusuf/Republika

Nasional

13 Jun 2022, 03:45 WIB

Masyarakat Dibolehkan Ziarah Eril Setelah Prosesi Rampung

Ribuan orang mengunjungi Gedung Pakuan sampaikan bela sungkawa kematian Eril.

BANDUNG -- Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengizinkan masyarakat umum untuk berziarah ke makam Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Keluarga meminta masyarakat baru berziarah setelah prosesi pemakaman rampung.

"Setelah selesai pemakaman oleh keluarga, maka lahan area akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum berkesempatan untuk dapat mendoakan dan ziarah kubur terhadap almarhum Eril," ujar kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, Ahad (12/6).

Erwin menjelaskan, jenazah Eril akan dimakamkan di area Islamic Center di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6). Prosesi pemakaman nantinya hanya akan diikuti keluarga inti dan para tokoh. Jenazah diperkirakan berangkat dari Gedung Pakuan ke pemakaman pukul 09.00.

Ibunda Eril, Atalia Praratya, lewat akun Instagram mengimbau masyarakat melayat pada hari Selasa (14/6) hingga Ahad (19/6). Prosesi pemakaman bisa dilihat dari media televisi, radio atau live streaming YouTube.

Juru Bicara Pemerintah Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya menambahkan, mereka yang diharapkan hadir di pemakaman diminta sudah berada di lokasi sebelum pukul 10.00 WIB. Sementara masyarakat lainnya yang ingin berziarah diperbolehkan datang setelah acara pemakaman selesai atau sekitar pukul 12.00 WIB.

"Akan diberikan akses untuk menuju makam setelah selesai acara. Ziarah kubur bisa dimulai lewat jam 12.00 WIB," katanya.

Rencananya jenazah akan berangkat melewati rute Gedung Pakuan-Wastu Kencana-Pintu Tol Pasteur-Tol Soroja dan menuju Cimaung. "Kami berangkat mulai pukul 09.00 WIB agar tidak mengganggu masyarakat yang akan berangkat bekerja atau sekolah, apalagi hari Senin yang padat. Kami mohon maaf jika ada kemacetan di jalan yang dilintasi," ujar Wahyu.

Simpati publik terhadap Eril terlihat dari ribuan warga terus berdatangan ke Rumah Dinas Gubernur di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung. Salah seorang petugas keamanan Khaerul Alwi mengatakan, diperkirakan sejak pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB ada 2.000 warga yang datang bertakziah.

photo
Warga terus berdatangan ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Gedung Pakuan, Kota Bandung, untuk menyampaikan belasungkawa dan doa. Warga diperkenankan masuk secara bergiliran, Ahad (12/6/2022). - (Edi Yusuf/Republika)

Salah seorang warga Kabupaten Bandung, Anisa menuturkan, dirinya sengaja datang ke Gedung Pakuan agar bisa menyampaikan ucapan belasungkawa secara langsung. "Saya ingin mengucapkan belasungkawa untuk keluarga Pak Ridwan Kamil dan Bu Cinta atas kepergian Aa Eril. Walaupun saya tidak kenal sama Aa Eril, tapi saya merasa sedih ketika tahu kabar Aa Eril hanyut di Sungai Aare," kata Anisa (22 tahun).

Tak hanya warga Kota Bandung, simpati hadir dari luar Kota Bandung, seperti Gilang (26), warga Cilacap, Jawa Tengah. Gilang tak sendiri, dia mengajak rekannya yang lain, Erika (25), warga Jakarta. Erika mengaku sangat terenyuh dengan unggahan-unggahan perjuangan keluarga mencari separuh jiwa mereka di Sungai Aare.

Pihak Gedung Pakuan mempersilakan warga memberikan ucapan belasungkawa langsung kepada Gubernur dan istri. Ucapan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama ditujukan untuk keluarga besar Gubernur, perangkat daerah, dan pimpinan daerah. Sedangkan sesi kedua untuk organisasi masyarakat dan warga sipil.

photo
Warga melihat tayangan kebersamaan Eril bersama keluarga di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan Kota Bandung. warga terus berdatangan untuk menyampaikan belasungkawa dan doa, Ahad (12/6/2022). - (Edi Yusuf/Republika)

Jenazah Eril tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 15.45 WIB Ahad (12/6). Proses penyerahan jenazah dari pemerintah ke pihak keluarga dihadiri empat menteri kabinet di ruang kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Keempat menteri yang hadir adalah Menteri koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno, dan Menteri UMKM Teten Masduki. Prosesi serah terima jenazah ini adalah prosedur standar bila ada WNI yang meninggal di luar negeri dan dipulangkan ke Tanah Air. 

Sumber : Antara


Emil Bersyukur Jenazah Eril Utuh

Emil menggambarkan kondisi Eril yang masih utuh sebagai sebuah mukjizat.

SELENGKAPNYA

Jasad Eril Ditemukan 

Jenazah Eril rencananya akan dikebumikan pada Senin (13/6).

SELENGKAPNYA

Tokoh dan Warga Sampaikan Duka untuk Eril

Keluarga dianjurkan memperbanyak kisah-kisah baik yang pernah dilakukan Eril.

SELENGKAPNYA
×