Tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 melakukan penyuluhan kesehatan di Madinah, Rabu (7/6). | Ali Yusuf/Republika

Jurnal Haji

Minta Kartu Nama Hotel Antisipasi Tersesat

Jamaah jangan menyimpan sandal di rak-rak penyimpanan di masjid.

Oleh Tips Haji

MADINAH -- Kehilangan sandal dan tersesat menjadi masalah klasik yang terjadi pada jamaah calon haji (calhaj) Indonesia. Koordinator Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan dr Erwinsyah memberikan kiat agar jamaah dapat kembali ke hotel meski terpisah dari rombongan.

Cara untuk mengatasinya, yaitu dengan meminta kartu nama hotel. Jamaah bisa pulang sendiri dengan menunjukkan kartu nama hotel ke petugas sektor bandara di pintu 21.

"Tunjukkan kartu nama hotel, nanti Tim Linjam (Perlindungan Jamaah) Indonesia nganterin ke hotel," kata dia. 

Sementara itu, untuk problem kehilangan sandal, dr Erwinsyah menyarankan jamaah jangan menyimpan sandal di rak-rak penyimpanan di masjid. Jamaah juga disarankan tidak menitipkan sandal ke rekan sesama jamaah.

"Sandal harus dibawa masing-masing. Untuk itu, selalu membawa kantong plastik," kata dia. 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Saudi Mulai Batasi Kunjungan ke Raudhah

Jokowi berharap kuota haji ditingkatkan seiring membaiknya pandemi.

SELENGKAPNYA

Diorama Kehidupan di Multazam

Di Multazam, semua perjalanan dua tahun itu tersusun bak diorama yang menghantarkan saya ke Tanah Suci.

SELENGKAPNYA