Tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 melakukan penyuluhan kesehatan di Madinah, Rabu (7/6). | Ali Yusuf/Republika

Jurnal Haji

Aplikasi TeleJemaah Bantu Pertolongan Kesehatan Jamaah

Memperkenalkan TeleJemaah menjadi bagian pekerjaan petugas kesehatan haji.

ALI YUSUF, dari Madinah

MADINAH -- Sebanyak 10 ribu lebih jamaah telah menggunakan TeleJemaah untuk memantau kesehatannya. TeleJemaah merupakan inovasi dari Pusat Kesehatan Haji (Puskeshaj) Kementerian Kesehatan untuk memberikan pelayanan pembinaan dan perlindungan kepada jamaah haji.

"Sudah kami cek di Playstore, sudah ada 10 ribu lebih jamaah menggunakan TeleJemaah," kata Koordinator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) Daerah Kerja (Daker) Madinah, Arif Budiarto, kepada Republika, Rabu (8/6).

Pada tahun ini, Puskeshaj membuat sistem informasi dalam bentuk aplikasi TeleJemaah. Aplikasi yang bisa diunduh di Playstore secara gratis ini dapat memantau aktivitas kesehatan jamaah mulai dari Indonesia sampai ke Arab Saudi. 

Arif megatakan, memperkenalkan TeleJemaah menjadi bagian pekerjaan petugas kesehatan haji sebagai pelayan, pembina, dan pelindung jamaah sesuai amanah undang-undang. "Banyak sakali manfaat yang akan diterima jamaah jika mau meng-install TeleJemaah," kata Arif.

photo
Tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 melakukan penyuluhan kesehatan di Madinah, Rabu (7/6). - (Ali Yusuf/Republika)

Salah satu di antara manfaat yang dimaksud adalah ketika jamaah mengalami sakit dan membutuhkan segera pertolongan petugas kesehatan. Jamaah tinggal menekan menu petir di aplikasi TeleJemaah.

"Dengan menekan gambar petir di menu TeleJemaah, petugas akan segera datang membantu," ujarnya.

Ada 12 item di dalam menu TeleJemaah yang bisa digunakan jamaah jika memerlukan bantuan petugas kesehatan. Ke-12 item itu di antaranya input data kesehatan dengan simbol hati. Item ini untuk mendeteksi dini kesehatan jamaah.

Terdapat pula informasi vaksinasi dengan simbol jarum suntik. Lewat fitur ini, dapat diketahui berapa kali jamaah divaksinasi. Tidak ketinggalan informasi obat yang dibawa, yang diwakili dengan simbol obat kapsul dan tablet.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Energi Bersih Kepentingan Bersama Australia dan Indonesia

Wawancara khusus dengan Menteri Industri dan Sains Australia Ed Husic

SELENGKAPNYA

Saudi Mulai Batasi Kunjungan ke Raudhah

Jokowi berharap kuota haji ditingkatkan seiring membaiknya pandemi.

SELENGKAPNYA

Indonesia Kecam Politisi India Penghina Nabi

Negara-negara Muslim protes terhadap penghinaan oleh juru bicara Partai BJP.

SELENGKAPNYA