Warga melakukan shalat ghaib untuk putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril usai shalat Jumat di Masjid Raya Bandung, Alun-alun Kota Bandung, Jumat (3/6/2022). | Edi Yusuf/Republika

Nasional

Ridwan Kamil Kembali Bekerja Senin Besok

Selama dua hari ke depan, keluarga meminta pengertian dari masyarakat umum, juga media agar memberikan waktu kepada Ridwan Kamil.

BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan kembali bekerja pada Senin (6/6). Izin kerja Emil, sapaan akrab Ridwan, dalam rangka mencari putranya Emmeril Kahn Mummtadz atau Eril habis pada hari ini, Sabtu (4/6).

"Beliau (Gubernur) akan beraktivitas dalam pekerjaan mulai hari Senin seperti biasa," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar selaku Juru Bicara dari Pemprov Jabar, Wahyu Mijaya, Jumat (3/6).

Rombongan keluarga Gubernur tiba di Tanah Air, kemarin (3/6). Setelah itu Ridwan Kamil dan istri akan memulai aktivitas dengan pengajian keluarga pada akhir pekan ini. "Insyaallah, Pak Gubernur dan keluarga segera tiba di Bandung untuk kemudian Sabtu dan Ahad akan ada pengajian keluarga," katanya.

Selama dua hari ke depan, Wahyu meminta pengertian dari masyarakat umum, juga media agar memberikan waktu kepada Ridwan Kamil. "Kami mohon pengertian, insyaallah pada waktunya akan ada pernyataan langsung yang disampaikan oleh Pak Gubernur," papar Wahyu.

Selama Gubernur berada di Swiss, roda pemerintahan tetap berjalan dipimpin oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Ia didapuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur sampai hari ini.

Kepulangan Emil juga karena keluarga telah meyakini Eril telah meninggal. Kakak kandung Emil, Erwin Muniruzaman, mengatakan keluarga telah menyimak dan mengevaluasi proses pencarian Eril yang hilang sejak Kamis (26/5) di Sungai Aare, Bern, Swiss.

"Innalillahi wa innailahi rajiun, kulu nafsin daikotul maut/, setiap mahluk yang hidup akan mengalami kematian," ujar Erwin. "Kami berprasangka baik insyaallah husnul khatimah dan syahid akherat orang meninggal dengan kriteria tertentu."

Erwin mengatakan, baik Emil maupun istrinya Atalia Praratya menyampaikan ikhlas Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah karena tenggelam. Keluarga, langsung berkonsultasi ke MUI Jabar untuk meminta nasehat. Apalagi pemerintah Swiss juga sudah melakukan pencarian spesifik yakni mencari jenazah.

Selaku keluarga, Erwin meminta maaf atas nama almarhum sekiranya ada kekhilafan yang dilakukan oleh almarhum. Menurut Erwin, pihaknya sekeluarga sangat mencintai Eril. Ia sendiri, melihat Eril anak yang soleh. Tapi, katanya, Allah SWT lebih mencintai almarhum Eril.

Atas anjuran Majelis Ulama Indonesia, sejumlah masjid di Jawa Barat menggelar shalat ghaib untuk Eril. Di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dan jamaah melakukan shalat ghaib untuk Eril di Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta usai shalat Jumat.

"Kami di DKI Jakarta merasakan duka yang amat dalam. Dukanya Kang Emil dan keluarga adalah duka masyarakat Jawa Barat, adalah juga duka masyarakat Jakarta dan juga duka Indonesia," kata Anies.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Lagi-Lagi, Dana Haji

Harus ada keberanian mengkaji ulang pola pengelolaan dana haji, khususnya pola subsidi.

SELENGKAPNYA

Normalisasi Fiskal

Normalisasi kebijakan moneter yang sudah diinisiasi BI tampaknya mulai menular ke ranah fiskal.

SELENGKAPNYA

Ril, Mamah Pulang Dulu ke Indonesia Ya

Meski Eril belum ditemukan, Ridwan Kamil dan keluarga pulang ke Indonesia.

SELENGKAPNYA