Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis ganda putra Thailand Chaloempon Charoenkitamorn dan Nanthakarn Yordphaisong dalam pertandingan babak penyisihan grup | ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Olahraga

31 May 2022, 09:46 WIB

Pemain Bulu Tangkis Indonesia Berjaya di Kejuaraan Dunia

Pada bulu tangkis tunggal putra SL4, Indonesia memastikan gelar juara melalui Fredy Setiawan.

DUBAI -- Prestasi luar biasa ditorehkan oleh tim para-bulu tangkis Indonesia dalam kejuaraan Fazza Dubai Para Badminton International ke-4 2022. Dalam rangkaian pertandingan final yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, Ahad (29/5), para-bulu tangkis Indonesia sukses meraih enam gelar juara.

Keenam gelar tersebut berasal dari tiga nomor di kategori tunggal serta tambahan tiga juara lainnya dari kategori ganda. Pada tunggal putra SL4, Indonesia memastikan gelar juara melalui Fredy Setiawan. Dalam partai final, Fredy harus melewati permainan tiga gim untuk mengalahkan wakil India, Tarun, dengan skor 21-11, 9-21, dan 23-21.

Keberhasilan Fredy juga diikuti nomor tunggal putri SL4 melalui Khalimatus Sa'diyah yang berhasil menumbangkan Haruka Fujino dari Jepang dua gim langsung 21-13 dan 21-18.

Indonesia menambah satu gelar juara di nomor tunggal putri SH6 atas nama Rina Marlina. Rina tampil konsisten saat berhadapan dengan tunggal putri India, Nithya Sivan. Hasilnya, Rina juga menang dua gim langsung, 21-13 dan 21-10.

Tambahan tiga gelar bagi kontingen Merah Putih dipersembahkan oleh kategori ganda putra. Pasangan SL3-SL4 Fredy/Dwiyoko keluar sebagai pemenang setelah di partai puncak mengalahkan rekan senegaranya, Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi, dengan skor 21-18 dan 21-16.

Fredy dan Khalimatus Sa'diyah menambah koleksi gelar juara mereka setelah keduanya menjadi yang terbaik pada ganda campuran SL3-SU5. Fredy/Khalimatus harus melewati pertandingan melelahkan sebanyak tiga gim untuk menumbangkan pasangan Jepang, Taiyo Imai/Noriko Itoms, dengan skor 21-11, 8-21, dan 21-17.

Prestasi ini merupakan gelar juara ketiga bagi Fredy, sedangkan titel kedua bagi Khalimatus di ajang Fazza Dubai Para Badminton International keempat tahun ini.

Gelar keenam bagi para-bulu tangkis Indonesia disumbangkan oleh ganda campuran SH6, Subhan/Rina Marlina, yang berhasil mengalahkan pasangan Thailand, Natthapong Meechai/Chai Saeyang, 21-19 dan 22-20. "Saya bersyukur bisa merebut dua gelar juara di turnamen di Dubai ini. Tentu sangat bangga dan senang karena selama pandemi Covid-19 kami belum mengikuti turnamen internasional," kata Khalimatus, Senin (30/5). 

Fredy mencetak hat-trick emas di tunggal putra SL4, ganda putra SL3-SL4 bersama Dwiyoko, dan ganda campuran SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah. “Kesuksesan saya adalah karena saya percaya pada kemampuan saya. Ketika saya down, saya hanya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya bisa melakukan ini dan terus maju untuk satu poin pada satu waktu,” kata Fredy.

Keberhasilan merebut enam medali emas di single event Fazza Dubai Para Badminton International kempat 2022 direspons positif oleh pelatih Jarot Hernowo. "Untuk pencapaian enam medali emas ini sudah sesuai target yang ditetapkan. Dalam turnamen kali ini, selain kami membawa pemain yang sudah memiliki jam terbang internasional, kami juga membawa beberapa pemain muda yang minim ajang internasional," ucap Jarot.

Selain merebut enam mahkota juara, para-bulu tangkis Indonesia juga mampu menjadi runner-up sekaligus merebut tiga medali perak dari nomor tunggal putra SH6 atas nama Subhan, ganda putra SL3-SL4 Ukun Rukaendi/Hikmat Ramdani, dan ganda putra SU5 Suryo Nugroho/Oddie Kurnia.

Tambahan tiga medali perunggu atau posisi ketiga juga diraih oleh tunggal putra SU5 Suryo nugroho, tunggal putra SU5 Oddie Kurnia dan dari ganda campuran SH6 Subhan/McVeigh.


Diplomasi Durian Ala PM Malaysia Ismail Sabri

Kewartawanan yang amanah dan bertanggung jawab merupakan aset penting dalam pembangunan negara dan bangsa.

SELENGKAPNYA

Menlu Rusia Tepis Rumor Kesehatan Putin

Kabar sakitnya Putin muncul di tengah upaya Rusia melancarkan serangan ke Ukraina.

SELENGKAPNYA

PKS Diprediksi Usung Anies

Anies sudah melemparkan kode siap dipinang saat menghadiri Milad ke-20 PKS.

SELENGKAPNYA
×