Suasana pembangunan gedung bertingkat di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta, Sabtu (1/1/2022). Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan pemulihan ekonomi usai Tahun Baru 2022 diperkirakan berlanjut seiring dengan membaiknya konsumsi masyarakat d | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Ekonomi

Geliat Kredit Bank BUMN

Segmen wholesale yang menjadi kompetensi inti Bank Mandiri mencapai Rp 549,8 triliun.

OLEH NOVITA INTAN

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mencatatkan kinerja moncer pada kuartal I 2022. Kredit yang disalurkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dapat dikatakan menggeliat pada kuartal I tahun ini.

Secara konsolidasi, BRI memimpin dengan penyaluran kredit tertinggi pada kuartal I 2022. Bank pelat merah tersebut menyalurkan kredit sebesar Rp 1.075,93 triliun pada kuartal I 2022, naik 7,43 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

“Capaian itu tak terlepas dari geliat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai core business BRI yang semakin aktif,” kata Direktur Utama BRI Sunarso dikutip dari laporan keuangan BRI, Kamis (26/5).

Rasio kredit macet atau nonperforming loan (NPL) BRI berada pada level 3,09 persen. Menurut Sunarso, kualitas kredit membaik karena restrukturisasi kredit terdampak pandemi Covid-19 menurun secara gradual. “Restrukturisasi kredit BRI pada Maret sebesar Rp 144,27 triliun,” ujar Sunarso.

Setelah BRI, Bank Mandiri menjadi anggota Himbara kedua yang unggul dalam urusan menyalurkan kredit. Emiten pelat merah berkode saham BMRI itu menyalurkan kredit sebesar Rp 1.072,9 triliun pada kuartal I 2022, atau tumbuh 8,93 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Peningkatan kredit merata semua segmen,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Darmawan menyebutkan, segmen wholesale yang menjadi kompetensi inti Bank Mandiri mencapai Rp 549,8 triliun atau tumbuh tujuh persen secara tahunan. Selain itu, kredit ritel mampu menorehkan capaian positif sebesar Rp 292,5 triliun atau naik dua digit 10,37 persen secara tahunan.

BNI menjadi anggota Himbara ketiga terunggul dalam urusan menyalurkan kredit pada kuartal I 2022. BNI tercatat menyalurkan kredit senilai Rp 591,68 triliun pada kuartal I 2022 atau naik 5,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, kredit segmen business banking masih menjadi motor akselerasi bisnis kredit BNI. Pertumbuhan ini terutama pembiayaan ke segmen korporasi swasta tumbuh 9,9 persen secara tahunan menjadi Rp 193,2 triliun. 

“BNI akan terus meningkatkan kinerja kredit dengan rentang pertumbuhan tujuh persen hingga 10 persen pada tahun ini,” kata Royke.


Sementara itu, BTN menjadi anggota Himbara yang paling moderat dalam menyalurkan kredit pada kuartal I 2022. Emiten berkode saham BBTN itu menyalurkan kredit sebesar Rp 277,13 triliun pada kuartal I 2022 atau naik 6,04 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, keberhasilan pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional telah berdampak positif terhadap penyaluran kredit termasuk ke sektor perumahan. “Penyaluran kredit perumahan masih mendominasi total kredit perseroan pada kuartal I 2022. Kredit perumahan yang disalurkan BTN hingga akhir Maret 2022 sebesar Rp 248,57 triliun,” kata Haru.

Haru menyebutkan, dari jumlah tersebut KPR Subsidi pada kuartal I 2022 masih mendominasi dengan nilai sebesar Rp 134,04 triliun tumbuh 9,01 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 122,96 triliun. Sedangkan, KPR Nonsubsidi tumbuh 5,16 persen menjadi Rp 84,28 triliun pada kuartal I 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 80,14 triliun.

“Segmen milenial menjadi salah satu pendorong laju pertumbuhan kredit BTN.  Pada kuartal I 2022 ini, dari total pencairan kredit perumahan sebesar Rp 8,3 triliun. Sebesar 90,19 persen atau senilai Rp 7,5 triliun penyaluran KPR mengalir ke milenial,” kata Haru.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mesut Oezil, Muhammad Ali-nya Sepak Bola Era Kini

Mesut Oezil membuat cicitan pada 27 April 2022, berdoa pada malam Lailatul Qadar untuk keselamatan saudara Muslim di India.

SELENGKAPNYA

Rafael Nadal Berharap Tuah Rolland Garros

Performa Rafael Nadal menanjak ketika mencatatkan rekor juara Grand Slam ke-21 saat menjadi yang terbaik di Australia Terbuka.

SELENGKAPNYA

Amplop Pernikahan Milik Siapa?

Amplop yang diterima dari para tamu undangan pernikahan menjadi milik siapa?

SELENGKAPNYA