Sejumlah pemudik berbuka puasa sambil beristirahat di KM 102 ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Padatnya sejumlah rest area di sepanjang jalan tol Trans Jawa membuat pemudik memanfaatkan bahu jalan untuk berbuka puasa dan is | Prayogi/Republika.

Nusantara

25 May 2022, 03:45 WIB

Menhub Bangun 10 Rest Area di Tol Jakarta-Semarang

Pembangunan 10 titik rest area dengan mempertimbangkan masih banyak lahan kosong.

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pemerintah ingin membangun 10 rest area di jalan tol Jakarta-Semarang. Menurut dia, sarana rest area ini diperlukan agar masyarakat semakin nyaman saat perjalanan mudik.

Dalam rapat terbatas (ratas) evaluasi mudik lebaran di Kantor Presiden siang ini, menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyoroti masalah ini. “Secara detail, kita akan meminta pada developer untuk menyediakan paling tidak 10 rest area dengan satu kualifikasi kuantitas dan kualitas yang lebih baik dari sekarang,” kata Budi dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/5).

Budi menjelaskan, pemerintah akan menyiapkan lahan seluas 100 hektare untuk pembangunan 10 rest area tersebut. Nantinya, pemerintah juga akan memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk membangun rest area di jalan tol rute Jakarta-Semarang.

“Fungsi-fungsi dari 10 rest area tersebut memang untuk jangka pendek tidak memberikan return. Oleh karenanya, kami usulkan kepada pak Menteri PU agar itu menjadi land bank. Kalau developer tidak mau, kita bisa berikan kepada swasta untuk investasi ke situ,” ujar dia.

photo
Sejumlah pemudik berbuka puasa sambil beristirahat di KM 102 ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Padatnya sejumlah rest area di sepanjang jalan tol Trans Jawa membuat pemudik memanfaatkan bahu jalan untuk berbuka puasa dan istirahat sejenak.Prayogi/Republika - (Prayogi/Republika.)

Budi menjelaskan, pembangunan 10 titik rest area dari Jakarta hingga Semarang tersebut dengan mempertimbangkan masih banyaknya lahan yang kosong. Menurutnya, lahan-lahan di sepanjang rute tersebut tak bermasalah.

“Kalau itu dilakukan pembebasan pasti memberikan keuntungan bagi developer itu nanti akan menjadi satu properti yang menguntungkan secara integrated terhadap jalan tol,” kata dia.

Selain itu, Budi juga memaparkan, angka kecelakaan pada penyelenggaraan mudik pada tahun ini mengalami penurunan hingga 40 persen. Selain itu, angka meninggal dunia selama mudik pun juga turun hingga 72 persen.

Menurut Budi, penurunan angka kecelakaan ini disebabkan karena menurunnya jumlah pengguna motor yang sangat drastis serta menurunnya penggunaan angkutan wisata. “Seperti kita ketahui bahwa bus angkutan wisata adalah bus bekas AKAP yang digunakan secara individual dan itu kadang-kadang tidak terlacak apakah supirnya bener bisnya bener itu tidak terlacak,” kata dia.

Pembangunan jalur kereta

PT Hutama Karya (Persero) mendapatkan kontrak kerja sama operasi (KSO) senilai Rp 172 miliar. Proyek KSO tersebut merupakan pembangunan jalur kereta api (KA) lintas Medan-Binjai seiring meningkatnya kebutuhan transportasi umum di Sumatra Utara setelah sebelumnya berhasil merampungkan beberapa proyek sistem transportasi rel angkutan cepat.

“Proyek pembangunan jalur lintas KA yang menghubungkan antara Kota Medan dan Binjau bertujuan untuk mempercepat waktu tempuh,” kata Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra, Selasa.

Dia menjelaskan proyek jalur KA tersebut juga untuk memperlancar persilangan kereta api dari Medan Ke Binjai. Selain itu juga dapat mengurangi penumpukan di beberapa stasiun. Saat ini kereta api sudah menjadi primadona untuk angkutan orang dan barang.

Novias mengatakan pembangunan jalur lintas KA Medan-Binjai dilakukan dari kilometer 1 + 745 hingga kilometer 2 + 300 (P9 – P23). Sementara lingkup pekerjaan yang digarap oleh Hutama Karya bersama KSO dalam proyek tersebut meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan pendukung teknis, pekerjaan pier, dan pemasangan track.

“Proyek ini membutuhkan waktu pengerjaan selama 900 hari dimana pelaksanaan pembangunan tersebut sudah berjalan sejak 9 Mei lalu,” kata Novias.  ';

Tiga Besar Tercapai

Peringkat tiga besar SEA Games dicapai dengan kontingen yang lebih ramping.

SELENGKAPNYA

Saudi Larang Warganya ke Indonesia

Larangan itu diklaim berkaitan dengan peningkatan jumlah penularan Covid-19.

SELENGKAPNYA

Kini, Pabrik Gandum di Gaza Hadapi Krisis

Panen tahunan hampir tak memenuhi permintaan di Gaza dengan populasi 2,3 juta orang.

SELENGKAPNYA
×