Warga menyaksikan mobil truk yang mengalami kecelakaan di jalan jalur pantura Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (14/3/2022). Kecelakaan truk bernopol B 9010 NEN pengangkut buah yang menabrak mobil pribadi bernopol B 2760 UFJ tersebut dis | ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Bodetabek

Kecelakaan di Jalan Raya Serpong, Satu Orang Tewas

Semua pihak harus mengantisipasi kecelakaan.

TANGERANG SELATAN — Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Serpong, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (11/5). Satu orang pengendara mobil tewas dalam insiden tersebut. 

Kanit Laka Lantas Polres Tangsel Iptu Nanda Setya Pratama mengatakan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Kendaraan yang terlibat, yakni satu unit Daihatsu Taft dan satu unit Toyota Innova. 

Nanda menjelaskan, insiden itu bermula saat kendaraan Daihatsu Taft yang dikemudikan oleh EW melaju dari arah bundaran Alam Sutera menuju kawasan BSD Serpong melalui Jalan Raya Serpong. Tepatnya di sekitar Perumahan Melati Mas, kecelakaan pun terjadi. 

"Di dekat Perumahan Melati Mas diduga EW tidak berhati-hati dalam berkendara sehingga hilang kendali dan menaiki trotoar tengah serta menabrak kendaraan Toyota Innova yang dikemudikan oleh MR yang melaju dari arah berlawanan," kata Nanda.

Kecelakaan itu menyebabkan EW tewas di tempat kejadian perkara (TKP). Korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk menjalani visum. Nanda menyebut masih menunggu hasil visum untuk memastikan penyebab kematiannya. "Akibat dari kecelakaan tersebut pengemudi kendaraan Daihatsu Taft mengalami luka di kepala dan meninggal di TKP. Dugaan sementara (penyebab kematian) karena benturan di kepala," ujarnya. 

Perbaikan jalan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) berjanji akan memperbaiki jalan Letnan Sukarna, Ciampea, pada Juni 2022, mengingat kondisinya rusak parah. "Akan dilaksanakan kegiatannya paling cepat pada pertengahan bulan Juni 2022," ungkap Pelaksana (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Bogor, Rabu.

Pekerjaan peningkatan kualitas jalan berupa betonisasi itu dilakukan dengan panjang 2,3 kilometer tepatnya di ruas jalan Warung Borong - Rancabungur, menggunakan anggaran daerah tahun 2022 senilai Rp 7,9 miliar. Iwan meminta masyarakat bersabar karena saat ini proyeknya masih dalam tahap lelang di Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULPBJ). Proses lelang berlangsung sejak 11 April 2022, dan akan ditutup dengan penandatanganan kontrak perusahaan pemenang lelang pada 12 Mei 2022.

Dengan perbaikan jalan tersebut, Iwan berharap dapat meningkatkan mobilitas masyarakat sekitar. Sebab, ruas Jalan Warung Borong - Rancabungur ini digunakan masyarakat sebagai akses utama ke Pasar Ciampea.

"Selain itu masyarakat juga menjadikan jalan ini sebagai jalan alternatif menghindari kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Nasional," tuturnya.

Sebelumnya, Warga Kabupaten Bogor yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Menggugat (AMM) menggelar aksi teatrikal memancing ikan hingga menanam pohon di jalan Letnan Sukarna, Ciampea, Selasa (10/5).

"Kami mendesak kepada pemerintah Kabupaten Bogor agar segera memperbaiki jalan Letnan Sukarna yang rusak," ungkap Kordinator Lapangan AMM, Kemas Friman usai aksi teatrikal, Selasa.

Menurutnya, aksi itu merupakan bentuk protes warga lantaran kesal jalan sepanjang 600 meter dibiarkan rusak bertahun-tahun. Kondisi tersebut dinilai mengganggu aktivitas masyarakat yang lalu-lalang, bahkan kerap menimbulkan kecelakaan.Aksi teatrikal yang dilakukan di beberapa lubang jalan dengan genangan air itu berlangsung dengan pengawalan dari jajaran Kepolisian, TNI, dan Satpol PP.(KR-MFS)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat