Pemain Timnas Sepakbola Indonesia Saddil Ramdani dikejar pemain Vietnam dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Olahraga

Menpora Yakin Atlet Indonesia Berprestasi di SEA Games

Pada SEA Games ke-31 ini, Indonesia menggunakan paradigma baru sesuai dengan arahan Presiden.

JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yakin atlet-atlet Indonesia yang dikirim ke SEA Games XXXI/2022 Vietnam mampu mencetak prestasi di ajang multicabang terbesar di Asia Tenggara.

Menpora menyampaikan hal itu di Hall Basket Senayan, Jakarta, saat mengukuhkan sekaligus melepas kontingen Indonesia yang akan berangkat ke SEA Games, Ahad (8/5). SEA Games akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022.

Menpora mengatakan, pada SEA Games ke-31 ini, Indonesia menggunakan paradigma baru sesuai dengan arahan Presiden. Kemenpora meminta Komite Olimpiade Indonesia (KOI)/NOC Indonesia melakukan review total ekosistem pembinaan olahraga nasional. Arahan tersebut langsung diwujudkan dengan undang-undang keolahragaan tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Ini kemudian berdampak dalam pengiriman atlet ke ajang multicabang terdekat. Ia mengatakan, jumlah atlet dan ofisial pendamping yang berangkat kali ini jauh berkurang jika dibandingkan dengan edisi SEA Games sebelumnya.

"Kami yakin atlet yang berangkat kali ini mampu mencetak prestasi. Atlet (sebelum diputuskan berangkat) sudah punya ukuran yang sudah di-review oleh Tim Review," kata Menpora yang mengaku yakin parameter yang digunakan Tim Review bisa dipertanggungjawabkan.

photo
Menpora Zainudin Amali (kanan) menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Ferry Kono Untuk SEA Games 2021 saat pelepasan kontingen Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022). Sebanyak 499 atlet dari 32 cabang olahraga diberangkatkan untuk bertanding pada SEA Games 2021 di Vietnam. - (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menpora Amali menjelaskan, Kemenpora memulai dengan pembinaan untuk mewujudkan target utama di Olimpiade. Paradigma baru ini kemudian mulai diterapkan pada SEA Games kali ini. "Semua sudah ada ukurannya, jadi kami benar-benar minat maaf jika ada cabor yang tidak berangkat," ujar Menpora Amali.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam, Ferry Kono, mengungkapkan, sebanyak 499 atlet Indonesia dikirim ke negara Paman Ho. Jumlah itu terdiri atas 313 atlet putra dan 186 atlet putri. Jadwal keberangkatan mereka bertahap, dimulai pada 3 Mei.

"Sisanya 24 cabang olahraga akan menyusul secara bertahap. Sedangkan, saat acara pembukaan akan ada 30 atlet dan ofisial dipimpin CdM untuk melakukan defile di opening ceremony pada 12 Mei 2022," kata Ferry Kono yang juga menjabat Sekjen KOI.

Salah satu atlet yang baru ikut SEA Games, pebasket naturalisasi Marques Bolden, mengaku siap memberikan yang terbaik bagi Indonesia. "Saya akan mewakili Indonesia di ajang ini dan akan melakukan sebaik mungkin untuk bisa meraih target. Saya mau medali emas dan kami ingin menaikkan level bola basket Indonesia," kata Bolden.

Ia mengatakan, chemistry antarpemain di timnas basket putra sejauh ini sudah sangat baik. Ia pun mengaku sangat siap untuk tampil. Timnas basket putra ditargetkan lolos ke final.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Arus Balik di Kampung Rambutan tak Terpengaruh WFH

Terminal Kampung Rambutan menjadi salah satu titik arus balik terbesar.

SELENGKAPNYA

Kemeriahan Banten International Stadium dan Taman Tematik

Banten International Stadium dan Taman Tematik menjadi destinasi banyak wisatawan.

SELENGKAPNYA

Ambulans Bawa Wisatawan Salah Gunakan Fasilitas Publik

Ambulans yang mengangkut wisatawan tersebut juga menerobos rekayasa lalu lintas satu arah.

SELENGKAPNYA