Banten International Stadium | Youtube

Bodetabek

Kemeriahan Banten International Stadium dan Taman Tematik

Banten International Stadium dan Taman Tematik menjadi destinasi banyak wisatawan.

OLEH EVA RIANTI

Pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pemerintah Provinsi Banten ikut memeriahkan peresmian Banten International Stadium (BIS). Sedikitnya 40 UMKM binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 15 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten andil dalam kemeriahan peresmian BIS tersebut.

"Kita menyiapkan 15 stan untuk UMKM binaan sesuai kapasitas tempatnya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Agus Mintono di area bazar UMKM dalam rangka peresmian Banten International Stadium Jalan Raya Pandeglang KM 6, Kelurahan Kemanisan, Curug, Kota Serang. "UMKM binaan Pemprov Banten sekitar 40 yang terlibat," kata Agus Mintono.

UMKM binaan yang ikut bazar menampilkan produk khas Banten, mulai dari kuliner, batik, serta kerajinan lainnya."Hadirnya Banten International Stadium menjadi pendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Nantinya setiap menyelenggarakan acara diusahakan ada stan untuk UMKM," kata Agus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Banten International Stadium (stadion.banten)

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Retni Marliani mengaku bangga dilibatkan para pelaku UMKM dalam rangkaian peresmian Banten International Stadium.

"Kalau stannya gratis disediakan oleh dinas, tentu senang dan bangga, karena ini bentuk cinta dan pemberdayaan dari pemerintah kepada UMKM yang ada di sekitar Banten," kata pemilik Dapur Jawara Olahan Ikan tersebut.

Ia berharap dengan hadirnya BIS dapat menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Banten. "Saya bangga dengan adanya peresmian stadion yang berskala internasional, dan saya berharap stadion ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Banten," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Banten International Stadium (stadion.banten)

 

Ribuan wisatawan mengunjungi Taman Tematik

Sementara itu, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Pertamanan Kota Tangerang, Banten, mencatat ribuan warga memadati lima taman tematik selama libur Lebaran. Taman tematik yang paling banyak dikunjungi adalah Taman Potret dan Taman Gajah. 

Kepala Bidang Pertamanan Kota Tangerang, Indri, Ahad (8/5), mengatakan, selama periode 2—6 Mei 2022, tercatat ada 4.471 orang yang mengunjungi lima taman tematik. Angka itu berdasarkan data petugas melalui scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

Dia menjelaskan, Taman Gajah berada di urutan pertama yang paling banyak dikunjungi dengan total 2.530 orang. Kemudian Taman Potret dengan 716 pengunjung, Hutan Kota dengan 575 pengunjung. Selanjutnya Taman Ekspresi dan Kunang-Kunang dengan 433 pengunjung, serta Taman Pisang dan Ecofarm dengan 217 pengunjung.

Ia mengatakan, taman tematik dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Pengunjung yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan, termasuk melakukan scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi. "Penerapan wajib kita lakukan. Petugas akan melakukan pengawasan lapangan secara langsung. Ini demi keamanan dan kesehatan bersama," ujarnya.

Ia menambahkan, taman tematik saat hari Lebaran pertama sudah dibuka sejak siang hari pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Dari lima taman tematik yang dibuka, ada 282 pengunjung yang datang berkunjung. "Pembukaan taman tematik untuk publik tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Maka itu sarana pendukung kita siapkan dahulu, termasuk kesigapan petugas dalam pengawasan," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Banjir Wisatawan di Musim Lebaran

Peningkatan angka wisatawan mendongkrak PAD dan ekonomi daerah.

SELENGKAPNYA

Meski Lewati Puncak Arus Balik, Penumpang KAI Membeludak

KAI mengimbau para penumpang menjaga barang bawaan.

SELENGKAPNYA

Seleksi Imam Masjid UEA Masih Dibuka

Para imam masjid itu juga diharapkan menjadi duta Indonesia selama berada di UEA.

SELENGKAPNYA