Sejumlah warga mengantre untuk melaksanakan vaksin booster di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Ahad (17/4/2022). Terminal Kampung Rambutan menyediakan posko vaksinasi booster yang diperuntukan bagi pengemudi bus dan pemudik yang akan pulang ke kampung | Republika/Putra M. Akbar

Jakarta

Arus Balik di Kampung Rambutan tak Terpengaruh WFH

Terminal Kampung Rambutan menjadi salah satu titik arus balik terbesar.

JAKARTA — Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni menilai, kebijakan kerja dari rumah (working from home/WFH) bagi ASN serta perpanjangan libur sekolah tidak akan banyak memengaruhi tren arus balik di terminal bus tersebut.

"Kami belum tahu berapa pengaruhnya karena penumpang pun sudah berangsur-angsur kembali ke Ibu Kota dari kampung halamannya," kata Yulza, Ahad (8/5).

Yulza menuturkan, sebanyak 8.807 pemudik tercatat kembali ke Jakarta lewat Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dengan 473 bus, pada H+4 Lebaran 2022 atau Sabtu (7/5). Angka tersebut merupakan jumlah arus balik tertinggi pada masa Lebaran 2022.

"Kemungkinan besar kemarin itu puncaknya (arus balik), per 7 Mei (H+4) sekitar 8.000 penumpang. Artinya, kemarin mungkin puncak arus baliknya di Terminal Bus Kampung Rambutan," katanya.

Yulza menuturkan, tren penumpang balik ke Jakarta memang terus meningkat sejak H+1 Lebaran atau Rabu (4/5). Di mana kala itu ada 3.862 penumpang yang tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan dengan menggunakan 326 bus. Selanjutnya, pada H+2 atau Kamis (5/5), ada 5.272 penumpang tiba dengan 368 bus. Kemudian pada H+3 atau Jumat (6/5) ada 7.619 penumpang tiba dengan 419 bus. Hingga Sabtu (7/5) atau H+4, ada 8.807 penumpang tiba dengan 473 bus.

Adapun kedatangan penumpang didominasi dari arah timur mulai dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mendukung usul Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo, agar aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta menjalankan WFH untuk mencegah kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Angka arus balik tertinggi

Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan, Jakarta TimurMulyono menyatakan jumlah penumpang tertinggi arus balik di terminal tersebut pada H+5 Lebaran 2022, atau pada Ahad (8/5), dengan 9.037 orang menggunakan 487 bus.

"Jadi menurut pantauan kami, arus balik di Terminal Kampung Rambutan dari H+1 hingga saat ini, jumlah penumpang yang tertinggi adalah Minggu, 8 Mei 2022, yaitu jumlah bus 487 kendaraan dengan penumpang 9.037 orang," katanyadi Jakarta, Senin.

Meski mencatat jumlah tertinggi penumpang arus balik pada H+5 Lebaran 2022, ia belum dapat menyimpulkan bahwa hari itu merupakan puncak arus balik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan. "Kita belum bisa menyimpulkan kemarin adalah puncak arus balik karena masih kita lihat secara riildi lapangan masih berlangsung arus balik," katanya.

photo
Pemudik membawa barang setibanya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). - (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Kesimpulan sementara itu juga didasarkan pada kebijakan pemerintah untuk memperpanjang libur sekolah dan kebijakan kerja dari rumah (working from home/WFH) bagi ASN sehingga memungkinkan para pemudik untuk berada di kampung halaman lebih lama lagi.

"Kemungkinan masih ada saudara-saudara kita yang masih ada di daerah. Kita perkirakan hingga seminggu atau 10 hari ke depan masih ada yang balik ke Jakarta," katanya.

Tren penumpang yang kembali ke Jakarta dari Terminal Kampung Rambutan terus meningkat sejak H+1 Lebaran 2022 atau pada Rabu (4/5), di mana jumlah penumpang yang tiba di terminal itu pada hari tersebut tercatat sebanyak 3.862 penumpang dengan menggunakan 326 bus. Selanjutnya, pada H+2 Lebaran 2022 atau pada Kamis (5/5), ada 5.272 penumpang yang tiba dengan 368 bus.

Kemudian pada H+3 atau Jumat (6/5) ada 7.619 penumpang yang datang dengan menggunakan 419 bus, pada Sabtu (7/5) atau H+4 sebanyak 8.807 penumpang dengan 473 bus dan 9.037 penumpang dengan 487 bus pada H+5 atau pada Ahad (8/5).

Adapun penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan sebagian besar datang dari sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera, demikian Mulyono.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Halal Bi Halal ASN

Hari pertama kerja usai libur Lebaran

SELENGKAPNYA

Banjir Wisatawan di Musim Lebaran

Peningkatan angka wisatawan mendongkrak PAD dan ekonomi daerah.

SELENGKAPNYA

Meski Lewati Puncak Arus Balik, Penumpang KAI Membeludak

KAI mengimbau para penumpang menjaga barang bawaan.

SELENGKAPNYA