Petugas mengecek kereta MRT Ratangga di Depo MRT Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). | ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Nasional

07 May 2022, 03:45 WIB

MRT Catat Rekor Jumlah Penumpang Terbanyak 2022

Cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta.

JAKARTA  -- Jumlah penumpang MRT Jakarta pada hari ketiga Lebaran tahun 2022, Rabu (4/5), mencapai 57.922 orang. Angka ini menunjukkan jumlah tertinggi sejak Januari 2022.

"Dibandingkan saat liburan lebaran tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebanyak 119 persen, yaitu 26.499 orang," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial dalam siaran persnya, Kamis (5/5).

Menurut dia, sebagai sistem perkeretaapian perkotaan pertama di Indonesia, MRT Jakarta tidak hanya menjadi alat transportasi. Dia mengaku, fungsi MRT Jakarta telah meluas sebagai ruang ketiga, yaitu sebagai tempat berinteraksinya masyarakat, termasuk sarana berwisata saat masa liburan tiba.

Seperti saat libur Lebaran, Rendi menuturkan, antusiasme warga meningkat untuk mendatangi stasiun dan menjajal perjalanan dengan Ratangga. Sejauh ini, stasiun yang paling banyak dikunjungi masyarakat ialah Stasiun Bundaran HI (Hotel Indonesia), Blok M BCA, Lebak Bulus Grab, dan Dukuh Atas BNI.

photo
Petugas melintas di deket kereta MRT Ratangga yang siap dioperasikan di Depo MRT Jakarta, Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dia mengeklaim, sejumlah revitalisasi yang telah dilakukan melalui kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berbagai pihak telah menarik perhatian masyakat. Tempat yang menarik perhatian warga tersebut di antaranya Sarinah, Terowongan Kendal, Taman Dukuh Atas, serta berbagai pusat perbelanjaan yang terintegrasi dengan jalur MRT Jakarta.

Rendi melanjutkan, objek wisata di Ibu Kota juga dapat dijangkau penumpang MRT dengan melanjutkan perjalanan menaiki bus pengumpan Transjakarta atau PPD. Tujuannya bisa ke Kota Tua, Jakarta International Stadium (JIS), Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Maju PIK, Ancol, serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pinisi.

Berdasarkan pengamatan di stasiun, menurut Rendi, cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta. Selain itu, terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta.

Kondisi tersebut pun, kata dia, menimbulkan kepadatan di beberapa stasiun karena pergerakan pengguna sedikit terhambat. Untuk itu, MRT Jakarta menempatkan petugas stasiun pada titik simpul kepadatan di stasiun untuk memberikan bantuan kepada pengguna dan membantu mengurai kepadatan.

photo
Penumpang menaiki rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (14/3/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

"Salah satu penumpang yang ditemui di Stasiun Bundaran HI menyatakan kegembiraannya bisa menggunakan layanan MRT Jakarta," ucap Rendi.

Jumlah pengguna bus wisata Transjakarta juga mengalami lonjakan pada masa libur Lebaran tahun ini. Selama libur Lebaran 2022, bus wisata PT Transjakarta beroperasi selama sepekan, mulai 3 hingga 11 Mei 2022.

"Transjakarta menyediakan dua rute bus wisata, yakni Jakarta Modern (BW2) dengan rute Juanda Istiqlal (PP), dan Pencakar Langit (BW4) dengan rute IRTI Monas (PP)," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta, Iwan Samariansyah melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (6/5).

Iwan mengungkapkan, sejak dioperasikan pada Selasa (3/5) lalu, antusias masyarakat untuk menggunakan layanan bus wisata tersebut sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah penumpang yang terus mengalami kenaikan.

"Pada hari pertama beroperasi saja tercatat sebanyak 4.669 pelanggan yang menjajal bus wisata. Hingga kemarin, angka ini mengalami kenaikan menjadi 5.548 pelanggan yang terlayani dengan baik," ungkap Iwan.

Melihat antusisas yang tinggi dari masyarakat, sambung dia, diprediksi jumlah penumpang bus wisata akan terus meningkat hingga akhir pekan mendatang. Hal ini seiring dengan berakhirnya libur Lebaran.

Adapun bus wisata ini melayani masyarakat mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Pelanggan yang ingin menikmati layanan ini tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada Alat Tap OnBus (TOB) dengan tarif Rp 0 atau gratis.


One Way Arus Mudik Tol Trans Jawa Bisa 24 Jam

Puncak arus balik diprediksi masih akan terjadi hingga Ahad (6/5).

SELENGKAPNYA

Timnas Garuda Belum Padu 

Sebelum laga perdana kemarin, pelatih Shin Tae-yong sempat mengakui bahwa kualitas permainan Vietnam lebih baik.

SELENGKAPNYA

Puluhan Juta Ton Biji-bijian Tertahan di Ukraina

Menurut Guterres, perang di Ukraina memberi tekanan lebih besar kepada negara berkembang.

SELENGKAPNYA
×