Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo | EPA-EFE/ANDREW YATES

Olahraga

01 May 2022, 10:25 WIB

Cristiano Ronaldo Jadi Penyelamat MU Lagi

Gol itu merupakan gol ke-17 Cristiano Ronaldo di Liga Primer Inggris musim ini sehingga membuatnya berada di peringkat kedua top skorer sementara.

 

MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo kembali menjadi penyelamat Manchester United(MU). CR7, julukan Ronaldo, mencetak gol saat MU menyamakan kedudukan setelah tertinggal lebih dulu dari Chelsea akibat gol Marcos Alonso, Jumat (29/4) dini hari WIB.

Gol itu merupakan gol ke-17 Ronaldo di Liga Primer Inggris musim ini sehingga membuatnya berada di peringkat kedua top skorer sementara. Ronaldo hanya tertinggal lima gol dari top skorer sementara Mohamed Salah, striker Liverpool.

Namun, MU bisa dibilang beruntung hanya kebobolan satu gol oleh Chelsea yang bermain lebih agresif. The Blues melakukan 21 upaya ke pertahanan Man United dengan enam di antaranya mengarah ke gawang, ditambah satu tendangan dari Reece James yang membentur tiang gawang.

Di sisi lain, MU terlihat kebingungan membangun serangan dan hanya tiga kali menguji kiper Edouard Mendy. Dua di antaranya dilakukan Ronaldo dan satu berujung gol.

Tak bisa dimungkiri, MU musim ini bergantung pada Ronaldo dalam hal mencetak gol. Dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi, mantan pemain Juventus dan Real Madrid itu mencetak delapan gol.

Hanya Jadon Sancho dan Fred yang menyumbang masing-masing satu gol dalam total 10 gol yang dicetak MU selama delapan laga terakhir. Padahal, Ronaldo sebelumnya dianggap menjadi masalah.

Pelatih MU Ralf Rangnick mengakui, permainan MU masih di bawah Chelsea dan sudah pasti kalah jika Ronaldo tidak mencetak gol. Gol tersebut juga menjadi yang pertama bagi Ronaldo ke gawang Chelsea dalam 12 pertemuannya di Liga Primer Inggris.

''Secara keseluruhan, kami harus mengaku beruntung mendapatkan satu poin. Namun, reaksi di babak kedua sangat bagus,'' kata Rangnick, dikutip dari Sky Sports, Jumat (29/4).

Rangnick berkilah, ketimpangan kekuatan ini juga disebabkan oleh banyaknya pemain MU yang cedera. Fred, Jadon Sancho, dan Harry Maguire menambah daftar panjang pemain MU yang sudah lebih dulu cedera, seperti Luke Shaw, Paul Pogba, hingga Edinson Cavani. Sementara itu, Chelsea memainkan starting XI terbaik.

Hasil imbang versus MU membuat Chelsea tak pernah menang dalam sembilan pertandingan melawan skuad the Red Devils di liga. Selain itu, hasil imbang ini menambah daftar panjang kegagalan the Blues untuk menang di Old Trafford sejak 2013.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel menyatakan timnya layak menang dalam pertandingan tersebut. Sebab, Timo Werner dkk mampu menguasai jalannya pertandingan dan dominan di semua area.

''Kami tidak cukup efektif dan kurang determinasi di kotak penalti untuk memenangkan laga ini. Kami kesulitan untuk memimpin dan menciptakan banyak peluang, lalu tiba-tiba lawan mendapatkan satu tendangan dan mencetak gol,'' ujar Tuchel.

Satu poin dari Old Trafford membuat Chelsea gagal menjauh dari kejaran Arsenal. The Blues tetap berada di peringkat ketiga, hanya berjarak enam poin dari Arsenal di peringkat keempat, dengan lima pertandingan sisa.

Sementara itu, MU yang tertahan di posisi keenam klasemen kembali gagal mendekati Tottenham Hotspur dan Arsenal untuk menjaga asa lolos ke Liga Champions musim depan. Bukan itu saja, tiket Liga Europa juga makin terancam karena MU hanya berselisih tiga poin dari West Ham di posisi ketujuh dan enam poin dari Wolves di posisi kedelapan. West Ham dan Wolves masing-masing masih punya tabungan satu dan dua laga dibandingkan dengan Man United.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (cristiano)

';

Pemudik: Satu Arah Bikin Lancar

Jasa Marga mencatat sekitar 1,6 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek.

SELENGKAPNYA

Idul Fitri, Kedepankan Ukhuwah

Prof Haedar mengajak umat Islam menjadikan Ramadhan dan Idul Fitri sebagai jalan baru keruhanian.

SELENGKAPNYA

Chico Melesat ke Semifinal

Chico sudah menyiapkan strategi sesuai polanya sendiri, yakni menyerang terlebih dulu.

SELENGKAPNYA
×