Penyerang Real Madrid Vinicius Jr (kanan) dan pemain belakang Lucas Vazquez (kiri) merayakan kemenangan timnya saat bertanding melawan Chelsea di Santiago Bernabeu, Madrid, 12 April 2022. | EPA-EFE/JUANJO MARTIN

Olahraga

Real Madrid Selangkah Lagi Menuju Juara

Real Madrid hanya butuh satu poin dari Espanyol untuk mengunci gelar musim ini.

JAKARTA -- Real Madrid akan menghadapi laga penting untuk mengukuhkan gelar La Liga Spanyol 2021/2022 saat melawan Espanyol, Sabtu (30/4) malam WIB. Tim asuhan Carlo Ancelotti itu hanya membutuhkan satu poin lagi untuk mengunci gelar domestik musim ini.

Madrid juga dikabarkan telah menyiapkan pesta juara La Liga di Plaza de Cibeles. Sama seperti tim lainnya, Los Blancos memiliki lima pertandingan tersisa musim ini. Namun, El Real yang mengemas 78 poin punya keunggulan 15 poin di puncak klasemen. Rival klasik Madrid, Barcelona, adalah penantang terdekat. Torehan 63 poin Barcelona sama dengan Sevilla, tapi Barca unggul dalam statistik gol.

Kedua tim pesaing terdekat itu hanya bisa merebut gelar dari Madrid jika berhasil memenangkan setiap pertandingan dan pasukan Ancelotti kalah di sisa laga. Namun, peluang itu sangat kecil karena Madrid sedang berada dalam performa terbaik.

Selain itu, laga yang akan digelar di Santiago Bernabeu ini sangat menguntungkan bagi tim tuan rumah. Dengan kehadiran para penonton di Santiago Bernabeu, klub raksasa Spanyol itu juga dilaporkan telah mempersiapkan perayaan juara bersama para suporter.

Menurut laporan dari Marca, klub telah mempersiapkan perayaan gelar, tapi sambil memastikan bahwa itu sudah menjadi kewajiban klub. Madrid tidak sedikit pun mengurangi rasa hormat terhadap tim yang akan mereka lawan.

"Dengan rasa hormat yang sebesar-besarnya kepada Espanyol, klub yang memiliki sejarah baik dengan Real Madrid, klub berkewajiban mempersiapkan kemungkinan perayaan gelar," demikian pernyataan Real Madrid, dikutip dari Marca, Jumat (29/4).

Lebih lanjut, Marca melaporkan bahwa sekitar 250 ribu orang bisa berkumpul di Plaza de Cibeles, simbol Kota Madrid, jika perayaan gelar benar-benar terwujud. Itu menjadi perayaan yang berada di luar kendali klub, tetapi bagaimanapun juga akan diperhitungkan oleh klub dan para pemain. "Jika ada pesta di Cibeles, para pemain tidak akan absen, tapi perayaan tidak akan berlangsung sampai dini hari," ujarnya.

Dengan statistik pertandingan kedua tim, Madrid memang lebih difavoritkan untuk memenangkan pertandingan ini. Dari lima laga terakhir melawan Espanyol, El Real mampu memetik empat kemenangan dengan agregat 9-4.

Madrid juga selalu menang dalam empat laga terakhir di La Liga. Kekalahan terakhir Los Blancos adalah saat menghadapi Barcelona di pekan ke-29. Sementara itu, Espanyol menang tiga kali dari lima laga terakhir dengan dua kekalahan beruntun sebelum bertemu Madrid.

Selain mengunci gelar La Liga, Madrid juga punya sosok striker yang semakin gacor di usianya yang memasuki 34 tahun. Adalah Karim Benzema, pemain internasional Prancis, yang kini memuncaki papan top skorer dengan perolehan 25 gol, unggul 10 gol dari Enes Unal asal Getafe yang menjadi pesaing terdekat.

Di Liga Champions, Benzema juga punya peran penting membawa Real Madrid sejauh ini melaju ke semifinal. Laga terakhir adalah leg pertama semifinal melawan Manchester City pertengahan pekan kemarin dan Madrid harus mengakui kekalahan dengan skor 3-4.

Namun, dari kekalahan itu pun Benzema masih terus menambah catatan pribadinya dengan menempati top skorer sementara Liga Champions. Striker Prancis itu berhasil mencetak dua gol ke gawang Man City untuk memperkecil ketertinggalan.

Sejauh musim ini, Benzema telah mencatatkan 14 gol Liga Champions dan mengudeta striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski yang tertahan dengan hanya mengemas 13 gol. Dengan 14 gol tersebut, Benzema menyamai rekor gol Lionel Messi pada Liga Champions musim 2011/2012.

Tidak hanya itu, Benzema juga mendekati rekor gol mantan rekannya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, yang tercatat menjadi top skorer Liga Champions pada musim 2017/2018 dengan 15 gol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Real Madrid C.F. (realmadrid)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Menguji Ketahanan Newcastle United

Newcastle United mencatatkan empat kemenangan beruntun.

SELENGKAPNYA

Fenomena Flexing Dalam Pandangan Syariah

Agar penjelasan tentang flexing ini lengkap, akan dijelaskan dalam pointers adab.

SELENGKAPNYA

Lelaki Buta yang Mencintai Rasulullah SAW

Meski tidak dianugerahi penglihatan, Ibnu Ummi Maktum mendapat keistimewaan berupa kecintaan terhadap agama meski nyawa taruhannya.

SELENGKAPNYA