Pesepak bola Timnas U-23 melakukan latihan di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Sesi latihan tersebut untuk persiapan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam. | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Olahraga

26 Apr 2022, 11:29 WIB

Timnas U-23 tanpa Pratama Arhan di SEA Games

Timnas U-23 kalah 0-2 dari Pohang Steelers dan menundukkan Andong Science College dengan skor 4-2.

JAKARTA -- Tim nasional (timnas) U-23 Indonesia terus melakukan pelatihan dan pembenahan di Korea Selatan (Korsel) menjelang gelaran SEA Games 2021 Vietnam. Setelah mengalami kekalahan 0-2 dari Pohang Steelers pada laga uji coba beberapa waktu lalu, skuad Garuda Muda akan menghadapi Daejon Hana Citizen, Rabu (27/4).

Asisten pelatih timnas U-23 Nova Arianto mengatakan, para pemain dalam kondisi bagus menjelang laga tersebut. Namun, ia mengungkapkan, tidak ada menu latihan yang diberikan kepada Garuda Muda pada Senin (25/4). Nova mengatakan, para pemain diistirahatkan menjelang laga uji coba terakhir tersebut.

"Hari ini (para pemain) istirahat. Besok tanggal 27 April akan ada pertandingan terakhir, semua pemain dalam kondisi baik," kata Nova kepada Republika melalui pesan singkat, Senin (25/4).

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui, banyak yang harus dibenahi dari skuad asuhannya. "Evaluasi ke depan untuk saat ini adalah soal tempo pertandingan. Jadi, lawan lebih mengandalkan umpan cepat dengan satu-dua sentuhan dan kami tidak bisa mengejarnya," kata Shin dikutip dari YouTube resmi PSSI, Senin (25/4).

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyoroti kelemahan tim dalam passing timming dan penyelesaian akhir. Menurut dia, koordinasi juga masih harus diperbaiki karena beberapa kali penempatan posisi pemain tidak tepat ketika menyerang sehingga peluang terbuang.

"Saat kami mendapat peluang untuk mencetak gol, tapi dari belakang tidak ada pemain naik untuk membantu serangan," kata Shin. "Kami akan lebih fokus untuk conditioning agar bisa bertanding lebih baik dalam uji coba ke depannya, setelah itu akan kembali ke Jakarta."

Pertandingan melawan Dajeon Hana Citizen akan menjadi penutup rangkaian pemusatan latihan di Korsel selama dua pekan sebelum timnas U-23 kembali ke Jakarta, lalu terbang menuju Hanoi, Vietnam. Pada laga uji coba sebelumnya, timnas U-23 kalah 0-2 dari Pohang Steelers dan menundukkan Andong Science College dengan skor 4-2.

Penyerang timnas U-23 Muhammad Ridwan juga menyoroti dua faktor penting dari kekalahan timnya di laga uji coba sebelumnya. Pertama adalah faktor fisik yang membuat timnya gagal mengejar ketertinggalan di 10 menit terakhir dan evaluasi mengenai taktik demi dapat tampil maksimal pada laga selanjutnya. "Di fisik mungkin karena kami habis latihan capek (latihan berat—Red)," kata Ridwan.

Di sisi lain, PSSI memberikan perkembangan terbaru tentang kepastian Pratama Arhan membela timnas U-23. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, Arhan tak dilepas oleh klub asal Jepang, Tokyo Verdy, saat skuad Garuda berlaga di SEA Games Vietnam setelah pihaknya menghubungi Tokyo Verdy. "Untuk Arhan dipastikan tidak bisa bela timnas U-23 Indonesia," kata Yunus, Senin (25/4).

Tak hanya Pratama Arhan, Elkan Baggott dan Saddil Ramdani juga dipastikan tak akan bergabung ke skuad Garuda Muda. Elkan Baggott tak dilepas klub Inggris, Ipswich Town, begitu pula Saddil Ramdani di klub Malaysia, Sabah FC.


Juventus Mengais Sisa Harapan Scudetto

Jika masih ingin juara, Juventus tak boleh lagi terpeleset.

SELENGKAPNYA

PSG dan Muenchen Sang 'Aktivis Liga Petani'

PSG dan Muenchen sudah resmi menjadi juara musim ini di liga masing-masing.

SELENGKAPNYA

Bagas Maulana Bertekad Terus Membuktikan Diri

Bagas Maulana tak menyangka dapat menginjakkan kaki di podium tertinggi turnamen bulu tangkis tertua dunia.

SELENGKAPNYA
×