Pemain Juventus Alvaro Morata (tengah) mempertahankan bola yang dibawanya di tengah bayang - bayang pemain Inter Milan Milan Skriniar (kanan) dalam sebuah pertandingan di Turin, Italia, 03 April 2022. | EPA-EFE/Alessandro Di Marco

Olahraga

Juventus Mengais Sisa Harapan Scudetto

Jika masih ingin juara, Juventus tak boleh lagi terpeleset.

SASSUOLO -- Peluang Juventus untuk mengangkat scudetto musim ini sudah sangat tipis, bahkan bisa dikatakan hanya menunggu waktu pintu itu tertutup. Hal itu karena dengan tersisa empat pertandingan lagi, Bianconeri tertinggal sembilan angka dari pemuncak klasemen Inter Milan atau 10 poin dari AC Milan jika mereka menang atas Lazio dan kembali ke puncak.

Perjalanan Nyonya Tua ke Kota Sassuolo untuk menghadapi tuan rumah Sassuolo pada pekan ke-34 Seri A di Stadion Mapei, Selasa (26/4) dini hari WIB adalah mengais sisa-sisa harapan scudetto meskipun itu butuh keajaiban. Namun, paling tidak, kemenangan mereka akan semakin mengokohkan di empat besar. Itu karena tim posisi kelima, AS Roma, hanya tertinggal lima poin.

Juventus masih memiliki banyak catatan untuk diperbaiki setelah bermain imbang 1-1 melawan Bologna pada akhir pekan lalu. Juventus perlu meningkatkan kembali daya gedornya di lini depan serta memperkuat lini belakang. Hal itu karena Sassuolo terkenal dengan permainan agresif cepat sehingga akan sangat berbahaya apabila pertahanan mereka rapuh.

Dikutip dari Sportsmole, Ahad (24/4), terbang ke Sassuolo, Juventus masih tanpa Federico Chiesa, Arthur Melo, Kai Jorge, Marley Ake, Manuel Locatelli, dan Weston McKennie karena cedera. Kekurangan amunisi tersebut membuat Danilo dan Denis Zakaria kemungkinan akan dipasang di lini tengah. Paulo Dybala kemungkinan akan dipasang sebagai starter mendampingi Dusan Vlahovic.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri dan pasukannya memiliki modal kepercayaan diri tinggi melawan Sassuolo setelah memastikan diri lolos ke final Coppa Italia menyingkirkan Fiorentina di semifinal. Ketika menghadapi Bologna sebelumnya, Allegri sudah mengatakan akan berusaha keras mempertahankan posisi empat besar di klasemen.

“Untuk Seri A, Juventus harus berpikir untuk finis di empat besar. Kita harus melindungi keunggulan kita. Ini adalah musim yang seimbang. Kami tidak memenangkan pertandingan jika kami bermain lebih baik (daripada lawan kami),” ujarnya, dilansir dari Football Italia.

Adapun Sassuolo kehilangan bek kanan Jeremy Toljan yang cedera bahu setelah hanya bermain 21 menit ketika kalah melawan Cagliari. Mert Muldur diperkirakan akan menjadi penggantinya di lini pertahanan. Namun, Sassuolo dapat bernapas lega karena Domenico Berardi bisa dimainkan.

Sassuolo kini duduk di posisi ke-10 dan mengusung misi realistis yaitu bertahan di papan tengah di akhir musim. Dan mereka mempunyai waktu sembilan hari mempersiapkan pertandingan melawan Juventus sejak kekalahan dari Cagliari.

Penyerang Sassuolo Giacomo Raspadori mengaku tak akan terganggu dengan rumor ketertarikan Juventus kepada dirinya menjelang bentrok antara kedua tim. Dia diproyeksikan sebagai pengganti Paulo Dybala di musim panas nanti. Ia hanya mengungkapkan perasaan senangnya jika benar Juventus tertarik kepadanya.

Ditanya apakah akan bertukar kaus dengan Dybala, Raspadori tak menjawab dengan tegas. Ia hanya mengatakan bahwa sudah bertukar jersei dengan pemain Juventus lainnya, yakni kapten Giorginio Chiellini dan Cristiano Ronaldo.

“Saya memiliki kepercayaan diri berkat Sassuolo. Saya berpikir tentang bersenang-senang dan menggunakan semua energi yang saya miliki di lapangan. Saya adalah pemimpin yang pendiam. Saya mengirimkan energi ke rekan tim saya dan saya tidak pernah menyerah. Ini baru awal perjalanan, itu sebabnya saya butuh keseimbangan,” ujarnya, dilansir dari Football Italia.

Formasi 

Sassuolo (4-3-3)

Pelatih: Alessio Dionisi

Andrea Consigli; Mert Muldur, Vlad Chiriches, Gianmarco Ferrari, Giorgos Kyriakopoulos; Davide Frattesi, Maxime Lopez, Hamed Traore; Giacomo Raspadori, Domenico Berardi, Gianluca Scamacca.

Juventus (4-4-2)

Pelatih: Massimiliano Allegri

Wojciech Szczesny; Danilo, Matthijs de Ligt, Giorgio Chiellini, Luca Pellegrini; Adrien Rabiot, Denis Zakaria, Paulo Dybala, Juan Cuadrado; Federico Bernardeschi, Dusan Vlahovic. 

Lima Pertemuan Terakhir

10-02-2022: Juventus 2-1 Sassuolo (Coppa)

27-10-2021: Juventus 1-2 Sassuolo (Seri A)

12-05-2021: Sassuolo 1-3 Juventus (Seri A)

10-01-2021: Juventus 2-1 Sassuolo (Seri A)

15-07-2020: Sassuolo 3-3 Juventus (Seri A)

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Juventus (juventus)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bagas Maulana Bertekad Terus Membuktikan Diri

Bagas Maulana tak menyangka dapat menginjakkan kaki di podium tertinggi turnamen bulu tangkis tertua dunia.

SELENGKAPNYA

Timnas U-23 tanpa Pratama Arhan di SEA Games

Timnas U-23 kalah 0-2 dari Pohang Steelers dan menundukkan Andong Science College dengan skor 4-2.

SELENGKAPNYA