Kegiatan Rumah Berkah | youtube

Khazanah

Rumah Berkah Gelar Santunan Yatim dan Dhuafa

Rumah Berkah berharap dapat lebih banyak berkontribusi memberdayakan masyarakat.

 

DEPOK -- Yayasan Rumah Berkah Nusantara kembali menggelar acara Santunan Yatim dan Dhuafa. Sebanyak 98 yatim dan janda dhuafa mendapatkan berupa uang tunai dan paket sembako.

Acara yang digelar pada Ahad (24/4) sore itu dihadiri para pengurus Yayasan Rumah Berkah Nusantara, santri Pondok Al-Qur'an Rumah Berkah, Jamaah Majelis Taklim Rumah Berkah, Pengurus Muslimat NU Anak Ranting RW 15 Rangkapan Jaya Baru, Depok, Ketua RW 15, dan Ketua RT se-Kavling Pelita Air Service, dan pengurus BKM Nururrahman.

“Banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Berkah, dan kali ini acara Santunan Yatim dan Dhuafa," ujar Koordinator Divisi Keagamaan Yayasan Rumah Berkah Nusantara, Sumarto, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin (25/4).

Sumarto mengatakan, ada beberapa program yang sudah diagendakan pengurus yayasan secara umum dan kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan secara bertahap sehingga dapat memberikan kemaslahatan yang lebih luas bagi masyarakat. Dalam acara santunan ini, ada sekitar 42 anak yatim, baik lingkungan kompleks Pelita Air Service maupun eksternal. Sementara itu, kalangan dhuafa yang mendapatkan santunan berjumlah sekitar 56 orang, antara lain marbot masjid, guru ngaji, sekuriti, penjual jamu, bakul pecel, janda, dan dhuafa.

Salah seorang peserta yang mendapatkan santunan, Indriwati, berterima kasih kepada para donatur yang menitipkan donasinya melalui Yayasan Rumah Berkah Nusantara.

"Terima kasih, semoga berkah untuk semua. Terima kasih bapak dan ibu donatur yang sudah berbagi dan kini sudah kami terima donasinya. semoga berkah," ujarnya.

Hal serupa disampaikan Ketua RW 15 Haji Riyo. Menurut dia, banyak manfaat yang dirasakan oleh warga lingkungan sekitar dengan keberadaan Yayasan Rumah Berkah Nusantara.

"Kami berharap, upaya Yayasan Rumah Berkah senantiasa mendapatkan ridha dari Allah SWT, dan apa yang dihajatkan, semoga lekas dikabulkan," ujar Haji Riyo saat memberikan sambutan.

Ketua Umum Yayasan Rumah Berkah Nusantara Ustaz Syahruddin menyampaikan pentingnya berbagi kepada sesama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki dan karunia yang diberikan. 

"Saat diberi kekayaan atau rezeki hendaknya senantiasa selalu bersyukur. Jika kita pandai bersyukur, niscaya Allah akan menambahkan nikmat dan karunianya," ujarnya.

Dia mengatakan, menyantuni anak yatim merupakan perbuatan baik yang harus ditunaikan. Apalagi, balasannya sangat besar yang dijanjikan Rasulullah SAW. 

"Saya (Rasululullah SAW-Red) dan penyantun yatim di dalam surga nanti seperti ini (Rasul SAW memberikan isyarat antara jari telunjuk dan jari tengah). Begitu dekatnya orang-orang yang suka menyantuni anak yatim, membantu, dan merawat anak yatim dengan Rasulullah SAW,” jelasnya.

Ustaz Syahruddin mengajak jamaah hadir untuk senantiasa menolong saudara-saudara sesama yang memerlukan pertolongan. "Jangan pelit untuk berbagi. Setetes air atau sebutir kurma yang disumbangkan, barang kali hal itu menjadi jalan kemudahan masuk ke dalam surga dan mendapatkan rezeki yang berlimpah," kata dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat