Petugas membantu calon penumpang melakukan pengecekan tiket kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Sepekan menjelang lebaran, stasiun Kereta Jarak Jauh Gambir terpantau ramai oleh penumpang meski masih jauh dari tanggal prediksi puncak arus | Prayogi/Republika.

Nasional

Kemenaker: Beri Keleluasaan Waktu Cuti bagi Pekerja

Pengusaha tetap dapat memberikan cuti sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan.

JAKARTA -- Pemerintah berharap para pengusaha mau memberikan keleluasaan kepada pekerjanya dalam menentukan waktu cuti. Dengan demikian, para pekerja dapat mengajukan cuti lebih awal dan melakukan perjalanan mudik lebih awal pula. 

Harapan itu agar kepadatan arus lalu lintas bisa dikurangi saat puncak arus mudik Lebaran 2022. "Kami sangat berharap teman-teman pengusaha dapat memberikan keleluasaan bagi pekerja/buruh yang mudik untuk menentukan waktu cutinya agar dapat menghindari puncak arus mudik,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam siaran persnya, Sabtu (23/4). 

Anwar menjelaskan, pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada periode 28 hingga 30 April 2022. Pemerintah juga telah memprediksi akan ada 80 juta orang yang melaksanakan mudik. 

Pemerintah memang sudah menetapkan cuti bersama dimulai pada 29 April 2020. Namun, ia menambahkan, pelaksanaan cuti bersama untuk pekerja/buruh di sektor swasta bersifat fakultatif. 

photo
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Sepekan menjelang lebaran, stasiun Kereta Jarak Jauh Gambir terpantau ramai. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 5.698 atau 37 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 15.400.Prayogi/Republika. - (Prayogi/Republika.)

Ia menambahkan, pengusaha tetap dapat memberikan cuti sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan. "Tentu kami juga mendorong ada dialog antara pengusaha dan pekerja/buruh jika pengaturan waktu pelaksanaan cuti ini memang perlu dilakukan sehingga tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan,” ujarnya. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta kepada masyarakat agar tidak memilih berangkat mudik pada saat waktu-waktu puncak arus. Menurutnya waktu sembilan hari menuju Lebaran 2022 yang masih panjang ini bisa dipertimbangkan untuk menjadi waktu berangkat mudik guna meminimalisasibeban arus kemacetan ketika mendekati Lebaran.

"Jangan ramai-ramai mengambil mudiknya pada puncak mudik," kata Muhadjir usai melaksanakan rapat koordinasi persiapan mudik di Kantor Jasa Marga Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemprov Jawa Barat telah meminta kepada para perusahaan untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pegawainya lebih awal. Pemberian THR lebih awal akan mendorong masyarakat akan memilih mudik lebih awal. 

photo
Calon penumpang menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Sepekan menjelang lebaran, stasiun Kereta Jarak Jauh Gambir terpantau ramai. Adapun Volume penumpang berangkat sebanyak 5.698 atau 37 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 15.400.Prayogi/Republika. - (Prayogi/Republika.)

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau pengusaha memberikan pekerja cuti lebih awal. “Misalkan mulai H-8, sehingga kendaraan tidak menumpuk pada saat puncak arus mudik,” kata dia. 

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menginstruksikan jajarannya untuk tidak cuti mudik lebaran guna mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji 1443 Hijriyah/2022 Masehi. Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf menilai instruksi tersebut hal yang positif. "Saya kira itu hal yang positif agar tim bisa bekerja dengan lebih cepat," kata Bukhori kepada Republika, Sabtu (23/4).

Menurutnya pemerintah harus bekerja lebih cepat mengingat kloter pertama jamaah haji diberangkatkan pada 4 Juni. Politikus PKS itu menilai instruksi tersebut bentuk keseriusan pemerintah menyelenggarakan ibadah haji tahun ini. "Ya sebagai respon yang lebih agresif," ujarnya.

photo
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Ahad (24/4/2022). Satu pekan menjelang Idul Fitri, warga mulai memadati Pasar Tanah Abang untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

 Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan saat ini persiapan ibadah haji, baik di dalam negeri maupun Arab Saudi terus dimatangkan. Oleh karena itu instruksi tersebut dalam rangka mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji 1443 Hijriyah/2022 Masehi.

"Persiapan teknis sedang dan terus kami lakukan. Jadi saya instruksikan jajaran agar tak cuti mudik. Harus stand by mempersiapkan persiapan keberangkatan haji," ujar Yaqut di Kantor PBNU di Jakarta, Kamis (21/4). Sejumlah persiapan itu, di antaranya timeline penyelenggaraan ibadah haji yang meliputi persiapan transportasi, persiapan petugas, persiapan visa, persiapan pembinaan manasik, persiapan asuransi, persiapan layanan akomodasi di Arab Saudi serta persiapan vaksinasi jamaah haji.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Webtoon Korea Menjajah Dunia

Dua raksasa teknologi Korea Selatan, Naver Corp dan Kakao Corp, mengintensifkan persaingan di jagat komik digital.

SELENGKAPNYA

Ulugh Beg dan Julukan Sang Pangeran Bintang

Hasil riset yang dilakukan Ulugh Beg tidak berbeda jauh dengan data modern.

SELENGKAPNYA

Ulugh Beg, Negarawan yang Ilmuwan

Ulugh Beg merupakan seorang penguasa dan sekaligus saintis yang cemerlang.

SELENGKAPNYA