Warga mengakses aplikasi streaming berbayar di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Minggu (30/1/2022). Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan telah mengumpulkan penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) pada t | ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Inovasi

19 Apr 2022, 07:19 WIB

Tak akan Mati Gaya di Bulan Puasa 

Bulan Ramadhan di era digital, selalu diwarnai dengan berbagai konten untuk memanjakan wargamaya. 

Sepanjang bulan Ramadhan kebutuhan untuk menikmati konten semakin meningkat. Karena, selain mengisi waktu untuk bekerja atau sekolah, menunggu waktu berbuka kerap diisi untuk mencari konten-konten dengan beragam tema.

Mulai dari, konten untuk inspirasi busana Hari Raya, menu sahur dan berbuka, atau hiburan secara umum. Pada Senin (18/4), TelkomGroup melalui Telkomsel mengumumkan kerjasamanya dengan Netflix sebagai video streaming platform.

Dengan hadirnya kolaborasi bersama ini, para pelanggan jaringan Telkomsel dan internet IndiHome akan dapat lebih mudah menikmati beragam tayangan dan konten dari Netflix. Berbagai konten ini, dapat dinikmati melalui berbagai perangkat, seperti TV, laptop, smartphone dan tablet.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menjelaskan, dengan kerja sama ini, pelanggan Telkomsel Prabayar maupun Telkomsel Halo Paskabayar dapat berlangganan Netflix tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Cukup dengan mengaktifkan paket bundling langganan Netflix yang juga menyediakan kuota data Telkomsel.

“Kami berharap kolaborasi ini semakin memperkuat posisi Telkomsel sebagai ‘The Home of Entertainment’ bagi seluruh pelanggan,” ujar Derrick, dalam media update yang digelar secara daring. Menurutnya, kolaborasi ini juga akan makin membuka lebih banyak kemudahan akses ke berbagai platform hiburan digital kelas dunia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Telkomsel (@telkomsel)

Termasuk juga, meningkatkan kualitas gaya hidup digital pelanggan.  Saat ini, Telkomsel menyediakan berbagai varian paket bundling kuota data dan berlangganan Netflix untuk satu bulan, dengan harga mulai dari Rp 62 ribu menggunakan pulsa.

Pelanggan juga akan mendapatkan tambahan kuota data Maxstream sebesar 6 GB selama berlangganan dan kuota data Maxstream hingga 20 GB untuk langganan di bulan pertama.

Pengisi Ramadhan

Upaya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan akan konten menarik selama Ramadhan tahun ini, juga dilakukan XL Axiata Tbk. XL pun menjalin kemitraan strategis bersama Vidio untuk memberikan kesempatan kepada seluruh keluarga Indonesia, khususnya pelanggan XL Axiata dan Vidio, untuk menikmati bonus beragam jenis konten. Termasuk beragam tayangan olahraga dan anak.

Direktur dan Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses menjelaskan, XL Axiata memandang kolaborasi menjadi suatu hal yang mutlak dilakukan untuk terus berkembang di industri. “Kerjasama dengan Vidio ini menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam memberikan nilai tambah kepada seluruh pelanggan, khususnya segmen keluarga dengan beragam tayangan yang ramah anak,” ujarnya dalam media briefing secara daring yang digelar, beberapa waktu lalu.

Kemitraan dengan Vidio ini, lanjut David, juga semakin menegaskan peran penting dari XL Axiata sebagai penggerak industri telekomunikasi dalam membantu percepatan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan konten digital. Sementara itu, Managing Director Vidio, Monika Rudijono, mengungkapkan bahwa Vidio mengapresiasi kolaborasi bersama XL Axiata. “Kolaborasi ini memungkinkan Vidio untuk mengenalkan dan menyebarkan lebih banyak konten ke seluruh pelanggan XL Axiata,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Layanan ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan produk dari XL Axiata terhitung tanpa tambahan biaya. XL Satu sebagai penyedia kebutuhan internet keluarga Indonesia, juga memberikan bonus langganan satu tahun Vidio Premier Platinum untuk pelanggan baru XL Home maupun XL Satu.

Sementara, bagi pelanggan XL, bisa mendapatkan bonus berlangganan Vidio Platinum Mobile hingga 30 hari, cukup dengan aktivasi paket Akrab, Xtra Combo Plus, dan Xtra Combo Mini. 

Berkarya dengan Data

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JOOX Indonesia (@jooxid)

Menjadi kreator konten saat ini, merupakan profesi yang banyak diidamkan. Salah satu format konten yang kini makin diminati di tengah masyarakat adalah podcast atau siniar.

Beragam konten dari platform siniar pun lahir. Namun, di era digital, dalam setiap karya yang dihasilkan, sulit dipisahkan dari krusialnya pemanfaatan data.

Pekan lalu, platform konten audio lokal terkemuka Noice mengumumkan kehadiran Noicemaker Studio, ruang digital bagi para kreator untuk dapat mengoptimalkan karya mereka. Melalui Noicemaker Studio, semua kreator konten dari seluruh daerah di Indonesia dapat menghadirkan karya mereka, khususnya siniar, ke dalam aplikasi Noice.

Kemudian, menjangkau audiens secara lebih luas melalui jaringan ekosistem Noice. Co-founder sekaligus CEO Noice, Rado Ardian menjelaskan, Noicemaker Studio lahir dari komitmen untuk menciptakan ekosistem konten audio yang dapat diakses dengan mudah oleh semua konten kreator. “Kami menyadari masih banyak konten kreator audio yang kesulitan mendapatkan akses untuk menjangkau pendengar yang lebih luas,” ujar Rado.

Di sisi lain, kata dia, mereka tidak punya insight berbasis data mengenai performa siniar mereka. Sehingga menimbulkan keterbatasan bagi mereka untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Menurutnya, di Noicemaker Studio, para kreator konten dapat memasukkan konten siniar mereka ke aplikasi Noice dengan mudah. Kemudian, memiliki akses langsung ke dashboard untuk melihat performa karya mereka secara detail.

Kreator juga dapat mengakses Noicemaker Studio melalui halaman studio.noice.id dan mendapatkan akses untuk menghadirkan konten mereka di Noice. Dengan Noicemaker Studio, para kreator akan mendapatkan akses dashboard untuk mengetahui performa karya mereka lewat fitur analitik.

Data yang bisa dimonitor, mulai dari performa konten, profil pendengar, interaksi, hingga daerah asal pendengar. Selain itu, ada pula edukasi dan pelatihan cara memproduksi konten audio yang menarik, dukungan dalam proses produksi dan fasilitas studio rekaman, promosi, hingga langkah monetisasi.

Rado mengungkapkan, di akhir kuartal dua tahun ini, Noice juga berencana memberikan akses bagi semua kreator yang telah bergabung menjadi Noicemaker lewat platform Noicemaker Studio, untuk dapat membuat room di Noice Live. Fitur ini, memungkinkan para kreator berinteraksi secara real time dengan para pendengar mereka, atau berdiskusi dan membahas berbagai topik menarik.

Di Noice Live pula, kreator akan mendapat peluang untuk melakukan monetisasi sehingga para kreator ini juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri. “Hal ini diharapkan akan semakin mengakselerasi pertumbuhan ekosistem konten audio di Tanah Air,” jelas Rado. 

Peningkatan Konsumsi Konten

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JOOX Indonesia (@jooxid)

Dengan semakin dilonggarkannya pembatasan sosial, Ramadhan 2022 disambut dengan optimisme tinggi dari umat Muslim Tanah Air. Untuk meningkatkan semangat para pengguna menjalani ibadah puasa dengan baik, Joox menghadirkan berbagai konten hiburan berfaedah mulai dari playlist lagu menenangkan hati, konser Ramadhan bersama beberapa musisi Tanah Air, serta obrolan berfaedah bersama para ustad muda.

Berdasarkan laporan Google Winning Ramadan with Digital 2021, orang Indonesia sudah mulai mencari berbagai hal terkait Ramadhan empat pekan sebelumnya. Hal tersebut juga terlihat dari kebiasaan pengguna Joox yang sudah mulai mendengarkan lagu-lagu bernuansa religi sejak satu pekan sebelum Ramadhan. “Konsumsi berbagai lagu bernuansa religi dan menenangkan hati semakin meningkat sejak mendekati bulan Ramadhan,” papar Head of Marketing Joox Indonesia, Yuanita Agata.

Oleh karena itu, Joox menghadirkan berbagai konten hiburan berfaedah untuk menemani pengguna. Mulai dari, bangun sahur, menunggu berbuka, hingga waktu beristirahat setelah salat tarawih.

Khusus untuk menunggu berbuka, ustad muda Husain Basyaiban dan Axis mengajak para anak muda pendengar Joox untuk membicarakan berbagai hal, seperti manfaat berpuasa hingga hukum berghibah.  ';

Covid-19 Diprediksi Landai Pasca-Lebaran

Hasil serosurvei menunjukkan hampir 100 persen masyarakat Indonesia memiliki antibodi Covid-19.

SELENGKAPNYA

Indonesia Cetak Suprlus Dagang Terbesar

Kenaikan harga komoditas melanjutkan tren surplus neraca perdagangan Indonesia.

SELENGKAPNYA

Saudi Kecam 'Penyalahgunaan' Alquran

Setidaknya tiga orang terluka dalam aksi menentang pembakaran Alquran di Swedia.

SELENGKAPNYA
×