Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana berkesempatan melayani warga saat Operasi Pasar Murah Minyak Goreng Ramadhan 1443 H yang digagas oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Jawa Barat di Halaman Gedung Dakwah PWNU Jabar Jalan Terusan Galunggung | Edi Yusuf/Republika

Nasional

Hipmi Trisakti Bagikan Minyak Goreng Gratis

Bantuan minyak goreng akan meringankan beban masyarakat kurang mampu.

 

JAKARTA -- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) cabang Universitas Trisakti membagikan 250 minyak goreng dalam kemasan gratis ke masyarakat kurang mampu di sekitar Kampung Melayu Jakarta Timur pada Ahad (17/4/2022).

Bantuan ini diberikan di tengah harga minyak goreng yang melonjak tajam. Kementerian Perdagangan menjelaskan, kenaikan harga minyak goreng lebih dikarenakan harga internasional yang naik cukup tajam. Selain itu, faktor yang menyebabkan harga minyak di Indonesia mahal adalah turunnya panen sawit pada semester kedua. Sehingga, kata dia, suplai CPO menjadi terbatas dan menyebabkan gangguan pada rantai distribusi (supply chain) industri minyak goreng. 

Penyebab lain yang menyebabkan naiknya harga minyak goreng yakni adanya kenaikan permintaan CPO untuk pemenuhan industri biodiesel seiring dengan penerapan kebijakan B30. Faktor lainnya, yaitu gangguan logistik selama pandemi Covid-19, seperti berkurangnya jumlah kontainer dan kapal.

"Masyarakat sangat senang sekali dengan adanya bantuan yang kami berikan terutama untuk ibu ibu, dimana hari ini harga minyak sedang tinggi tingginya, dan kami berharap semoga bantuan kami bisa sedikitnya membantu masyarakat, di RW 01 kampung melayu sekitaran kali ciliwung sangat membutuhkan dan merasakan lonjakan harga yang naik" Ujar Ketua Umum Hipmi Universitas Trisaksi Mohammad Rahul Farhan, dalam keterangan tertulisnya. 

 

Program bantuan sosial dan kemanusiaan ini kedepannya dapat terus dihadirkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan, mengingat situasi Indonesia masih dalam tahap pemulihan ekonomi. Pendapatan masyarakat belum semua mencukupi kebutuhannya dan semoga pemerintah dapat membangkitkan perekonomian dan mampu menurunkan harga minyak goreng di pasaran.

Bantuan minyak goreng

Sebanyak 15.810 warga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng yang dikucurkan pemerintah pusat ke wilayah itu. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong Gusti Maria di Rejang Lebong, Senin mengatakan warga tidak mampu yang menerima BLT migor tersebut juga menerima pencairan bantuan BLT sembako atau BPNT.

"Penerima BLT minyak goreng dan BPNT di Kabupaten Rejang Lebong ini sebanyak 15.180 keluarga penerima manfaat atau KPM. Pencairan BLT ini dilaksanakan di Kantor Pos Curup mulai 11 hingga 16 April 2022," kata dia.

Kalangan warga tidak mampu atau disebut KPM ini menerima BLT minyak goreng untuk bulan April, Mei dan Juni totalnya Rp 300.000 atau Rp 100.000 per bulan. Selain itu penerima bantuan ini juga menerima pencairan BLT sembako atau BPNT yang sebelumnya dalam bentuk bahan kebutuhan pokok dan kini diganti uang tunai Rp200.000 per bulan, yakni untuk pembayaran bulan Mei.

"Total bantuan yang diterima warga ini sebesar Rp500.000 per orang yang terdiri dari BLT minyak goreng Rp300.000, dan BLT sembako untuk bulan Mei Rp200.000," terangnya.

Menurut dia pencairan BLT minyak gorengdan BLT sembako tersebut mereka ketahui dari pihak Kantor Pos Curup yang memberitahukan jika dananya sudah masuk dan siap dibayarkan, sedangkan data atau pemberitahuan dari Kemensos belum mereka terima.Dia berharap masyarakat Rejang Lebong yang menerima BLT minyak goreng dan BLT sembako ini dapat menggunakannya sebaik mungkin, terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok pada bulan puasa Ramadhan kali ini.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat