Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) mengunjungi Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Akrim Mariyat. | Dokpri

Khazanah

Khatam Quran, Kiai Gontor Beri Restu UBN

UBN menginisiasi program khatam Alquran untuk menjadi media mempersatukan umat.

 

PONOROGO--Kamis (7/4/2022) lalu, Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) berkesempatan berkunjung ke Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur. Kunjungan UBN ini merupakan rangkaian safari dakwah Tabung Infaq ke Ponorogo. Ketika bertemu dengan Pemimpin Pesantren Gontor, KH Akrim Mariyat, UBN memberikan bingkisan kurma untuk para santri Gontor.

"Ini bentuk rasa cinta santri kepada kampung ideologis," kata UBN.

Pada kesempatan ini, UBN juga menyampaikan perihal konsep program Khatam Quran. Program #KhatamQuran17Ramadhan yang digagas UBN ini merupakan media mempersatukan umat dengan Alquran.

"Bahwa Quran adalah solusi pemersatu umat yang perlu disebarkan untuk menjadi kebiasaan baik semua mukminin," ungkap UBN.

Setelah mendengar penjelasan UBN, Kiai Akrim menitipkan nasihat untuk terus berjuang dan jangan sampai lemah.

Memotivasi diri mengkhatamkan Alquran pada Ramadhan

Membaca Alquran memiliki derajat yang tinggi dalam tingkat ketaatan seorang Muslim. Karena itu, setiap Muslim perlu meluangkan waktunya dengan bersungguh-sungguh untuk membaca Alquran. Apalagi jika itu dilakukan pada bulan suci Ramadhan.

Salah bentuk yang dilakukan generasi salaf dalam memuliakan Alquran adalah dengan membacanya di bulan Ramadhan dan di bulan-bulan lainnya.

Disebutkan pula bahwa orang beriman yang terbiasa mengkhatamkan (menyelesaikan pembacaan semua ayat Alquran), maka ini ibarat seorang musafir yang melakukan perjalanan dari titik keberangkatan sampai tiba di tempat yang menjadi tujuannya.

Mukmin sejati tentu memilih untuk mengkhatamkan Alquran. Setelah selesai mengkhatamkan Alquran, maka panjatkanlah doa kepada Allah SWT. Begitu pun dalam bulan suci ini, bulan di mana Alquran diturunkan sehingga mengkhatamkan Alquran memiliki keutamaan tersendiri.

Allah SWT berfirman, "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah..." (QS Al-Baqarah ayat 185).

Dalam Surat lain, Allah SWT juga berfirman, "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (QS Ad-Dukhan ayat 3)

Sedangkan dalam riwayat Ibnu Abbas RA, dia berkata, "Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan puncak kedermawanan beliau ada di bulan Ramadhan, saat ditemui malaikat Jibril. Malaikat Jibril menemui beliau SAW pada setiap malam bulan Ramadhan untuk mengajarkan Alquran. Setelah itu kedermawanan Rasulullah SAW melebihi angin yang berhembus. (HR Bukhari Muslim)

Seluruh dalil tersebut menunjukkan keutamaan membaca Alquran di bulan suci Ramadhan, yaitu dengan cara mengkhatamkannya satu kali atau lebih. Karena itu, seorang Muslim sepatutnya memperbanyak membaca Alquran baik itu di siang maupun malam hari. Walaupun membaca di malam hari lebih baik, sebagaimana firman Allah SWT:

"Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan." (QS Al-Muzzammil ayat 6)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat