Tersangka kasus dugaan investasi ilegal melalui aplikasi binomo, Indra Kesuma atau Indra Kenz menyampaikan permintaan maaf saat konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/4/2022). | Republika/Thoudy Badai

Nasional

Polri Cegah Adik dan Pacar Indra Kenz

Maraknya perdagangan, investasi, dan pinjaman yang bersifat daring perlu diantisipasi Bappebti

JAKARTA -- Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mengajukan permohonan pencegahan ke luar negeri terhadap tiga tersangka yang turut serta dalam tindak pidana pencucian uang (TPPU) penipuan investasi opsi biner (binary option) aplikasi Binomo.

Ketiga tersangka, yakni Vanessa Khong (pacar Indra Kenz), Nathania Kesuma (adik Indra Kenz), dan Rudiyanto Pei (ayah Vanessa Khong).

"Ketiga tersangka diajukan pencegahan ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/4).

Vanessa Khong dan ayahnya, serta adik Indra Kesuma alias Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka pekan lalu. Ketiganya disangkakan dengan Pasal 5 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan pasal 55 ayat 1e KUHP.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, penyidik belum melakukan penahanan terhadap ketiganya. Penyidik menjadwalkan pemeriksaan ketiga tersangka pada Kamis (14/4).

photo
Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti saat gelar barang bukti kasus afiliator Binomo dengan tersangka Indra Kesuma atau Indra Kenz di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/3/2022). - (ANTARA FOTO/Adam Barik/Adm/rwa.)

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Polisi Gatot Repli Handoko menyebutkan, penyidik memiliki pertimbangan sendiri dengan tidak langsung melakukan penahanan. Ketiganya dipastikan masih berada di Indonesia. Nantinya mereka diperiksa sebagai tersangka pada Kamis (14/4) mendatang.

"Belum (ditahan), dicegah artinya sudah dalam pengawasan penyidik," kata Gatot.

Dengan ditetapkannya tiga orang tersebut, hingga kini penyidik telah menetapkan tujuh tersangka dalam perkara Binomo. Empat tersangka lainnya sudah dilakukan penangkapan dan penahanan, yakni Indra Kesuma selaku afiliator, Brian Edgar Nababan selaku Manajer Binomo Indonesia, Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich selaku guru trading Indra Kenz, serta Wiky Mandara Nurhalim selaku admin Telegram grup milik Indra Kenz.

Diminta serius

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi meminta maraknya kasus robot trading ilegal menjadi perhatian serius pemerintah khususnya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sehingga, ekosistem sistem keuangan digital Indonesia dapat berjalan dengan baik dan masyarakat tidak dirugikan.

photo
Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti berupa mobil Tesla Model 3 saat gelar barang bukti kasus afiliator Binomo dengan tersangka Indra Kesuma atau Indra Kenz di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/3/2022). - (ANTARA FOTO/Adam Barik/Adm/rwa.)

"Perkembangan dunia digital sangat cepat sehingga perlu mengejar infrastruktur dan menyiapkan regulasi yang jelas untuk robot trading agar yang legal tidak terbentur aturan," kata Intan, Senin.

Intan mengatakan, maraknya perdagangan, investasi, dan pinjaman yang bersifat daring perlu diantisipasi Bappebti agar tidak merugikan masyarakat. Menurut dia, masyarakat harus teredukasi dengan baik sehingga tahu perusahaan robot trading yang legal dan ilegal.

Hal ini agar ekosistem keuangan digital Indonesia berjalan dengan baik, Intan mengingatkan, Indonesia tidak boleh ketinggalan dengan ekosistem trading yang berkembang, seperti kripto, Non-Fungible Token (NFT), dan metaverse. Sehingga, tidak tertinggal yang menyebabkan pihak asing hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar saja. "Pemerintah perlu tanggap dan responsif," kata Intan.

photo
Petugas kepolisian Subdit II Perbankan Direktorat tindak pidana ekonomi khusus Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri bersiap melakukan penyegelan sebuah aset property milik Indra Kenz di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (18/3/2022). - (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Intan mengatakan, peran Bappebti diperlukan dalam mencegah, mengawasi, dan menutup yang ilegal. Pengawasan dan evaluasi secara reguler robot trading, kata dia, bukan hanya meminimalisasi risiko kerugian masyaraka, tapi agar ekosistem trading di Indonesia sehat.

Anggota Komisi VI DPR RI lainnya, Herman Khaeron, menyampaikan, Bappebti seharusnya memiliki instrumen pengawasan yang memadai. Herman juga meminta Bappebti lebih gencar memberikan edukasi agar masyarakat tahu ada perusahaan yang legal dan yang ilegal.

Bappebti, menurut dia, seharusnya proaktif mengumumkan kepada publik, perusahaan robot trading mana saja yang ilegal sehingga masyarakat tidak terjebak dan dirugikan. 

“Kemampuan dan profesionalitas Bappebti harus ditingkatkan sejalan dengan terus berkembangnya jenis investasi yang ditawarkan secara digital,” kata Herman.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Komnas HAM: Penembakan Dokter Sunardi tak Langgar HAM

Upaya penangkapan dokter Sunardi disebut sudah memenuhi unsur legalitas.

SELENGKAPNYA

Pertanyaan di Balik Karantina Shanghai

Semua warga yang positif Covid-19 baik memiliki gejala maupun tidak, harus dikarantina di lokasi isolasi khusus.

SELENGKAPNYA

BPOM Setop Sementara Peredaran Kinder Joy

Di beberapa negara, produk cokelat Kinder Surprise diduga tercemar salmonella.

SELENGKAPNYA