Pemain Cile Alexis Sanchez terjatuh saat bertanding melawan Brasil dalam kualifikasi piala dunia 2022. | AP Photo/Silvia Izquierdo

Olahraga

Pertanda Akhir Generasi Emas Cile

Gol Luis Suarez pada menit ke-79 dan Federico Valverde pada menit ke-90 membuat publik Cile senyap.

SANTIAGO -- Cile harus menerima kenyataan pahit dengan hanya menjadi penonton Piala Dunia 2022 Qatar. La Roja gagal berpartisipasi setelah menelan kekalahan 0-2 dari tim tamu Uruguay pada pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol di Stadion San Carlos de Apoquindo, Santiago, Rabu (30/3) pagi WIB.

Gol Luis Suarez pada menit ke-79 dan Federico Valverde pada menit ke-90 membuat publik Cile senyap. Sebelum pertandingan, Cile sejatinya masih memiliki peluang untuk mendapatkan tiket Piala Dunia melalui babak play-off. Pasalnya, Alexis Sanchez dkk menempati posisi ketujuh klasemen. La Roja hanya selisih dua poin dari tim peringkat kelima, Peru.

Cile habis-habisan di laga tersebut dengan menurunkan komposisi pemain terbaiknya. Beberapa di antaranya menjadi andalan klubnya masing-masing. Arturo Vidal dipasang oleh pelatih Martin Lasarte di lini tengah. Di depan, Cile menggunakan penyerang Inter Milan Alexis Sanchez.

Namun, keberadaan para bintang itu tak mampu membawa Cile membuka peluang lolos ke Piala Dunia. Satu tiket babak play-off dimiliki oleh Peru yang menang 2-0 atas Paraguay di laga terakhir. Dengan demikian, pesta sepak bola terbesar sejagat tahun ini akan tanpa dua bintang Cile, yakni Arturo Vidal dan Alexis Sanchez, sekaligus melengkapi absennya bintang-bintang dari Italia.

Hasil tersebut merupakan ketidakikutsertaan Cile pada Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut dan kemungkinan menandai akhir jalan bagi generasi emas timnas Cile. Pemain elite seperti Sanchez, Vidal, dan Claudio Bravo membantu Cile menjuarai Copa Amerika 2015 dan 2016.

Di klasemen akhir, Cile menempati posisi ketujuh dari 10 tim di grup kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol. La Roja hanya mencatatkan lima kemenangan dari 18 pertandingan di antaranya kalah pertama kalinya dari Venezuela dan ditahan imbang di kandang oleh Bolivia yang terakhir kali tampil di Piala Dunia pada 1994.

Kegagalan Cile tampil di Piala Dunia 2022 Qatar dinilai sebagai kegagalan besar oleh kapten Gary Medel. Medel menyatakan tak akan pensiun. Ia mengeklaim, pemain yang lebih banyak berpengalaman di tim tersebut layak disalahkan. Bisa jadi tak lama lagi generasi emas Cile akan berakhir karena usia yang sudah menua.

Sanchez berusia 33 tahun, bek Charles Aranguiz berusia 32 tahun, sedangkan Vidal dan Medel berusia 34 tahun. Adapun Claudio Bravo kini sudah berusia 38 tahun.

"Tidak dapat dihindari untuk menganggap ini sebagai tarian terakhir dari generasi emas, akhir dari sebuah siklus," tulis surat kabar Cile, La Tercera, dilansir Reuters, Rabu.

Di laga tersebut, Cile memainkan beberapa pemain muda, seperti striker Blackburn Rovers Ben Brereton yang mencetak empat gol dalam 11 laga internasional pertamanya. Namun, masih ada keraguan tentang kualitas pemain muda yang menggantikan para veteran.

Sementara itu, gol striker Uruguay Luis Suarez ke gawang Cile sangat spesial karena mengungguli catatan Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan. Suarez kini mencetak 29 gol. Gol terakhirnya ia cetak dengan indah lewat tendangan salto. Sementara itu, Messi gagal mencetak gol ketika Argentina bermain imbang 1-1 melawan Ekuador.

"Malam spesial, pertandingan spesial, jersei spesial, dan sebuah gol. Apalagi yang bisa saya minta dalam momen unik dan tak terlupakan untuk negara saya?” tulis Suarez di media sosial pribadinya, dilansir dari Independent, Rabu.

Uruguay berada di urutan ketiga klasemen akhir di belakang Brasil dan Argentina. Posisi keempat ditempati Ekuador.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Robert Lewandowski yang tak Mau Berhenti

Robert Lewandowski memiliki tanggung jawab yang lebih besar di depan mata.

SELENGKAPNYA

Skenario Persipura untuk Hindari Jerat Degradasi

Selain Persipura, ada dua tim lain yang masih dalam bayang-bayang degradasi untuk mengisi satu slot yang tersisa.

SELENGKAPNYA

Sumayyah binti Khabath, Syahidah Pertama Islam

Hingga di tengah berbagai siksaan, Sumayyah menantang Abu Jahal yang mulai putus asa menyiksa mereka.

SELENGKAPNYA