Sumayyah bint Khabath | istimewa

Sirah

Sumayyah binti Khabath, Syahidah Pertama Islam

Hingga di tengah berbagai siksaan, Sumayyah menantang Abu Jahal yang mulai putus asa menyiksa mereka.

Saat memeluk Islam, tiada yang lebih tinggi cita-citanya selain diwafatkan di jalan Allah SWT. Balasan orang yang syahid saat membela agama Allah begitu tinggi. Salah satunya masuk surga tanpa hisab. Begitu luar biasanya pahala syahid, tentu lebih utama bagi syahidah pertama yang membela agama Islam.

Gelar itu disematkan kepada sosok nan teguh, Sumayyah Binti Khabath. Ia termasuk salah seorang dari tujuh wanita pertama yang memeluk Islam. Namun sebagaimana pemeluk-pemeluk awal Islam, keislaman Sumayyah tidak pernah mudah. Ia menjadi langganan siksaan kaum kafir Quraisy hingga menjemput cita-citanya untuk bertemu Rabb-nya.

Sumayyah bukanlah lahir dari kalangan bangsawan. Ia adalah sahaya dari Abu Hudzaifah bin al-Mughirah. Suaminya bernama Yasir bin Amir. Yasir dan Sumayyah merupakan dua sejoli yang menjemput takdir syahid di bawah siksaan Abu Jahal.

Yasir bukanlah penduduk asli Makkah. Yasir dan saudaranya merupakan pedagang dari Yaman. Ia datang ke Makkah untuk mencari saudaranya yang lain. Setelah urusan selesai, saudaranya kembali pulang namun tidak dengan Yasir. Ia merasa menemukan kenyamanan di Makkah. Ia memilih menetap di sana.

 
Sumayyah bukanlah lahir dari kalangan bangsawan. Ia adalah sahaya dari Abu Hudzaifah bin al-Mughirah. 
 
 

Sebagai pendatang, ia tak memiliki sekutu dan perlindungan. Kedudukannya sangat lemah dalam sistem masyarakat jahiliyah. Ia pun menjalin persaudaraan dengan Abu Hudzaifah. Abu Hudzaifah juga akhirnya menikahkan Sumayyah dengan Yasir.

Pernikahan keduanya melahirkan Ammar dan Abdullah. Setelah melahirkan Ammar, Hudzaifah memerdekaan Sumayyah. Tak lama kemudian, Hudzaifah meninggal. Akibatnya, keluarga Yasir termasuk keluarga yang tak memiliki perlindungan. Kemudian, Bani Makhzum mengambil alih perlindungan keluarga Yasir dan Sumayyah.

Saat Islam datang menerangi dunia lewat diri Nabi Muhammad SAW, Ammar yang beranjak dewasa tak kuasa untuk menolak Islam. Ia begitu tenteram dengan ajaran baru ini. Ia pun mengajak kedua orang tuanya untuk memeluk Islam. Tanpa berpikir panjang, Yasir dan Sumayyah langsung berikrar tiada sesembahan selain Allah dan Muhammad SAW adalah utusan Allah.

Keislaman keluarga Yasir ini diketahui pembesar kafir Quraisy, termasuk Bani Makhzum yang melindungi mereka. Karena kedudukan keluarga Yasir yang lemah dalam struktur masyarakat di Makkah, mereka pun menjadi sasaran berbagai jenis siksaan yang mengerikan.

 
Saat itu, Islam belum kuat. Sehingga banyak sahabat atau sahaya yang disiksa majikannya karena memeluk Islam. 
 
 

Saat itu, Islam belum kuat. Sehingga banyak sahabat atau sahaya yang disiksa majikannya karena memeluk Islam. Rasulullah SAW pun tak dapat berbuat banyak. Yasir, Sumayyah, dan Ammar diseret dari jalanan dan dipanggang di bawah terik mentari di padang pasir.

Mereka dipaksa untuk meninggalkan keyakinan tauhid dan kembali ke ajaran nenek moyang. Namun, keluarga Yasir tetap teguh dalam pendirian mereka. Baju besi pun dipakaikan ke keluarga yang teguh hati ini. Panas matahari yang menyengat semakin membara dengan baju besi.

Tak berhenti di situ, cambuk dan kerikil panas terus mendera mereka. Namun, hanya teriakan tauhid yang meluncur dari bibir Sumayyah yang lemah.

Mendengar berbagai siksaan yang mendera keluarga Sumayyah, Rasulullah SAW hanya sanggup berdoa, “Bersabarlah keluarga Yasir. Sesungguhnya balasan kalian adalah surga.” Janji Rasulullah SAW inilah yang semakin meneguhkan keimanan keluarga Yasir.

Hingga di tengah berbagai siksaan, Sumayyah menantang Abu Jahal yang mulai putus asa menyiksa mereka. Mendapat tantangan dari seorang wanita maka jatuhlah wibawa seorang Abu Jahal. Tanpa ampun ia mengambil tombak dan menyasar tubuh mulia Sumayyah.

 
Hingga di tengah berbagai siksaan, Sumayyah menantang Abu Jahal yang mulai putus asa menyiksa mereka.
 
 

Hingga jasad dan ruh Sumayyah berpisah, namun untuk hidup abadi menjemput janji Rasulullah di surga. Sumayyah menjadi wanita pertama yang syahid di jalan Allah. Tak lama kemudian suaminya, Yasir, menyusul menghadap Rabb semesta alam. Mereka berdua syahid pada tahun ketujuh sebelum hijrah.

Yasir dan Sumayyah digambarkan sebagai orang-orang yang dijanjikan Allah kehidupan yang lebih baik. Sesuai dengan surah an-Nahl ayat 41, “Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan pahala di akhirat pasti lebih besar, sekiranya mereka mengetahui.”

Karena peristiwa ini juga, kedudukan Ammar di kalangan sahabat menjadi mulia. Ammar pun selalu mengikuti perjuangan Rasulullah dalam setiap perang melawan kaum kafir.

Ia digambarkan Rasulullah SAW dengan ungkapan, “Putra Sumayyah itu tidak pernah dihadapkan pada dua perkara, kecuali ia memilih yang paling baik di antara keduanya.”

Dan, sewaktu terjadi selisih paham antara Khalid bin Walid dan Ammar, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memusuhi Ammar maka ia akan dimusuhi Allah. Dan siapa yang membenci Ammar maka ia akan dibenci Allah!”

Maka tak ada pilihan bagi Khalid bin Walid, yang digelari pedang Allah yang terhunus itu, selain segera mendatangi Ammar untuk mengakui kekhilafannya dan meminta maaf. Ammar wafat pada usia 93 tahun saat Perang Shiffin.

Disadur dari artikel di Harian Republika Edisi 13 Juni 2014

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.