Pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Pahabol (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Elisa Basna (dua kiri) usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (22/11/2021). Dal | ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Olahraga

31 Mar 2022, 11:46 WIB

Skenario Persipura untuk Hindari Jerat Degradasi

Selain Persipura, ada dua tim lain yang masih dalam bayang-bayang degradasi untuk mengisi satu slot yang tersisa.

JAKARTA -- Persipura Jayapura harus meraih hasil maksimal pada laga pamungkas Liga 1 2021/2022 melawan Persita Tangerang, Kamis (30/3) sore WIB, demi menjaga asa selamat dari degradasi. Namun, kemenangan saja tidak cukup bagi Persipura yang akan bergantung pada hasil dari laga lainnya.

Selain Persipura, ada dua tim lain yang masih dalam bayang-bayang degradasi untuk mengisi satu slot yang tersisa, yakni Barito Putera dan PSS Sleman. Adapun dua slot degradasi lainnya sudah diisi oleh Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan karena dipastikan tak punya peluang menyusul ketertinggalan poin.

Sementara itu, ketiga tim yang masih punya peluang untuk selamat dari degradasi tidak akan berhadapan satu sama lain secara langsung. Ketiganya hanya bisa berjuang untuk pertandingan sendiri sambil berharap hasil buruk dari pesaingnya di partai berbeda.

Persipura tentu akan berjuang untuk meraih kemenangan dari Persita. Pelatih Persipura Alfredo Vera menyatakan, pemainnya siap untuk laga hidup mati tersebut.

"Ini pertandingan yang sangat penting bagi kami. Tim sudah siap dan semoga bisa dapat tiga poin dan aman di Liga 1," kata Alfredo dalam konferensi pers virtual jelang pertandingan, Rabu (30/3).

Alfredo mengakui, Persipura kerap bermain di bawah tekanan dalam beberapa pekan terakhir. Partai melawan Persita adalah laga pamungkas di Liga 1 musim ini yang juga menjadi peluang terakhir bagi tim Mutiara Hitam untuk bertahan menghindari degradasi.

Alfredo memastikan anak asuhnya akan bekerja secara maksimal untuk mendapatkan tiga poin. "Suasana di dalam tim sangat bagus. Para pemain juga punya tanggung jawab untuk bekerja secara maksimal dan dapat tiga poin," ujarnya.

Selain itu, Persipura juga akan berharap Persib Bandung maupun Persija Jakarta bisa memenangkan pertandingan atas Barito Putera dan PSS Sleman. Pasalnya, kemenangan dua raksasa Liga 1 itu akan membawa berkah bagi Persipura yang punya peluang yang sangat tipis untuk lolos dari degradasi.

Di lain pihak, Persita Tangerang juga tak akan mengendurkan semangat untuk meraih poin maksimal. Pelatih Persita Widodo C Putro mengatakan, timnya membutuhkan poin untuk memperbaiki posisi di papan klasemen. Ia menyatakan, anak asuhnya sudah siap secara taktik maupun fisik dan psikis.

"Tapi ada beberapa pemain yang akan absen karena cedera, yakni Irsyad, Saiful, Agung, Andre, Taufik. Jadi ada lima pemain yang masih dalam pemulihan," kata Widodo dalam konferensi pers virtual jelang pertandingan, Rabu.

Widodo menilai laga ini tak akan berjalan mudah bagi tim asuhannya. Ia mengakui, Persipura punya performa yang cukup baik di beberapa pekan terakhir. Hal itu mampu membuat tim Mutiara Hitam mengejar ketertinggalan poin, terutama setelah sanksi pengurangan poin, dan mengancam posisi dua tim di atasnya untuk turun kasta.

"Mereka semangat sekali untuk mengejar agar selamat dari degradasi," kata Widodo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (persipurapapua1963)

';

Robert Lewandowski yang tak Mau Berhenti

Robert Lewandowski memiliki tanggung jawab yang lebih besar di depan mata.

SELENGKAPNYA

Pertanda Akhir Generasi Emas Cile

Gol Luis Suarez pada menit ke-79 dan Federico Valverde pada menit ke-90 membuat publik Cile senyap.

SELENGKAPNYA

Portugal tak Pernah Gagal

Portugal bersama Ronaldo tak pernah absen di lima edisi terakhir Piala Dunia.

SELENGKAPNYA
×