Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan kemenangan setelah mencetak gol saat bertanding melawan Tottenham Hotspur di Manchester, Inggris, 12 Maret 2022. | EPA-EFE/ANDREW YATES

Olahraga

Tampil Buruk, Ronaldo Bakal Kehilangan Rp 94 Miliar

Faktanya, MU tersingkir dari turnamen paling bergengsi di Eropa, bahkan di hadapan pendukungnya sendiri.

MANCHESTER — Terpuruknya penampilan skuad Manchester United (MU) membuat salah satu bintangnya, Cristiano Ronaldo, akan kehilangan tidak kurang dari 5 juta poundsterling atau sekitar Rp 94 miliar.

Saat kembali ke MU, Ronaldo terpaksa mengambil pemotongan gaji. Bersama Bianconeri, ia mendapatkan gaji 800 ribu poundsterling per pekan. Adapun bersama MU, ia rela mendapatkan bayaran 450 ribu poundsterling per pekan.

Sebagai kompensasinya, Ronaldo menegosiasikan sejumlah bonus jika penampilannya mampu membuat perbedaan bagi MU. Namun, sebagian besar bonus kinerjanya dilaporkan telah dihapus akibat performa MU yang terpuruk di semua kompetisi musim ini, dilansir dari Express, Ahad (27/3).

Situasi tersebut membuat Ronaldo kehilangan uang bonus setidaknya 5 juta poundsterling sebagaimana yang tertulis di dalam kontrak dua tahunnya menurut laporan Daily Star.

Laporan tersebut mengeklaim Ronaldo akan mengantongi sekitar 2,5 juta poundsterling jika MU mengalahkan Atletico Madrid dan mencapai perempat final Liga Champions. Namun, faktanya, Setan Merah tersingkir dari turnamen paling bergengsi di Eropa, bahkan di hadapan pendukungnya sendiri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (manchesterunited)

Sejumlah bonus pribadi lainnya yang terkait dengan Liga Inggris sebesar 2,5 juta poundsterling bisa hilang. Itu jika MU gagal meraih gelar hingga mengamankan empat besar. Masih perlu dinantikan apakah MU dapat lolos ke Liga Champions musim depan, mengingat Arsenal dan Tottenham Hotspur juga berupaya meraih tiket tersebut.

 

Sebenarnya, pada awal bergabung dengan MU, Ronaldo mampu tampil atraktif. Namun, pemain 37 tahun tersebut juga mendapatkan banyak kritik karena sikapnya di lapangan. Ia bahkan tak jarang duduk di bangku cadangan karena penampilannya yang kurang bagus.

Mantan bek Liverpool Jamie Carragher baru-baru ini mendesak MU agar menjual Ronaldo agar tim tersebut mendapatkan keseimbangan kembali. Menurut dia, pelatih permanen nantinya akan menghadapi masalah seperti Ralf Rangnick jika terus berusaha untuk membahagiakan Ronaldo.

photo
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo. - (EPA-EFE/ANDREW YATES )

"Kesimpulan saya Agustus lalu adalah bahwa penandatanganan kembali Ronaldo kemungkinan akan menciptakan lebih banyak masalah daripada yang dipecahkan untuk United. Jika reuni United-nya terbatas pada satu musim, membiarkannya pergi akan memecahkan lebih banyak masalah daripada yang ditimbulkannya,” kata Carragher.

Secara keseluruhan, penampilan Setan Merah saat ini sedang tidak bagus. Mereka terlempar dari posisi empat besar klasemen sementara Liga Inggris. Peluang mereka untuk masuk ke zona Champions juga cukup berat karena posisi keempat dihuni Arsenal yang sedang bermain bagus. Arsenal tidak hanya unggul satu poin, tetapi juga masih memiliki sisa satu pertandingan lebih banyak dari MU. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (cristiano)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Indonesia Kantongi Dua Gelar Juara Swiss Open 2022

Jonatan menjadi yang terbaik di sektor tunggal putra dan Fajar/Rian di ganda putra.

SELENGKAPNYA

Jalur Mudik Disediakan Posko Vaksinasi

Diprediksi kurang lebih 56 juta orang akan mudik pada Lebaran tahun ini.

SELENGKAPNYA

BPH Migas: Optimalkan Distribusi Solar

Para nelayan di Indramayu mengeluhkan kelangkaan solar sejak sebulan lalu.

SELENGKAPNYA