Warga Palestinia terlibat bentrokan dengan aparat keamanan Israel dalam aksi unjuk rasa memprotes pemukim Yahudi yang melarang anak-anak Palestina bersekolah di Desa al-Lubban al-Sharqiya, di dekat nablus, Tepi Barat, Ahad (27/2/2022). | AP/Majdi Mohammed

Internasional

Blinken akan Kunjungi Ramallah dan Tel Aviv

Mulai akhir Maret hingga Mei, terdapat hari perayaan keagamaan yang saling bersinggungan.

WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan mengunjungi Israel dan Otoritas Palestina pada pekan depan. Middle East Monitor atau MEMO, edisi rabu (23/3) melaporkan, kunjungan itu dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran terkait ketegangan antara Israel dan Palestina selama bulan Ramadhan.

MEMO mengutip Ynet News menuliskan, Blinken berkunjung di tengah kekhawatiran Israel tentang pembicaraan nuklir Iran. Termasuk penghapusan Garda Pengawal Revolusi Iran (IRGC) dari daftar organisasi teroris AS.

Blinken dan Pemerintah Israel juga akan membahas perang di Ukraina. Blinken dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid.

Mulai akhir Maret hingga Mei, terdapat hari perayaan Muslim Palestina dan Yahudi Israel yang saling bersinggungan. Dimulai dengan peringatan Land Day atau Hari Tanah yang jatuh pada 30 Maret.

photo
Warga Palestinia terlibat bentrokan dengan aparat keamanan Israel dalam aksi unjuk rasa memprotes pemukim Yahudi yang melarang anak-anak Palestina bersekolah di Desa al-Lubban al-Sharqiya, di dekat nablus, Tepi Barat, Ahad (27/2/2022). - (AP/Majdi Mohammed)

Hari Tanah merupakan peringatan tahunan warga Palestina, untuk memperingati tewasnya warga Israel keturunan Arab di tangan polisi dan pasukan militer Israel. Mereka tewas ketika demonstrasi pecah pada 1976. Demonstrasi ini menentang rencana pencaplokan tanah Palestina seluas dua ribu hektare di Galilea oleh Israel.

Umat Muslim Palestina akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan, yang dimulai pada awal April. Kemudian 15 April merupakan hari Paskah Yahudi dan menjadi hari libur utama bagi umat Yahudi. Hari raya Paskah Yahudi bersamaan dengan upacara Pemberkatan Imam Yahudi, sehingga akan banyak orang Israel yang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa.

Kemudian umat Muslim akan merayakan Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada awal Mei. Idul Fitri biasanya menjadi hari libur besar, dan dirayakan bersama keluarga. Hari raya Idul Fitri tahun ini bertepatan dengan hari peringatan Israel untuk tentara Israel.

Peristiwa keagamaan yang saling bersinggungan ini dikhawatirkan dapat menyebabkan peningkatan eskalasi kekerasan. Terutama di Yerusalem dan Al-Lid dan Akka, karena merupakan kota campuran.

Peningkatan eskalasi diprediksi dapat terjadi pada Mei. Karena Palestina akan memperingati peristiwa pembunuhan warga Arab Israel, pengeboman Israel atas Gaza dan dimulainya Operasi Penjaga Tembok pada 10 Mei. Kemudian pada 15 Mei adalah Hari Nakbah.

Permintaan anggota House

Sementara itu 50 anggota House of Representatives AS dari Partai Demokrat telah meminta Blinken untuk mencegah Israel mengusir paksa 38 keluarga Palestina dan menghancurkan desa Al-Walaja di Tepi Barat. Menurut mereka, tindakan Israel tersebut bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut AS.

“Penghancuran dan pemindahan komunitas ini akan bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut oleh AS dan Israel, sementara selanjutnya merusak keamanan jangka panjang Israel, martabat Palestina, dan prospek perdamaian,” demikian bunyi pernyataan bersama dari ke-50 anggota House of Representatives AS, dikutip laman MEMO, Rabu.

Mereka mendesak pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk bekerja dengan Israel guna memajukan rencana pembangunan yang adil dan secara resmi mengesahkan rumah yang ada. Tanah Al-Walaja mencakup hampir 18 ribu dunam atau setara 1.800 hektare sebelum Israel berdiri pada 1948.

Pada 1949, sebagai bagian dari gencatan senjata yang disepakati antara Israel dan Yordania, penduduknya meninggalkan desa tersebut.

Pada 1967, setelah Tepi Barat diduduki, Israel mencaplok sekitar sepertiga dari wilayah Al-Walaja untuk berada dalam batas kota Yerusalem. Sekitar separuh dari 6.000 dunam yang dimiliki penduduk Al-Walaja setelah 1949, dieksploitasi oleh Israel sejak tahun 1970-an.

Beberapa diambil alih untuk membangun Gilo, sebuah blok pemukiman ilegal di Yerusalem. Lainnya disita atas perintah militer untuk membangun pemukiman Har Gilo. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Dunia Semakin Terbelah Konflik Rusia-Ukraina

Indonesia mengirim undangan KTT G-20 kepada setiap pemimpin negara anggota G-20, termasuk Rusia.

SELENGKAPNYA

Indonesia Undang Seluruh Anggota G-20

Uni Eropa mengonfirmasi pembahasan tentang status Rusia di G-20.

SELENGKAPNYA