Pemain Portugal terjatuh di sekitar area kotak pinalti dalam pertandingan kualifikasi piala dunia melawan Irlandia | Youtube

Olahraga

Portugal Habis-habisan

Kondisi tim Portugal kurang ideal menjelang laga melawan Turki.

PORTO – Tim nasional Portugal menjalani partai krusial versus Turki dalam pertempuran play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa. Untuk bisa melangkah ke putaran final play-off dan memastikan tiket terbang ke Qatar akhir tahun ini, kedua tim bakal habis-habisan memburu kemenangan di Estadio do Dragao, Porto, Jumat (25/3) dini hari WIB.

Play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa dibagi ke dalam tiga jalur. Setiap jalur diisi empat tim yang akan bertanding di semifinal dan kemudian final dengan format satu leg. Portugal, Turki, Italia, dan Makedonia Utara terundi berada di Jalur C. Karena itu, duel Portugal vs Turki dianggap sebagai semifinal Jalur C selain Italia vs Makedonia Utara.

Portugal lebih diuntungkan karena tampil di kandang sendiri. Kekalahan dari Serbia Montenegro, 1-2, pada lanjutan Grup A menjadi tamparan keras untuk Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan. Sebab, hasil tersebut memaksa Portugal untuk mempertaruhkan nasib mereka di babak play-off.

Portugal finis di posisi kedua Grup A dengan nilai 17 dari delapan pertandingan, terpaut tiga poin dari Serbia sebagai pemuncak klasemen. Alhasil, kampiun Piala Eropa 2016 itu akan bersiap melewati dua pertandingan sulit. Pertama, kontra Turki, kemudian timnas Italia yang diperkirakan bisa mengatasi Makedonia Utara pada pertandingan lain.

Pelatih Portugal Fernando Santos menggambarkan dua pertandingan nanti menjadi tantangan paling penting dalam masa kepemimpinannya bersama Selecao das Quinas. "Terasa sulit karena kami harus menjalani dua pertandingan hidup-mati. Sederhananya, kami harus menang dan tak ada hal lain yang penting," kata Santos, dilansir Sky Sports, Rabu (23/3).

Dalam delapan tahun mengarsiteki Portugal, Santos memenangkan Euro 2016 dan mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski begitu, pelatih berusia 67 tahun itu yakin timnya masih memiliki kans untuk lolos ke Qatar. Syaratnya, Selecao das Quinas harus bisa menjaga ketenangan mereka.

"Ini tantangan paling penting. Bukan yang paling sulit, tapi paling penting. Kami harus berada di Piala Dunia untuk rakyat kami," kata Santos.

Masalahnya, kondisi tim Portugal kurang ideal menjelang laga melawan Turki. Bek tengah FC Porto Pepe dikabarkan absen memperkuat Portugal karena positif terinfeksi Covid-19. Bek tengah lainnya, Ruben Dias, juga tidak bisa memperkuat panji Portugal saat bentrok melawan Turki. Demi mencari solusi untuk kebutuhan sektor pertahanan, Santos telah memanggil bek tengah LOSC Lille, Tiago Djalo, sebagai pengganti Pepe.

Meski kehilangan dua pilar utama di jantung pertahanan, Portugal masih menjadi favorit untuk memenangkan laga. Sebab, dalam delapan pertemuan terakhir, Portugal sukses mengamankan enam kemenangan dan hanya menelan dua kekalahan.

Tak ingin gagal tampil pada gelaran bergengsi sepak bola dunia, dua penggawa Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes, menyatakan siap untuk memberikan yang terbaik. Ronaldo menegaskan, dirinya siap berjuang sampai keringat penghabisan demi bisa membawa negaranya tampil di Qatar. Apalagi, ini mungkin menjadi kesempatan terakhir CR7 tampil di Piala Dunia.

"Fokus sepenuhnya pada Piala Dunia 2022. Bangga, seperti biasanya mewakili timnas Portugal," tulis Ronaldo dalam akun Instagram pribadinya.

Di sisi lain, juru taktik Turki Stefan Kuntz optimistis timnya bisa memberikan kejutan kepada Portugal meskipun turun tanpa winger Cengiz Under. Kuntz yakin timnya bisa mengubur Selecao das Quinas lolos ke Piala Dunia 2022. Babak play-off yang menggunakan satu laga membuat peluang kejutan itu makin besar.

"Kami akan menampilkan permainan yang akan dibanggakan oleh rakyat Turki. Lihatlah tekad kami untuk menang dan mohon dukungannya dengan antusias," kata Kuntz.

Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Jumat (25/3) dini hari WIB

Jalur A

Skotlandia vs Ukraina (ditunda)

Wales vs Austria

Jalur B

Rusia vs Polandia (dibatalkan)

Swedia vs Cheska

Jalur C

Italia vs Makedonia Utara

Portugal vs Turki

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (cristiano)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Berebut Poin demi Bertahan di Liga 1

Tim Super Elang Jawa berusaha memetik kemenangan di dua laga sisa agar bertahan di Liga 1.

SELENGKAPNYA

Polri Belum Temukan Mafia Minyak Goreng

Polri menyebut, kelangkaan minyak goreng akibat aksi panik konsumen dan penjual yang memborong.

SELENGKAPNYA