Siswa mengerjakan soal ujian sekolah di SMPN 1 Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Senin (7/3/2022). | ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.

Nasional

Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Bandar Lampung PTM 100 Persen

Banyak orang tua dan siswa yang ingin kembali menjalani PTM secara langsung di sekolah.

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) penuh atau 100 persen pada tahun ajaran baru 2022/2023. Sampai saat ini, siswa PAUD, TK, SD, dan SMP masih menjalani PTM terbatas atau 50 persen.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, saat ini, semua sekolah dalam wewenang Pemkot Bandar Lampung, yakni PAUD, TK, SD, dan SMP masih menggelar PTM terbatas dengan mensyaratkan kuota 50 siswa kecuali kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. “Kita berharap, tahun ajaran baru PTM 100 persen,” kata Eva Dwiana, Rabu (23/3).

Menurut dia, PTM terbatas yang telah digelar beberapa pekan lalu terus dilakukan evaluasi untuk merencanakan program PTM penuh pada tahun ajaran baru yang akan dimulai pada Juli 2022. Sebelumnya, PTM terbatas pernah digelar pada awal tahun ini dan berhenti setelah kasus Covid-19 meningkat pada 4 Februari 2022.

Di Yogyakarta, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta masih menjalankan PTM secara terbatas dengan kapasitas 50 persen. Meskipun, PPKM di DIY sudah diturunkan ke level 3.

photo
Siswa penyandang disabilitas netra tingkat SMALB mengerjakan soal ujian dengan naskah braille saat Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di SLB Negeri A Kota Bandung, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (21/3/2022). SLB Negeri A Kota Bandung menggelar Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) secara luring dan daring yang diikuti oleh 10 siswa dan berlangsung hingga 25 Maret 2022. - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

"Kami akan evaluasi kembali kondisi kasus dalam satu pekan ini. Bagaimana perkembangannya dan apakah memungkinkan menjalankan PTM dengan kapasitas lebih banyak pada pekan berikutnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori.

Menurut dia, banyak orang tua dan siswa yang berkeinginan untuk kembali menjalani PTM secara langsung di sekolah sehingga materi pembelajaran dapat dimengerti lebih baik.

Selain kondisi kasus, pertimbangan untuk membuka PTM dengan kapasitas lebih besar, yakni pada capaian vaksinasi bagi siswa dan guru yang sudah cukup tinggi di Kota Yogyakarta. Cakupan vaksinasi dosis lengkap untuk siswa mencapai 98 persen dan untuk guru mencapai 97 persen.

Dikebut

Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, juga segera menyelesaikan kekurangan vaksinasi guru dan siswa agar pelaksanaan PTM 100 persen segera dimulai. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengakui, hingga saat ini, belum seluruh guru dan siswa menerima vaksin lengkap.

"Ada yang tercecer, saya lihat ada sekitar 3.600 sasaran (yang tercecer)," kata Gibran.

Ia mengatakan, ada kemungkinan guru dan siswa yang belum menerima vaksin lengkap tersebut sempat terpapar Covid-19 saat terjadi kenaikan angka kasus aktif di Solo beberapa waktu lalu. 

Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, juga mengkaji dan mengevaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka berkapasitas 100 persen bagi siswa dan siswi tingkat satuan jenjang pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Zainul Hakim di Pekalongan, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan satuan tugas Covid-19 untuk masalah rencana dibuka kegiatan PTM 100 persen tersebut.

"Sekarang ini, kegiatan pembelajaran tatap muka masih 50 persen sehingga kami akan mengkaji PTM 100 persen karena perkembangan kasus Covid-19 sudah semakin melandai," katanya.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya saat ini proses pembelajaran di sekolah sudah cenderung normal karena kondisi perkembangan kasus Covid-19 sudah melandai. Kendati demikian, kata dia, penularan Covid-19 tetap perlu diwaspadai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat maupun mengikuti program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) yang baik.

Menurut dia, cakupan vaksinasi anak di tingkat satuan pendidikan Dinas Pendidikan maupun Kantor Kementerian Agama setempat sudah mencapai lebih dari 80 persen. "Cakupan vaksinasi anak sudah di atas rata-rata capaian standar nasional maupun Provinsi Jawa Tengah sehingga kami akan mengkaji pelaksanaan PTM 100 persen dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan tim satgas COVID-19," katanya.

Ia menegaskan selama dalam suatu sekolah tidak terjadi klaster penularan Covid-19 maka lembaga pendidikan dapat melakukan proses pembelajaran seperti biasa atau secara normal.

"Hanya saja, kepada murid, tenaga kependidikan, guru, maupun di lingkungan sekitar sekolah harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Kami juga mengimbau warga sekolah terutama anak-anak peserta didik yang belum melaksanakan vaksinasi, terutama untuk dosis dua maupun tiga bisa segera melengkapi vaksinasi agar kegiatan belajar mengajar berlangsung lancar dan aman," ujar Zainul Hakim.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Wapres: Kami Hanya Berpikir Sampai 2024

KPU merencanakan tahapan Pemilu 2024 dimulai pada Juni 2022.

SELENGKAPNYA

Menkes Sebutkan Indikasi Pandemi Menjadi Endemi

Pemerintah dinilai tetap berhati-hati ketika mengubah status pandemi menjadi endemi.

SELENGKAPNYA

Epidemiolog: Hindari Kerumunan Jelang Ramadhan

Mitigasi saat mudik Lebaran nanti kesiagaan agar kerumunan tidak dalam waktu sangat lama.

SELENGKAPNYA